Tanda-tanda Anda Berpotensi Menjadi Pengusaha Sukses

Tanda-tanda Potensi Jadi Pengusaha


Tanda-tanda Anda Berpotensi Menjadi Pengusaha Sukses - Segala sesuatu ada tandanya, termasuk tanda Apakah Ada Tanda Dalam diri Anda, Bahwa Anda Berpotensi Menjadi Pengusaha Sukses?

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya Dalam hatinya, Apakah saya bisa jadi seorang pengusaha?
Apakah Usaha yang saya jalani bisa menuai sukses?
Apakah saya bisa jadi pengusaha sukses? Dan lain-lain sebagainya mengenai seputar pertanyaan yang masih terkait dengan kesuksesan.



Mempertanyakan hal semacam itu adalah hak bagi setiap orang. Karena kesuksesan adalah hak setiap orang.

Semua berhak sukses, semua berhak menang, semua berhak kaya, semua berhak menjadi terdepan dan pemenang.

Lalu...

Apakah anda seorang pengusaha sukses?

Apakah Anda seorang pemenang?

Untuk menjawab itu, saya tidak tahu, pun tidak bisa memastikan. Akan tetapi di dunia ini segala sesuatu itu memiliki tanda, begitu juga dengan potensi kesuksesan anda, ada tanda-tandanya juga.

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai Tanda Bahwa Anda Punya Bakat Buat Jadi Seorang Pengusaha Sukses

Apapun latar belakang anda, dari golongan manapun anda, anak siapa pun anda, lulusan apapun anda, anda berhak untuk menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha, tanpa melihat latar belakang.

Anda tidak usah menoleh ke belakang untuk memastikan bahwa anda adalah anak seorang bisnisman terkemuka, lulusan kuliah ekonomi di sebuah kampus bonafit, anak tuan takur dan sebagainya, kalau hanya untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Anda hanya memastikan diri anda sendiri dan tanyakan pada diri sendiri, adakah 15 karakter di bawah ini pada diri anda?

Kalau dari 15 karakter di bawah ini mendominasi anda, mungkin saja anda memang berpotensi untuk menjadi seorang pengusaha sukses:


1. Bagi Anda Risiko Itu Harus Dihadapi, Bukan Untuk Dihindari


Ketika anda memulai membuka usaha baru, sudah pasti membutuhkan modal yang jumlahnya tidak sedikit. Disamping itu waktu dan tenaga juga perlu dicurahkan. Dalam hal ini, orang yang tidak bermental pengusaha sudah ciut nyalinya.

Tapi bagi anda, resiko tersebut adalah hal yang wajar, dan anda tidak keberatan sama sekali untuk mengambil resiko tersebut. Karena anda sadar bahwa tidak akan ada hasil yang besar tanpa sebuah keberanian. Bisa dipastikan bahwa seorang pengusaha sukses yang tangguh dan handal berani mengambil resiko.


2. Ada Keuletan yang Besar Pada Diri Anda, Meski Gagal Berkali-Kali, Anda Tetap Bangkit


Masalah terbesar yang sering dihadapi oleh para pebisnis pemula ketika dia memulai bisnis adalah tidak bisa move on ketika terjadi kegagalan. Yang ada adalah begitu sudah hancur ya sudah hancur semua harapannya.

Sesungguhnya hancur atau tidaknya sebuah perusahaan yang anda Gagas bukan terletak pada respon pasar atau reaksi keadaan dan waktu, bukan itu. Tapi titik tekan yang utama adalah terletak pada keuletan sang pengusaha.

Disinilah letak dimana banyak para pengusaha pemula yang gagal membaca dimana pokok permasalahannya.

Ingat, intinya ada pada "keuletan", karena dengan keuletan akan mendorong hasrat sang pengusaha untuk tetap maju dan maju. Apapun yang terjadi.

Dalam dunia bisnis, bisnis tidak selamanya mendatangkan keuntungan, semua sudah sepakat akan hal itu. Akan tetapi hanya pengusaha yang ulet yang akan terus berdiri dan selalu move on setelah berkali-kali jatuh bangun Jatuh Bangun dan jatuh bangun lagi.


3. Tetap Percaya Diri Walaupun Orang disekitarmu Meragukanmu


Dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi demi tercapainya kebebasan finansial. Rasa percaya diri harus selalu dipupuk agar selalu tumbuh dan berkembang. Karena rasa percaya diri kadang naik kadang turun. Dengan begitu, apapun kondisi yang sedang terjadi anda akan terus gigih menjalankan usaha yang anda geluti.

Ingat, seorang pengusaha harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Karena mereka memiliki visi, dan mereka percaya bahwa visi tersebut akan tercapai pada suatu saat nanti.


4. Mampu Beradaptasi dengan Segala kondisi


Trending pasar memang bisa ditebak, bahkan bisa diciptakan, akan tetapi tidak semua pengusaha bisa mengendalikan situasi ekonomi di zona bisnisnya. Faktor utamanya adalah karena siklus ekonomi terus bergerak yang terkadang tidak bisa diprediksi. Oleh karenanya, maka dibutuhkan kemampuan untuk bisa beradaptasi ketika perekonomian terjadi inflasi atau deflasi.

Masalah perekonomian negara, semua hanyalah prediksi, bisa benar, bisa tidak.
Siapa yang tahu pasti apa yang akan terjadi dengan perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun ke depan? Tidak ada.
Namun, bagi seorang pengusaha handal, apapun yang terjadi kedepannya, ia selalu siap beradaptasi dan siap menyambutnya.


5. Rasa Ke-Ingin-Tahuanmu Menggunung


Kepo kah? Bukan itu.
Beda rasa penasaran (karena Ingin Tahu yang besar) dengan kepo. Apalagi bagi seorang pengusaha.
Seorang pengusaha membangun usahanya dari berbagai pertanyaan-pertanyaan yang membludak di kepalanya. Pertanyaan yang selalu menghantui adalah bagaimana cara bermanfaat bagi orang lain, bagaimana cara meringankan beban orang lain, bagaimana cara mengangkat harkat dan martabat orang lain dan segudang pertanyaan lainnya.

Rasa Ke-ingin-tahuan yang besar inilah yang mendorong seorang pengusaha penasaran, sehingga berbagai solusi selalu ia tawarkan. Dari rasa penasaran inilah yang memicu seorang pengusaha untuk selalu berinovasi, mencari cara baru, dan menyambut kesuksesan dengan cara yang beda dengan yang lainnya (unik).


6. Selalu Ingin Membenahi Sistem yang Tidak Berjalan Baik


Karakter seorang pengusaha akan selalu gelisah (dalam artian yang positif). Dia gelisah ketika melihat masyarakat gak bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Dia juga gelisah ketika melihat sistem monopoli yang dikuasai oleh segelintir orang, sehingga dia akan berdiri mengibarkan bendera bisnisnya dan menyatakan diri sebagai pesaing terhadap sistem.

Ketika melihat kinerja perusahaannya sedang tersendat, Seorang pengusaha tidak segan-segan untuk turun tangan langsung untuk membetulkan yang salah.


7. Suka Tantangan Baru Saat Sudah Terlalu Nyaman


Keluar dari zona nyaman, adalah style seorang pengusaha. Dia merasa tidak nyaman ketika dia harus diatur agar terlihat rapi, profesional, baju dimasukkan, pakai kaos kaki dan lain sebagainya. Itu kayak semacam ini ini adalah sangat membosankan Walaupun dia menerima gaji yang sangat besar dengan gaya seperti ini. Yang ada adalah hati kecilnya memberontak.

Memang membutuhkan nyali yang besar untuk keluar dari zona nyaman, Tidak semua orang bisa hanya mental berusahalah yang mungkin bisa, karena tantangan bagi seorang pengusaha adalah seni kehidupan.


8. Kamu Betul-betul Menikmati Proses Bisnismu dari Nol


Ada rasa bangga, bahagia ketika kamu benar-benar menikmati proses yang berjalan dalam bisnis yang kamu bangun dari nol. Bisnis yang kamu kembangkan kamu tata dengan senimu sendiri dengan sebuah plaining, pengorganisasian, hingga eksekusi sebuah proyek.

Semua kamu nikmati momen-momen indahnya bangkrut dan berdiri lagi. Semua itu kamu lakukan dengan cerdik, unik, gesit, dan telaten.

Layaknya sebuah karya seni, ada kombinasi unsur kreatif, inovatif, optimisme dalam dirimu. Tantangan adalah hal yang kamu sukai demi menciptakan sebuah cara atau penemuan baru.


9. Persaingan Adalah Peluang.


Bagi kamu yang menganggap bahwa kompetitor adalah partner dalam meningkatkan bisnismu, berarti kamu bermental Pengusaha.

Seorang pengusaha handal akan memberikan batasan definisi kesuksesan untuk dirinya. Pesaing adalah amunisi semangat baru baginya.

Layaknya seorang olahragawan atau seniman, seorang pengusaha selalu bergairah dan sangat berhasrat menjadi yang terbaik dari yang paling baik. Selalu mencari cara untuk memenangkan setiap event untuk mengalahkan saingannya. Jika tidak didapat atau mungkin tidak bisa, maka ia akan berusaha menjadikan kompetitor sebagai partner bisnisnya.

Bagi seorang pengusaha sejati adanya kompetitor adalah ajang Berjuang dan pembuktian Kemampuan. Bukan justru menganggap sebagai benalu bisnis.


10. Ide-Idemu Aneh dan Unik


Strategi bisnis yang sulit diprediksi oleh kompetitor menunjukkan kualitas diri pengusaha. Di kala hampir semua orang mencari tahu apa kisi-kisi plaining untuk masa depannya, seorang pengusaha malah dengan santainya merubah strategi bisnisnya, jika memang itu diperlukan.

Terobosan baru yang diambil tidak lain demi menjadi selangkah lebih maju dari para pesaingnya.


11. Selalu Menemukan Motivasi Untuk Bangkit Ketika Terpuruk


Yang namanya bisnis, persaingan, sudah pasti ada pasang surut. Kadang jaya, kadang hancur lebur tak menyisakan apa-apa. Namun, seorang pengusaha hebat akan selalu bangkit move on dalam sekejap. Dia tidak akan larut dalam kebangkrutannya.

Berlarut-larut dalam kesedihan pahitnya kebangkrutan bagi seorang pengusaha adalah perbuatan sia-sia, lebih baik energi sedihnya di alihkan pada pencarian puang untuk segera bangkit dan move on


12. Rasionalisasi dalam Setiap Keputusan


Kalimat yang tidak disukai oleh seorang pengusaha adalah kalimat tidak jelas, ngambang, penuh keraguan. Ketika ada sebuah  jawaban menunjukkan keraguan seperti "barang kali" atau "tidak bisa". Dia akan bertanya, "Kenapa?" "Apa yang bisa saya lakukan untuk mengubahnya?"

Pernyataan yang mengesankan bahwa hal tersebut mengandung ketidakpastian adalah hal yang mengusyik ketenangan seorang pengusaha.


13. Berfikir Diluar Kebiasaan


Kata bijak dari pepatah lama "Berpikirlah di luar kebiasaan jika mau sukses". Memang, berfikir diluar kebiasaan akan mendatangkan cibiran, hinaan, cacian dari orang lain, bahkan bisa jadi dari teman dan keluarganya sendiri.

Mereka melakukan hal semacam itu karena mereka belum faham. Karena Orang yang berfikir diluar kebiasaan, ide-idenya tidak bisa dipahami kebanyakan orang.


14. Setiap Peluang Yang Ada Adalah Anugrah


Bagi seorang yang bertipikal pengusaha, ketika dia melihat peluang, dia akan langsung kebut diri tancap gas merebut dan memenangkan peluang itu. Ketika ada masalah, dia langsung turun tangan membenahi masalah, tanpa harus minta persetujuan dan izin dari orang lain.

Jika posisimu pekerja di kantor dan kamu punya banyak ide, namun ide-ide yang kamu lontarkan membuatmu dianggap sok kritis oleh atasan atau bahkan teman sekantor, mungkin sudah saatnya kamu tinggalkan pekerjaanmu dan mulai tancap gas jadi seorang pengusaha.


15. Mau Menerima Masukan Baru, Bahkan Dengan Kritik, Telinga dan Hatimu sangat Lapang


Respon negatif, umpan balik, kritik, dan saran demi kemajuan usahanya, semua akan diterimanya dengan lapang dada. Bagi seorang pengusaha, ada sisi baik yang bisa ia dapatkan dari mendengarkan orang lain, yaitu Dia akan mengerti hal-hal yang tadinya bahkan tak ia pikirkan.

Tidak semua masukan yang busa diambil, akan tetapi tetap dipilah dan dipilih dengan bijaksana mana yang harus diterima dan dibuang dari ide atau nasihat yang datang.

Sebrilian dan seotoritatif apapun ide yang datang, sang pengusaha yang baik akan mampu mempertimbangkan antara nilai ide dan risiko serta potensinya.

So....

Apakah ada point-point di atas yang pada diri anda?

Kalau iya, Selamat...

Saran kiat jitu, sebaiknya anda meragukan diri dari rutinitas pekerjaan anda. Tataplah masa depan, dan mulailah fokus pada bakat yang ada pada dirimu untuk menjadi pengusaha sukses.

Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments