Skip to main content

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Segar Bugar

Berapa harga dari kesehatan tubuh kita?

Tubuh Tetap Sehat dan Segar Bugar - Jawabnya pasti mahal dan tidak bisa digantikan dengan apapun. Kalau tidak percaya, tanyakanlah pada orang yang sedang menderita sakit. 

Untuk memperoleh kesehatan, tubuh harus selalu dijaga. Karena hanya dengan tubuh yang sehat dan prima kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Tubuh yang sehat nan Prima akan terlihat dari penampilannya, yaitu segar-bugar.

Salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat nan prima serta segar bugar, tiada lain kecuali menerapkan gaya hidup sehat.

Pola gaya hidup sehat adalah demi meminimalisir resiko terserang penyakit yang berbahaya yang dapat menyerang kapan saja.


Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Segar Bugar
Pentingnya Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Segar Bugar. Sumber Gambar


Apa saja tips pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat dan segar bugar?


1. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang tidak ideal bukan hanya mengganggu penampilan, pasalnya tubuh yang tidak ideal (obesitas atau terlalu kurus) menyimpan resiko lebih tinggi terkena penyakit berbahaya. Terlebih bagi yang obesitas

Tubuh kurus pun demikian, sebab tubuh yang kurus menandakan bahwa kebutuhan nutrisi hariannya belum tercukupi hingga berdampak pada perkembangannya. 

Oleh sebab itu, pola hidup seimbang (tidak gemuk dan tidak kurus kerempeng) sangat penting diperhatikan. Caranya adalah menjaga mengkonsumi makanan yang penuh dengan vitamin dan nutrisi, namun jangan berlebih agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga resiko terkena penyakit berbahaya bisa terhindar. 


2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur 

Buah dan sayur adalah makan yang serat akan zat-zat bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam menu makanan sehari-hari, maka hal itu termasuk menjaga tubuh agar tetap sehat. 

Dari buah dan sayur maka kebutuhan tubuh terhadap nutrisi akan terpenuhi. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari kedua makanan tersebut adalah serat probiotik, vitamin, mineral serta berbagai kandungan nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Hasil dari laporan penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin memiliki kesempatan hidup lebih lama karena berbagai penyakit enggan menjangkitinya. 

Jadi, cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam setiap harinya, maka terjadinya resiko penyakit berbahaya dalam tubuh dapat diminimalisir. 


3. Tidur Berkualitas 

Waktu istirahat yang kurang dikarenakan banyaknya tugas dalam keseharian dapat membahayakan kesehatan, meski dalam hal ini tidak dapat dirasakan secara langsung pada saat itu juga. Namun ada beberapa gejala yang menandakan bahwa pada tubuh ada yang kurang. 

Beberapa gejala tersebut seperti kurang bersemangat, munculnya lingkaran hitam di bawah mata (mata panda),turunnya kualitas kerja, hilangnya konsentrasi merupakan gejala bahwa ada kebutuhan tubuh yang tidak terpenuhi. 

Jika kondisi semacam ini terus berlanjut, kemungkinan resiko terkena penyakit berbahaya bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, sebelum hal itu terjadi, maka berilah tubuh istirahat yang cukup dan berkualitas agar tubuh tetap sehat dan bugar.


4. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan dalam tubuh adalah hal terpenting untuk tubuh, Sehingga tubuh meminta untuk selalu terpenuhi secara sempurna setiap harinya. Kebutuhan air dalam tubuh yang terpenuhi dapat mendatangkan segudang manfaat.

Tubuh yang kekurangan cairan akan memberikan isyarat bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Di antaranya tubuh terasa lemas, sakit tenggorokan, merasa haus tidak berkesudahan, hingga merasakan pusing hebat. 

Solusinya adalah penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan meminum sekitar 8 gelas sehari.


5. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit stroke, jantung, diabetes, kanker dan penyakit berbahaya lainnya. 

Manfaat olahraga juga dapat mengontrol berat badan dan pelakunya akan tampak lebih segar bugar. Bagi anda yang memang ingin kesehatan tubuhnya terjaga, cobalah untuk berolahraga sekitar 30-60 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. 

Jika memang waktu untuk berolahraga memang tidak sempat, usahakan melakukannya selagi ada kesempatan. lakukan semampunya daripada tidak sama sekali.


6. Hindari rokok dan alkohol

Merokok sangat merugikan bagi kesehata. Bukan hanya paru-paru saja yang rusak, namun berbagai organ tubuh penting lainnya. Di antara bahaya merokok adalah potensi terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya.

Bukan hanya perokok aktif saja yang mendapatkan dampak negatif merokok, bahkan perokok pasif pun berisiko mengalami bahaya yang sama. 

Di samping itu, mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit hati. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menghindari bahkan meninggalkan sama sekali kebiasaan merokok dan minuman beralkohol.


7. Batasi mengkonsumsi minuman bersoda

Minuman ringan yang bersoda memang nikmat untuk diminum kala panas dan dahaga. Akan tetapi minuman bersoda atau minuman berenergi sejatinya tidak baik untuk kesehatan.

Pada umumnya minuman tersebut mengandung gula tambahan yang jumlahnya tidak sedikit. Sudah banyak penelitian melaporkan akan bahaya minuman bersoda. Bahkan studi penelitian memberikan kesimpulan bahwa mengkonsumsi satu atau dua minuman ringan per hari membuat kita memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe-2 sebesar 26 persen lebih tinggi. 

Selain itu, mengkonsumsi minuman dengan menggunakan bahan pemanis buatan semacam minuman di atas, sangat erat kaitannya dengan serangan jantung, obesitas, dan asam urat. 

So, untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan di kemudian hari, alangkah baiknya jika Anda membatasi konsumsi minuman ringan semacam di atas.


8. Hindari junk food

Junk food memang selalu menyajikan rasa yang lezat. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan. Padahal, makanan junk food biasanya rendah serat, protein, dan berbagai nutrisi lain. 

Dengan mengkonsumsi makanan rendah zat gizi tersebut membuat tubuh lapar selalu karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh belum terpenuhi. Imbasnya adalah tubuh selalu merasa "belum makan" dan ingin mengkonsumsi lebih banyak lagi. 

Selain itu, junk food juga kaya akan bahan-bahan yang tak sehat, seperti lemak jenuh, gula tambahan  yang hanya menyediakan sebagian besar kalori kosong. Oleh sebab itu, penting untuk menghindarinya.


9. Pengendalian diri, kelola stress

Kendali diri dan kontrol diri adalah cara tepat untuk memupuk tubuh agar selalu sehat, karena jika kendali diri tidak bisa terelakkan, maka stress lah yang akan menghampiri hidup Anda.

Stres yang berlebihan dan tak terkontrol dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh. 

Selain itu, kondisi stres juga dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. 

Dalam mengelola stres, cobalah untuk melatih diri dalam mengendalikan emosi,  berolahraga, berjalan-jalan di alam, mempraktikan teknik pernapasan, melakukan meditasi, atau berkumpul bersama teman-teman. 

Akan tetapi, jika stres yang dialami tak juga reda bahkan semakin memburuk, sebaiknya segera cari bantuan psikolog

Semua orang menginginka tubuh sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit. Untuk mewujudkan impian tersebut, tentu saja Anda harus mengubah gaya hidup sebelumnya. 

Mulailah membiasakan diri untuk mengikuti gaya hidup sehat, seperti mencukupi kebutuhan tidur harian hingga rutin berolahraga sebagai solusinya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar