Skip to main content

Susah Tidur, Atasi Dengan Minum Teh, Benarkah?

Susah Tidur, Atasi Dengan Minum Teh - Banyak yang berpendapat bahwa meminum teh hangat dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pengetahuan sudah masyhur di tengah masyarakat.

Namun banyak perdebatan, karena banyak juga orang yang tidak merasakan pengaruh apapun setelah minum teh. Jangankan tidur, ngantuk saja tidak. Begitulah pendapat orang yang mengalami insomnia. 

Sesungguhnya pada daun teh terdapat mengandung kafein. Kandungan kafein adalah zat stimulan (merangsang) tubuh agar tetap terjaga, tidak ngantuk. 

Apapun warna yang dihasilkan, baik itu teh hijau, teh hitam, atau teh berwarna putih semua mengandung kira-kira di bawah 100 gram kafein per cangkirnya. Sehingga kafein yang Anda konsumsi yang terdapat pada teh sebelum tidur bukan membuat Anda mengantuk bahkan tidur, tapi membuat Anda terjaga.

Kafein yang Anda konsumsi dari teh akan bereaksi menghalangi bahan kimia otak yang merangsang hormon sehingga hilanglah rasa ngantuk. Begitu juga dengan produksi hormon adrenalin dalam tubuh, juga akan semakin meningkat sehingga Anda semakin terjaga setelah Anda minum teh.

Susah Tidur Minum Teh
Dengan minum teh, insomnia jadi terobati. Sumber Gambar

Lalu teh apa yang bisa membuat ngantuk dan  bisa tidur? 

Anda bisa mencoba teh herbal, yaitu teh yang bisa membuat seluruh badan Anda merasa lebih rileks.

Teh herbal ini umumnya tidak memiliki kandungan kafein. Walaupun ada, kandungan kafeinnya pun sangat sedikit sekali sehingga tidak mengganggu atau menyebabkan susah tidur. 

Anda bisa mencoba varian teh herbal di bawah ini agar badan Anda bisa rileks yang mengakibatkan ngantuk dan tidur :


1. Teh Daun Mint 

Teh Daun mint ini komposisinya adalah daun mint yang dikeringkan. Teh daun mint ini sama sekali tidak mengandung kafein, sehingga cocok sekali untuk diminum pada malam hari.

Manfaat dari minum teh daun mint di malam hari berguna untuk membuat pikiran dan tubuh jadi tenang serta dapat meredakan sakit perut. 

Namun, bagi orang yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi teh herbal daun mint ini. 


2. Teh Kamomil

Teh kamomil komposisinya adalah bunga kamomil yang dikeringkan. Teh kamomil mempunyai efek positif bagi tubuh, yaitu membuat tubuh jadi rileks dan dapat membuat tidur lebih nyenyak serta bisa meredakan kecemasan yang melanda. Teh ini juga tidak mengandung kafein.

Bagi penderita penyakit asam lambung, aman meminum teh komomil ini.


3. Teh Akar Jahe

Akar jahe bahan utama dari teh ini. Teh jahe ini secara alami tidak mengandung kafein, berguna untuk meredakan mual, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Cara membuatnya adalah dengan memasukan potongan akar jahe sebesar ruas jari, lalu tuangkan air panas dan diamkan beberapa menit. 

Teh siap diminum tanpa perlu takut tidak bisa tidur di malam hari. 

Jadi jika Anda memiliki masalah susah tidur atau insomnia, Anda bisa mencoba minum teh herbal seperti ulasan diatas. 

Semoga tips di atas bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar