Skip to main content

Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Baik dan Sehat

Memilih beras yang berkualitas sangatlah penting, karena nantinya akan kita konsumsi untuk diri dan keluarga dan ini erat kaitannya dengan kesehatan diri dan keluarga.

Beras di pasaran sekarang banyak macamnya, bahkan banyak tiruannya, jadi Anda diharapkan pandai dalam memilih beras. Terlebih Anda harus pandai membedakan mana beras yang mengandung zat pemutih dan mana yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Untuk mendapatkan beras yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan. Mulai dari tekstur, bau, warna dan lain sebagainya. 

Tips Memilih Beras yang Berkualitas, Baik dan Sehat
Beras Berkualitas pastinya baik dan menyehatkan


Berikut ini Kiat Jitu ulas tips yang bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan beras yang berkualitas, baik dan sehat.


Tips Memilih Beras Berkualitas


1. Perhatikan Tekstur Berasnya

Dari tekstur beras, Anda sudah bisa menilai apakah beras tersebut baik atau tidak untuk dikonsumsi. Beras dengan tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan itu menunjukkan bahwa beras tersebut berkualitas. Namun, jika yang Anda dapatkan justru sebaliknya, itu menunjukkan bahwa beras tersebut sudah tidak layak konsumsi. 

Jadi, tips pertama adalah pilihlah beras yang memiliki tekstur yang kuat dan kokoh dengan cara menekan satu atau beberapa dari beras yang ada untuk uji sampel.


2. Cium Aroma Beras

Pewangi buatan yang dibubuhkan pada beras saat ini sudah banyak di pasaran. Inilah kecurangan dari para pedagang yang tak bertanggung jawab, yang mereka ingin hanyalah laba. Masa bodo dengan kesehatan pembeli. 

Jika beras menimbulkan bau yang sangat wangi, tidak seperti biasanya, itu menunjukkan beras sudah diberi pewangi buatan. Ini berbahaya. Namun, Apabila beras yang anda cium menimbulkan aroma bau apek, itu menandakan bahwa berasnya sudah berusia lama dan efeknya pada rasa, yaitu rasanya kurang enak. 

Beras yang baik adalah beras yang aromanya wangi, wanginya wangi normal, tidak berbau terlalu wangi, juga tidak berbau apek.


3. Perhatikan Warna Beras

Memperhatikan Warna Beras ini juga penting lo.., agar Anda benar-benar mendapatkan beras yang menyehatkan. Mengingat zaman sekarang sudah banyak beras yang diberi berbagai pewarna agar tampak putih dan bersih.

Warna beras yang berkualitas sebenarnya bukanlah yang terlalu putih. Karena bisa jadi beras yang terlihat putih tersebut memiliki kandungan pemutih. Sebaiknya, pilihlah beras yang memiliki warna bening dengan sedikit kekuningan.


4. Amati Penampakan Berasnya

Ketika Anda hendak membeli beras, perhatikan tekstur dan penampakan berasnya secara teliti. Jika pada beras terdapat tekstur beras yang tidak beraturan, ada yang panjang ada yang tidak. Itu menandakan berasnya sudah oplosan. Selain itu, jika anda memegang beras, setelah itu anda melihat tangan Anda terdapat bekas seperti tepung, maka itu menandakan bahwa berasnya sudah berumur tua.


5. Pilih Beras yang Tidak Menempel saat diremas

Cobalah ambil beras segenggam lalu remas, dan perhatikan tangan anda, Jika beras menempel di tangan, itu menunjukkan bahwa beras tersebut memiliki kandungan pelicin. Kandungan pelicin ini tidak baik untuk kesehatan Anda dan dapat menimbulkan masalah pada tubuh di kemudian hari.


6. Pastikan Berasnya Tidak Terdapat Kutu

Beras yang di dalamnya terdapat kutu, itu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Beras yang usianya sudah lama, tentu rasanya kurang begitu nikmat dan bisa jadi kurang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, beras yang berkutu itu menunjukkan bahwa tidak terdapat bahan atau zat kimia pada beras tersebut. Bisa jadi beras berkutu tersebut karena terkontaminasi oleh beras yang lama, padahal berasnya masih baru.

Jadi, untuk masalah beras berkutu ini bisa anda jadikan alternatif terakhir jika sudah tidak ada beras yang berkualitas, dari pada anda memilih beras yang tercampur pewarna atau pewangi.


7. Gigit Berasnya untuk Menguji Kualitas Berasnya

Beras yang berkualitas sudah pasti tidak mudah rapuh dan cenderung keras, walaupun anda digigit. Dan beras yang memiliki tekstur yang kuat semacam inilah beras yang baik untuk para penderita diabetes (kencing manis). Selain itu, saat dikonsumsi rasanya enak dan pulen.


8. Pilih Beras yang Bersih dan Tidak Bercampur Kotoran

Yang terakhir dari tips memilih beras berkualitas adalah berasnya bersih. Artinya beras tersebut tidak mengandung kotoran atau tercampur dengan kotoran. Baik itu kotoran berupa batu, gabah atau kotoran-kotoran yang lain. Karena beras yang bersih kesehatannya lebih terjamin. Rasa beras pun juga akan semakin enak.

Nah, itu lah tadi Tips Memilih beras yang berkualitas yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.


Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar