Langsung ke konten utama

Penyebab Beruntusan di Dahi dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Beruntusan atau bruntusan adalah kondisi kulit wajah menjadi kasar karena adanya benjolan-kecil yang hampir sama dengan jerawat. Adanya beruntusan ini disebabkan karena terdapat penumpukan sel kulit mati dan minyak di dalam pori-pori kulit. 

Area yang paling banyak ditempati Beruntusan adalah di area dahi, karena area tersebut sering bergesekan dengan rambut.

Rambut kotor adalah penyebab yang paling dominan dalam timbulnya beruntusan di dahi. Atau, bisa juga disebabkan oleh rambut gaya poni yang sebelumnya kulit dahi belum terbiasa bergesekan dengan style rambut gaya poni. 

Adanya beruntusan termasuk masalah kulit wajah yang cukup mengganggu, karena memperburuk citra penampilan yang terkadang membuat seseorang menjadi minder dan tidak PeDe, terkadang juga beruntusan menyebabkan kemerahan dan rasa gatal.

Sering kali dijumpai bahwa beruntusan terdapat di Dahi, namun, bukan hanya, terkadang beruntusan juga dapat terjadi di area lain tubuh seperti dagu, punggung, leher, hingga dada. 

So, apa penyebab utama terjadinya bruntusan, terutama yang menyerang di area dahi? 

Berikut Kiat Jitu berikan penjelasan mengenai penyebab beruntusan di dahi seta cara mengatasinya secara Alami. 

Penyebab Beruntusan di Dahi
Beruntusan di dahi membuat penampilan kurang menarik. Gambar 99


Penyebab Beruntusan di Dahi

Antara beruntusan serta jerawatan keduanya hampir sama. Penyebab dari keduanya pun juga sama, yaitu adanya penyumbatan pori-pori oleh terlalu banyak sebum, sel kulit mati, atau bakteri. 

Ketika hal ini terjadi, maka kelenjar yang disebut sebaceous bisa meradang, dan dari sinilah beruntusan tampil dan berkembang

beruntusan dan jerawat bisa tumbuh dan berkembang di bagian tubuh mana saja, bisa di wajah (area ini lah kebanyakan manusia mengalami beruntusan), bahu, punggung, dada, dan lengan.  Namun umumnya di area wajah. 

Ada Faktor tertentu yang dapat meningkatkan jumlah sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebum ini lah yang nantinya akan meningkatkan kemungkinan munculnya beruntusan dan jerawat. 

Mengutip dari skinkraft.com dan healthline.com, faktor-faktor penyebab beruntusan di dahi di antaranya adalah:


1. Perubahan hormonal.

Penyebab pertama adanya beruntusan di dahi adalah karena perubahan hormonal. Kita akan kerap menemui seseorang yang mengalami beruntusan pada masa pubertas, karena pada masa ini, kadar hormon seseorang akan berfluktuasi secara signifikan.


2. Stress

Strees juga menjadi Penyebab timbulnya beruntusan di dahi. Terdapat hubungan antara stres dan kemunculan bruntusan dan jerawat pada wajah, alasannya adalah karena kondisi stress menyebabkan imun tubuh serta hormon tubuh berfluktuasi dan tidak seimbang.


3. Obat-obatan

Obat-obatan yang Anda konsumsi bisa menjadi pemicu timbulnya bruntusan di dahi. Ada beberapa jenis obat yang memiliki efek samping menyebabkan masalah wajah seperti bruntusan dan jerawat. Contohnya termasuk steroid tertentu, antikonvulsan, barbiturat, atau litium.


4. Kebersihan rambut.

Kebersihan rambut juga bisa menjadi faktor penyebab adanya bruntusan dan jerawat di dahi. Karena, jika Anda jarang mandi keramas dengan teratur, maka hal ini dapat menyebabkan timbunan minyak di dahi dan penyumbatan yang memicu timbulnya jerawat. 

Bahkan, jika tipe rambut Anda rambut yang cepat berminyak, maka minyak ini lah yang mengendap di dahi dan menyumbat pori-pori di sana.


5. Produk perawatan rambut

Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat bisa menjadi penyebab beruntusan. Karena penggunaan produk rambut yang tidak tepat dapat memicu reaksi pada kulit di sekitar rambut, hal inilah yang nantinya akan menimbulkan beruntusan.

Ada beberapa produk penata rambut dan pelurus rambut terkenal bisa menyebabkan beruntusan, seperti:

  • pomades
  • minyak rambut
  • gel rambut
  • wax/lilin rambut

Ada apa dengan Produk-produk ini?

Produk-produk di atas ini sering kali mengandung bahan-bahan seperti mentega kakao atau minyak kelapa.  bahan-bahan inilah yang bisa membuat kulit Anda sangat berminyak, dari sinilah sumber yang dapat menyebabkan beruntusan dan jerawat di area dahi.


6. Iritasi 

Iritasi pada kulit wajah juga bisa menjadi penyebab terjadinya beruntusan di dahi. Iritasi ini bisa disebabkan oleh penggunaan make up ataupun aksesoris rambut seperti topi dan bandana. 

Terlebih lagi jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif, maka keseringan menyentuh dahi bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan beruntusan serta jerawat yang kemerahan. Oleh sebab itu, batasi penggunaan make updan aksesoris rambut tertentu karena akan memicu timbulnya beruntusan. 


Cara Mengatasi Beruntusan di Dahi dengan Bahan Alami

Ada berbagai cara untuk mengatasi atau mengobati masalah beruntusan, baik itu dengan menggunakan pengobatan OTC, maupun dengan cara pengobatan sescara alami atau pengobatan tradisional ala rumahan yang pastinya semua bahan-bahannya dari bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. 

Kelebihan dari penggunaan bahan alami ini adalah tidak adanya efek samping yang mengarah pada kerusakan pada kulit Anda. 

Contoh dari pengobatan dengan bahan alami atau ala rumahan tradisional adalah dengan mengoleskan kompres hangat ke dahi dua kali sehari, yang dapat membantu menghilangkan kelebihan sebum dan meningkatkan pemulihan. 

Di bawah ini Kiat Jitu paparkan beberapa cara mengatasi beruntusan di dahi dengan bahan Alami, di antaranya:


1. Putih telur

Putih telur sangat baik itu untuk memutihkan kulit, atau menghaluskan kulit. Untuk mengatasi masalah beruntusan / bruntusan pada kulit wajah.

Caranya:

  • Siapkan putih telur dari 1 butir telur (sudah dipisah dari kuningnya) 
  • Kocok hingga berbuih.
  • Oleskan ke seluruh area wajah, 
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Lalu Bilas menggunakan air bersih.


2. Madu

Masalah kulit wajah, Madu sangat baik untuk menuntaskannya. Bukan hanya kulit kusam saja yang bisa diatasi oleh madu, Madu bisa digunakan untuk membersihkan beruntusan dan jerawat pada wajah.

Caranya:

  • Sebelum menggunakan madu, Cuci muka terlebih dahulu.
  • Oleskan madu hingga merata pada wajah.
  • Diamkan hingga mengering atau selama 30 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

Lakukan cara di atas setiap kali Anda hendak mandi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


3. Tomat

Tomat dapat mengatasi masalah mata minus. Selain itu, tomat juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah beruntusan pada wajah.

Cara untuk mendapatkan manfaat tomat:

  • Siapkan 1 tomat yang agak besar yang masih segar.
  • Lalu haluskan dengan blender.
  • Tomat yang telah halus ini gunakan sebagai masker.
  • Biarkan hingga mengering.
  • Bilas wajah dengan air bersih.


4. Lidah Buaya

mengatasi beruntusan secara alami dengan gel lidah buaya
Gel lidah buaya mampu mengatasi gatal akibat beruntusan.

Untuk meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh beruntusan, Lidah buaya bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Karena pada lidah buaya terdapat kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk mengatasi gatal karena iritasi.

Caranya:

  • Ambil gel lidah buaya (buang kulitnya)
  • Oleskan pada area yang gatal karena bruntusan, 
  • biarkan hingga mengering
  • lalu bilas dengan air dingin.

Untuk saat ini, mendapatkan gel lidah buaya mungkin agak sulit bagi Anda yang hidup di perkotaan, Namun tak usah risau, anda bisa membelinya di apotek atau toko obat terdekat.


5. Jus lemon atau jeruk nipis.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, hindari penggunaan lemon atau jeruk nipis, karena kandungan asam yang cukup tinggi akan mengakibatkan gatal bahkan perih pada kulit yang sensitif.

Caranya:
  • Peras dan ambil airnya
  • lalu oleskan ke dahi dengan kapas.
  • Diamkan selama 20 menit hingga mengering.
  • Bilas hingga bersih.


6. Es Batu

Dengan adanya sensasi dingin yang dihasilkan oleh es batu, maka rasa gatal akibat beruntusan akan menjadi berkurang. Karena masalah bruntusan tidaklah seserius masalah jerawat. 

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu sangat ampuh, bahkan bisa saja untuk mengatasinya hanya butuh waktu semalam.

Aplikasikan es batu pada area yang terdapat beruntusan, maka hal ini mengurangi kemerahan pada kulit wajah.


7. Zinc

Untuk yang penggunaan Zinc atau seng, bukan secara pengaplikasian pada kulit wajah, namun dikonsumsi  sebagai suplemen untuk membantu memperbaiki kulit.


8. Cuka sari apel

Yang terakhir, menggunakan Cuka sari apel bagi Anda yang mengalami beruntusan yang cukup parah. cuka apel adalah pilihan terbaik.

Mengapa begitu?

Pasalnya, pada cuka apel terdapat kandungan zat asam asetat yang sangat baik untuk meredakan peradangan dan infeksi pada kulit.

Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan dengan cuka apel:

  • Oleskan cuka apel di area yang bruntusan dengan kapas.
  • Diamkan selama beberapa menit sebelum kapas diangkat.
  • Bersihkan wajah dengan air bersih
Perawatan ini harus dilakukan selama 2 hingga 3 kali sehari agar masalah wajah bruntusan bisa segera diatasi.
Atau Anda bisa menggunakan cara selanjutnya, yaitu dengan:
  • Mencampur seperempat cuka sari apel yang diencerkan dengan tiga perempat air
  • lalu oleskan ke dahi dengan kapas.
  • Diamkan selama beberapa menit sebelum kapas diangkat
  • lalu bilas dengan air bersih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola Mata Putih Memiliki bola mata yang putih berpadu dengan hitam sangatlah elok, selain menambah pesona diri, juga sebagai indikasi kondisi tubuh seseorang. Ketika mata anda berwarna merah atau kuning, maka penampilan akan kurang menarik. Di samping itu, mata merah atau kekuningan menjadi menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang, seperti lelah, stres, sedih, alergi, kelainan mata glaukoma, kelainan hati, ciri ciri liver rusak dan ganguan kesehatan lainnya. Kontruksi mata terdiri dari bagian bola mata berwarna putih dan bola mata berwarna hitam. Di Indonesia, hampir seluruh penduduknya memiliki bola putih dan tengah berwarna mata hitam dan coklat, selain kuda warna itu, jarang sekali dijumpai. Akan terjadi penduduk negara lain, mereka memiliki bola mata berwarna biru, coklat, kuning, hitam atau warna campuran yang lain.  Idealnya mata sehat adalah mata berwarna putih dan terlihat bersih. Jika mata merah atau kuning, maka akan merusak penampilan. Kali ini Kiat Jitu akan memberikan

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Kiat Jitu - Makan malam atau yang terkenal dengan sebutan dinner memang menyenangkan apabila aktivitasnya dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama setelah seharian beraktivitas di tempat kerja. Seharian beraktivitas di tempat kerja yang memforsir tenaga demi dan untuk menafkahi kebutuhan keluarga sehari-hari memang melelahkan. Untuk mengobati kelelahan tersebut maka makan bersama keluarga di malam hari bisa menjadi ajang rekreasi bersama.  Tapi sayangnya, ketika anda melakukan makan malam bersama keluarga, ternyata waktunya hanya beda tipis dengan waktu tidur di rumah, karena seharian anda sudah lelah di tempat kerja. Sehinga setelah anda makan, tak selang berapa lama Anda langsung tidur. Jika hal ini sering anda lakukan dan menjadi rutinitas di kehidupan keluarga anda sehari-hari, maka ada baiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.  Seorang ahli gi

26 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Tanaman Asli Indonesia yang bernama  Sirih  ini meliki corak pertumbuhan dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Siapa sangka sirih yang biasanya oleh orang-orang tua kita dulu gunakan untuk  nginang  bisa mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.  Secara turun temurun, penggunaan sirih sebagai tanaman obat ( fitofarmaka ) bukan kabar baru, walaupun terkadang dalam tradisi Indonesia di sebagian daerah penggunaan sirih ada yang menggunakannya sebagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, terutama Masyarakat Kepulauan  Riau , mereka sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih, khususnya  lagi ketika ada upacara penyambutan tamu, di samping itu mereka juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.  Akan tetapi penggunaan sirih sebagai obat dari berbagai penyakit, sekarang sudah banyak yang mempraktekkan karena memang banyak manfaat dan banyak bukti yang tak terbantahkan dari penggunaan daun sirih. Walaupun