Langsung ke konten utama

Merawat Wajah Cantik dan Mulus Secara Alami

Merawat wajah dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita agar cantik dan mulus selalu lestari dan terjaga perlu dilakukan. Namun, pemilihan bahan-bahan berkualitas dan tidak berbahaya bagi kulit dan wajah adalah sebuah kemutlakan.

Tipe kulit wanita satu dengan yang lainnya berbeda, sehingga Anda harus pandai-pandai memilah dan memilih, terlebih jika kulit anda kulit sensitif, perlu ekstra hati-hati dalam memilih berbagai produk kosmetik. Mulai dari pelembab, krim anti-penuaan, serum, exfoliator, hingga pembersih wajah (facial foam).

Perlu dicatat bahwa kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh. Kulit tubuh lebih kasar dan lebih kuat. Sebaliknya, kulit wajah bersifat lebih lembut dan sensitif.

Oleh sebab itu, untuk merawat wajah harus ekstra hati-hati. Ambil contoh ketika Anda mencuci wajah, Anda harus memperlakukannya seperti kain sutra yang lembut dan rentan. Gosoklah wajah secara lembut, hindari menggosok secara kasar. Penggunaan pembersih wajah seperti sabun muka yang kasar atau mengandung pewangi harus juga dihindari.

Mengapa perlakuan wajah harus ektra hati-hati dan lembut?

karena tekanan atau menggosok wajah terlalu kasar dapat menyebabkan kapiler kulit wajah rusak. Dengan rusaknya kapiler kulit wajah, maka kulit jadi meregang serta dapat menyebabkan kulit berwarna kemerah-merahan. 

Kondisi inilah yang membuat kulit wajah lambat laun akan mengalami tanda penuaan seperti kerutan halus, kering, dan kendor.

Merawat Wajah Cantik dan Mulus Secara Alami
Cantik Alami

Nah, bagi Anda yang ingin tampil cantik dengan kulit putih, mulus, bersih, dan sehat, maka wajib melakukan perawatan wajah secara maksimal. Tidak harus selalu dengan biaya mahal, Anda bisa menggunakan bahan alami yang murah dan mudah ditemukan di sekitar rumah.


1. Lakukan cleansing

Melakukan cleansing sangat penting sekali untuk merawat kulit wajah Anda, tak peduli produk kosmetik apa pun yang Anda gunakan untuk wajah, setelah Anda selesai, segera bersihkan wajah Anda secara menyeluruh hingga ke pori-pori terdalam. 

Untuk membuka pori-pori yang telah tertutup kosmetik, basuhlah wajah Anda dengan menggunakan air hangat, Namun jangan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering serta dapat menimbulkan jerawat.

Seletah pori-pori terbuka, bersihkan dengan bahan alami. Pembersih alami yang bisa Anda andalkan untuk cleansing adalah susu dingin. Yaitu dengan menggunakan bola kapas dalam penerapan cleansing-nya. Dengan menerapkan cara ini, maka kulit wajah Anda terhidar dari kulit kering dan pecah-pecah.


2. Manfaatkan scrub 

untuk mengelupas sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan jerawat

Pencucian wajah atau melakukan teknik cleansing tidak serta merta membuat semua sel kulit mati pada wajah terangkat sempurna. Maka Anda perlu melakukan scrub. Karena Sel kulit mati yang tidak terangkat dengan sempurna dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, kulit wajah berminyak, muka terlihat kusam, hingga menimbulkan jerawat.

Untuk melakukan scrub, Anda bisa lakukan sebulan sekali atau sebulan dua kali. Manfaat dari scrub adalah mengangkat sel-sel kulit mati agar bisa digantikan oleh sel yang baru dan segar. Ini akan membuat kulit menjadi lebih halus, lebih putih, terlihat bersinar, segar, dan awet muda.

Manfaat lain dari scrub adalah memutihkan kulit wajah, karena dengan terangkatnya sel kulit mati maka sel-sel kulit yang baru cenderung membuat wajah terlihat lebih bersinar dan lebih cerah. 

Jika ingin mengetahui metode memutihkan wajah secara alami, Silahkan Anda baca artikel saya yang lain, yaitu Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat.

Melakukan scrub memang baik, namun jika setiap hari anda melakukan scrubbing, maka akan berakibat buruk, karena scrubbing setiap hari dapat menyebabkan abrasi dan menyebabkan kulit berubah menjadi kering. 

Untuk Scrubbing, anda bisa menggunakan exfoliator ringan dari produk kosmetik favorit Anda. Atau Anda bisa memilih beberapa exfoliator alami seperti: Yogurt, Gula pasir, Pepaya, Pisang matang.


a. Yogurt

Dalam yogurt terdapat asam laktat dan alpha hidroksi acid. Kandungan tersebut biasanya banyak ditemukan pada produk perawatan kulit. Hanya saja, asam laktat dan alpha hidroksi acid yang terdaapt dalam yogurt cenderung lebih ringan dan lebih halus. 

Jika Anda memang menggunakan yogurt untuk scrubbing, maka setelah menggosok-gosokkannya secara lembut dan halus pada kulit wajah, diamkan sekitar 20 menit lalu kemudian dibersihkan dan dibilas.


b. Gula pasir

exfoliator alami juga bisa Anda dapatkan dari gula pasir, karena gula pasri mengandung asam glikolat serta Alpha hidroksi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kulit dalam memproduksi sel baru. Sehingga, kulit akan menjadi lebih lembut dan lebih halus.

Cara pembuatannya 

  • Sediakan setengah cangkir gula pasir
  • Tambahkan minyak zaitun atau minyak biji anggur secukupnya. 
  • Lalu aduk hingga merata sehingga berbentuk pasta. 
  • Sekarang tinggal Anda terapkan di kulit wajah sambil dipijat-pijat dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat

c. Pepaya

Selain gula pasri, pepaya juga bisa menjadi pilihan exfoliator alami untuk kulit wajah yang khasiatnya juga sangat ampuh untuk mengelupas sel kulit mati, mengatasi kerutan-kerutan halus, serta menyamarkan bintik-bintik hitam dan bekas luka.

Dalam pepaya terdapat kandungan papain yang sangat ampuh. Terutama pada pepaya muda. 

Cara untuk mendapatkan khasiat pepaya adalah

  • Ambil pepaya yang masih hijau. 
  • Buang kulitnya dan bersihkan, lalu kemudian hancurkan hingga halus (bisa pakai blender
  • Terapkan ramuan pepaya ini pada sekujur wajah. 
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

d. Pisang matang 

Pisang yang sering menjadi buah yang setia menemani kita ini juga bisa dijadikan sebagai scrub wajah. 

Caranya,

  • Ambil satu pisang matang kemudian haluskan atau lumatkan. 
  • Ambil pisang yang telah dilumatkan tersebut kurang lebih dua sdm
  • Ambil dan Tumbuk buah apel kemudian ambil sekitar 2 sdm
  • Beri 1 sdt madu dari Campuran kedua bahan tersebut 
  • Terapkan pada wajah anda ramuan ini dengan cara menggosok-gosokkan secara lembut selama kurang lebih 2 menit dengan gerakan melingkar. 
  • Setelah scrub pada wajah mengering, cuci dengan menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan handuk

3. Terapkan toning

Memanfaatkan toning atau toner juga bisa anda lakukan untuk merawat wajah secara natural agar sehat dan cantik. Jika Anda merasa bahwa kulit wajah terasa kendor dan berpori-pori besar, Anda bisa mencoba menggunakan toner ringan. Tapi perlu anda ingat bahwa anda harus menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit anda dan bebas dari bahan kimia berbahaya. 

Penting untuk Anda ketahui bahwa menggunakan toner yang keras dapat mengganggu keseimbangan PH kulit wajah.

Toner sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran dengan sempurna setelah proses mencuci wajah. Toner sangat bermanfaat untuk mengencangkan kulit sekaligus melembabkannya sehingga wajah tidak akan mudah keriput, pori-porinya akan mengecil, dan kulit akan terasa lebih kencang.


4. Berikan wajah Anda nutrisi dari luar 

Memberikan wajah nutrisi dari luar juga tidak kalah penting dalam merawat wajah. cukup dengan menerapkan natural face skin pack, berarti anda sudah menerpakan Nutrisi pada wajah. 

Untuk mendapatkan Nutrisi untuk wajah secara alami, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang. karena pada kulit pisang terdapat sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit. Di antaranya adalahmelawan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, melindungi kulit dari sinar matahari, mempercerah kulit, menghilangkan kantung mata, dan bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak

Cara menggunakannya:

  • Ambil beberapa kulit pisang (sudah pasti yang bersih) 
  • gosok-gosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh bagian wajah, usahakan hingga berwarna sedikit kecoklatan
  • Biarkan hingga mengering (hal ini dimaksudkan agar kulit menyerap vitamin dan nutrisi yang ada pada kulit pisang) kurang lebih 30 menit
  • Lalu bilas wajah dengan menggunakan air hangat

Anda juga bisa menerapkan face skin pack dengan kulit pisang ini di malam hari sebelum tidur. Kemudian biarkan hingga esok pagi, lalu bilas

Untuk face skin pack dengan kulit pisang ini bisa Anda aplikasikan pada wajah Anda sebanyak tiga kali sehari, hal ini untuk mendapatkan hasil terbaik


5. Terapkan pelembab 

Jika kulit anda tidak kering dan bersisik, dan Anda menginginkan perawatan secara alami, Anda bisa memanfaatkan minyak almond atau minyak zaitun (extra/virgin) yang bisa bermanfaat sebagai moisturizer. 

a. Minyak almond atau Minyak zaitun 

Caranya adalah Anda tinggal mengoleskan minyak almond atau minyak zaitun pada kulit wajah lalu berikan pijatan-pijatan lembut ke seluruh kulit wajah dan diamkan hingga kulit menyerap minyak tersebut.

b. Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak 1,5-2 liter per hari menjadi wajib jika Anda memang menginginkan kulit sehat. Manfaat dari minum air putih sesuai kadar kebutuhan tubuh dapat menjaga kulit tetap lembab, kencang, dan kenyal.


6. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sinar matahari mengandung radiasai ultraungu atau lebih dikelan dengan sebutan ultraviolet. Untuk menjaga kulit, maka hindari paparan sinar matahari secara langsung. 

Untuk radiasi untraungu atau untraviolet yang paling berbahaya berkisar antara pukul 10.00-15.00. Pada jam-jam tersebut usahakan Anda melindungi kulit dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih. Terapkan setidaknya 20 menit sebelum keluar ruangan.

Nah, ulasan di atas adalah cara merawat wajah dengan bahan alami agar terlihat cantik dan mulus yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Bahannya alami, mudah di dapat dan yang pasti tidak menimbulkan efek samping.

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, jangan khawatir apabila menerapkan metode di atas, karena bahan-bahan di atas alami dan aman, baik bagi kulit sensitif atau yang tidak.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola Mata Putih Memiliki bola mata yang putih berpadu dengan hitam sangatlah elok, selain menambah pesona diri, juga sebagai indikasi kondisi tubuh seseorang. Ketika mata anda berwarna merah atau kuning, maka penampilan akan kurang menarik. Di samping itu, mata merah atau kekuningan menjadi menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang, seperti lelah, stres, sedih, alergi, kelainan mata glaukoma, kelainan hati, ciri ciri liver rusak dan ganguan kesehatan lainnya. Kontruksi mata terdiri dari bagian bola mata berwarna putih dan bola mata berwarna hitam. Di Indonesia, hampir seluruh penduduknya memiliki bola putih dan tengah berwarna mata hitam dan coklat, selain kuda warna itu, jarang sekali dijumpai. Akan terjadi penduduk negara lain, mereka memiliki bola mata berwarna biru, coklat, kuning, hitam atau warna campuran yang lain.  Idealnya mata sehat adalah mata berwarna putih dan terlihat bersih. Jika mata merah atau kuning, maka akan merusak penampilan. Kali ini Kiat Jitu akan memberikan

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Kiat Jitu - Makan malam atau yang terkenal dengan sebutan dinner memang menyenangkan apabila aktivitasnya dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama setelah seharian beraktivitas di tempat kerja. Seharian beraktivitas di tempat kerja yang memforsir tenaga demi dan untuk menafkahi kebutuhan keluarga sehari-hari memang melelahkan. Untuk mengobati kelelahan tersebut maka makan bersama keluarga di malam hari bisa menjadi ajang rekreasi bersama.  Tapi sayangnya, ketika anda melakukan makan malam bersama keluarga, ternyata waktunya hanya beda tipis dengan waktu tidur di rumah, karena seharian anda sudah lelah di tempat kerja. Sehinga setelah anda makan, tak selang berapa lama Anda langsung tidur. Jika hal ini sering anda lakukan dan menjadi rutinitas di kehidupan keluarga anda sehari-hari, maka ada baiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.  Seorang ahli gi

26 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Tanaman Asli Indonesia yang bernama  Sirih  ini meliki corak pertumbuhan dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Siapa sangka sirih yang biasanya oleh orang-orang tua kita dulu gunakan untuk  nginang  bisa mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.  Secara turun temurun, penggunaan sirih sebagai tanaman obat ( fitofarmaka ) bukan kabar baru, walaupun terkadang dalam tradisi Indonesia di sebagian daerah penggunaan sirih ada yang menggunakannya sebagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, terutama Masyarakat Kepulauan  Riau , mereka sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih, khususnya  lagi ketika ada upacara penyambutan tamu, di samping itu mereka juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.  Akan tetapi penggunaan sirih sebagai obat dari berbagai penyakit, sekarang sudah banyak yang mempraktekkan karena memang banyak manfaat dan banyak bukti yang tak terbantahkan dari penggunaan daun sirih. Walaupun