Langsung ke konten utama

Berbagai Jenis Buah untuk Jantung Sehat

Beberapa Jenis Buah Untuk Jaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung memiliki kaitan yang erat dengan pola makan sehat dan teratur.  Kunci utamanya adalah pola makan yang sehat dan teratur. 

Makanan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh dan gula yang tinggi adalah pemicu kestabilan jantung. Jadi, makanan dengan kandungan seperti di atas sudah pasti harus dihindari demi jantung yang sehat. 

Alasannya adalah asupan makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi tekanan darah, peradangan, gula darah, sampai kadar kolesterol. 

Namun, ada beberapa makanan yang bisa Anda biasakan konsumsi agar kesehatan jantung selalu terjaga, karena penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. 

Jenis makanan tersebut adalah buah-buahan. Buah-buahan berikut ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita gangguan jantung.

Bahkan, bukan hanya bagi para penderita penyakit jantung, buah-buahan ini juga baik dikonsumsi oleh orang dengan jantung yang sehat guna mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Berbagai Jenis Buah untuk Jantung Sehat
Buah baik untuk jantung. Sumber Gambar


Buah-buahan ini sangat berguna bagi jantung dalam proses mencegah dan membantu proses pemulihan pasca terkena penyakit jantung.

Silakan Anda konsumsi beberapa jenis buah-buahan di bawah ini untuk penyakit jantung :


1. Tomat

Buah tomat yang kadang ada menyebutnya sebagai sayur adalah buah yang kaya antioksidan, yaitu likopen. 

Likopen yang terdapat pada tomat dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak jahat dalam tubuh, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, hingga mengurangi risiko serangan jantung.


2. Pisang

Buah pisang kaya akan kalium, vitamin C dan vitamin B6. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan natrium (garam) yang rendah.

Kalium berkhasiat menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. 

Kombinasi kalsium tinggi dan natrium rendah ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.


3. Apel

Study penelitian herbal menyatakan bahwa buah apel dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga membantu melindungi jantung. 

Bahkan, mengkonsumsi satu buah apel setiap harinya selama satu bulan penuh  dipercaya dapat mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah hingga 40%.


4. Alpukat

Pada buah alpukat terdapat kandungan lemak. Namun, jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah jenis lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal. 

Lemak ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tak hanya itu, buah alpukat juga dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh, serta kaya akan antioksidan dan kalium yang kesemuanya itu bermanfaat bagi kesehatan jantung.


5. Anggur

Buah anggur "merah" memiliki kandungan senyawa resveratrol yang banyak ditemukan di bagian kulitnya.

Resveratrol diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.

Tak hanya itu, anggur juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta mengatasi peradangan.


6. Delima

Mengkonsumsi jus delima setiap hari, selama 3 bulan secara rutin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke jantung. Itulah kesimpulan dari sebuah penelitian

Pada buah delima terkandung banyak antioksidan, termasuk antosianin dan polifenol, yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.


7. Buah sitrus

Buah sitrus adalah golongan buah yang terdiri dari jeruk, lemon, jeruk limau, jeruk nipis, dan pomelo. Buah-buahan ini mengandung serat serta antioksidan flavonoid dan vitamin C. Kandungan anti oksidan flavonoid ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, buah sitrus juga baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga tidak ada plak dalam saluran darah yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.


8. Beri

Buah dari golongan beri, seperti stroberi, rasberi, dan bluberi, mengandung antioksidan antosianin yang memberi warna merah dan biru. Senyawa tersebut baik untuk jantung karena dipercaya mampu menjaga kelenturan pembuluh darah, mengurangi peradangan serta menstabilkan tekanan darah.

Dengan adanya khasiat yang terdapat pada golongan buah beri tersebut, buah beri dianggap baik untuk pemulihan setelah sakit jantung serta mengurangi risiko munculnya kembali penyakit jantung.


9. Aprikot

Buah kecil berwarna oranye ini menyimpan banyak antioksidan di dalamnya, seperti beta karoten, vitamin A, C, dan E. Hebatnya lagi, aprikot juga memiliki flavonoid seperti apel.

Flavonoid pada aprikot, datang dalam bentuk asam klorogenat, katekin, dan kuersetin. Dari ketiga komponen inilah yang nantinya akan menetralkan radikal bebas, sehingga penyakit jantung, dapat dihindari.

Sama seperti kebanyakan buah, aprikot mengandung banyak air, sehingga tekanan darah dan detak jantung, dapat dikontrol.

Nah, itu dia berbagai jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa anda konsumsi setiap hari. Di samping mudah di dapat, tentunya murah dan terjangkau harganya. Karena jantung adalah organ penting dalam hidup kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola Mata Putih Memiliki bola mata yang putih berpadu dengan hitam sangatlah elok, selain menambah pesona diri, juga sebagai indikasi kondisi tubuh seseorang. Ketika mata anda berwarna merah atau kuning, maka penampilan akan kurang menarik. Di samping itu, mata merah atau kekuningan menjadi menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang, seperti lelah, stres, sedih, alergi, kelainan mata glaukoma, kelainan hati, ciri ciri liver rusak dan ganguan kesehatan lainnya. Kontruksi mata terdiri dari bagian bola mata berwarna putih dan bola mata berwarna hitam. Di Indonesia, hampir seluruh penduduknya memiliki bola putih dan tengah berwarna mata hitam dan coklat, selain kuda warna itu, jarang sekali dijumpai. Akan terjadi penduduk negara lain, mereka memiliki bola mata berwarna biru, coklat, kuning, hitam atau warna campuran yang lain.  Idealnya mata sehat adalah mata berwarna putih dan terlihat bersih. Jika mata merah atau kuning, maka akan merusak penampilan. Kali ini Kiat Jitu akan memberikan

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Kiat Jitu - Makan malam atau yang terkenal dengan sebutan dinner memang menyenangkan apabila aktivitasnya dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama setelah seharian beraktivitas di tempat kerja. Seharian beraktivitas di tempat kerja yang memforsir tenaga demi dan untuk menafkahi kebutuhan keluarga sehari-hari memang melelahkan. Untuk mengobati kelelahan tersebut maka makan bersama keluarga di malam hari bisa menjadi ajang rekreasi bersama.  Tapi sayangnya, ketika anda melakukan makan malam bersama keluarga, ternyata waktunya hanya beda tipis dengan waktu tidur di rumah, karena seharian anda sudah lelah di tempat kerja. Sehinga setelah anda makan, tak selang berapa lama Anda langsung tidur. Jika hal ini sering anda lakukan dan menjadi rutinitas di kehidupan keluarga anda sehari-hari, maka ada baiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.  Seorang ahli gi

26 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Tanaman Asli Indonesia yang bernama  Sirih  ini meliki corak pertumbuhan dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Siapa sangka sirih yang biasanya oleh orang-orang tua kita dulu gunakan untuk  nginang  bisa mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.  Secara turun temurun, penggunaan sirih sebagai tanaman obat ( fitofarmaka ) bukan kabar baru, walaupun terkadang dalam tradisi Indonesia di sebagian daerah penggunaan sirih ada yang menggunakannya sebagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, terutama Masyarakat Kepulauan  Riau , mereka sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih, khususnya  lagi ketika ada upacara penyambutan tamu, di samping itu mereka juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.  Akan tetapi penggunaan sirih sebagai obat dari berbagai penyakit, sekarang sudah banyak yang mempraktekkan karena memang banyak manfaat dan banyak bukti yang tak terbantahkan dari penggunaan daun sirih. Walaupun