Langsung ke konten utama

5 Bahan Alami Warisan Nenek Moyang Untuk Kesehatan

Ketika kita masih kecil dulu dan mengalami sakit, maka Orang tua kita menganjurkan untuk menggunakan berbagai bahan alami untuk mengatasi masalah kesehatan. Seperti ungkapan coba pakai daun ini supaya cepat sembuh, minum jamu ini biar tidak sakit, dan lain sebagainya.

Nah, sebenarnya saran-saran yang sudah turun-temurun mengenai pengobatan kesehatan itu memang benar secara ilmiah atau hanya mitos? 

Ternyata ada beberapa “resep obat” kuno yang memang sudah terbukti bermanfaat, lho. 

Apa saja bahan alami warisan nenek moyang yang memang terbukti ampuh untuk kesehatan?

Kiat Jitu akan memaparkannya satu persatu, diantaranya yaitu :

bahan alami sebagai obat kesehatan warisan nenek moyang


1. Sakit Maag, Minum jamu kunyit

Orang tua dulu selalu berpesan kalau sakit maag, jangan lupa untuk selalu minum jamu kunyit. Bahkan, bukan hanya penyakit maag saja, tetapi untuk gangguan pencernaan lainnya.

Sakit maag memang menjadi salah satu penyakit yang umum terjadi di masyarakat. Salah satu penyebab terjadinya sakit maag adalah penyakit yang berkaitan dengan asam lambung, contohnya infeksi bakteri di perut, refluks asam lambung (GERD), atau tukak lambung.

Dilansir dari wibsite Healthline, yang menyatakan bahwa kunyit adalah tanaman yang kaya akan zat anti radang dan antioksidan. Kunyit mengandung senyawa curcumin, yang merupakan sumber antivirus, antibakteri dan antikanker alamiah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menyatakan bahwa kondisi refluks asam lambung memerlukan zat antioksidan dan antiradang untuk meredakannya. Zat ini dapat ditemukan dalam kunyit, yaitu curcumin.

Hasil dari Penelitian yang lain juga menyatakan bahwa kunyit mampu mencegah peradangan di saluran pencernaan akibat bakteri atau virus. Zat antibakteri dan antivirus juga bisa ditemukan dalam kunyit.

Nah, dari sini bisa disimpulkan bahwa konsumsi kunyit saat memiliki gejala maag atau peradangan dalam sistem pencernaan memang benar bisa membantu dan sesuai dengan data kajian secara ilmiah.


2. Sakit DBD, minum jus jambu

DBD singkatan dari Penyakit demam berdarah banyak ditemukan di negara-negara tropis termasuk Indonesia. 

Jika ada orang yang terkena penyakit deman berdarah, hampir semua orang akan menyarankan untuk minum jus buah jambu, tepatnya jambu biji merah atau jambu merah. 

Saran ini bukan hanya mitos belaka, ternyata kandungan yang terdapat pada jambu merah memang benar-benar membantu untuk memulihkan kesehatan penderita DBD.

Pada jambu merah terdapat Kandungan vitamin C yang cukup besar. Vitamin C memiliki peran sebagai senyawa antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan membran sel akibat serangan radikal bebas.

Selain itu, ada pula Zat lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu quercetin yang terdapat pada jambu biji. Fungsi Quercetin bagi penderita DBD adalah mengobati kerapuhan pembuluh darah kapiler manusia serta memiliki efek antiploriferatif DNA. Dengan adanya efek tersebut, jambu biji bisa menghambat perkembangbiakan virus dengue yang ada di dalam tubuh penderitanya.

Jika perkembangan virus yang ada pada penderita DBD ini terhambat, maka akan mengurangi tingkat keparahan serangan dari virusnya. Perdarahan yang sering dikhawatirkan dalam kasus DBD pun bisa dicegah. 

Nah, untuk jambu merah yang merupakan saran orang tua dulu ini ternyata cocok dan sesuai dengan data ilmiah serta terbukti benar dalam membantu pengobatan penyakit DBD.


3. Batuk, Minum sari kencur

Sering kita mendengar ungkapan "masih bau kencur", itu artinya kencur sudah terlalu sering terlibat dalam sisi kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk mengobati sakit batuk, Kencur sering kali dijadikan saran oleh orang-orang tua kita dulu sebagai media pengobatan. 

Anjuran untuk minum air perasan kencur bagi penderita batuk ternyata sesuai dengan data ilmiah. Faktanya adalah rimpang kencur memang merupakan tumbuhan yang sifatnya ekspektoran, yakni bersifat mengeluarkan dahak atau lendir. Maka dari itu, kencur dapat dijadikan solusi bagi penderita batuk karena dapat mengeluarkan dahak yang masih terhambat.

Bahkan, bukan itu saja, kencur juga bisa digunakan untuk mengatasi pegal sebagai param.


4. Kaki terkilir atau pegal, atasi dengan Ampas kencur 

Selain berfungsi sebagai ekspektoran, ternyata rimpang kencur sudah turun temurun diwasiatkan oleh orang tua dahulu sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit akibat gangguan otot. 

Bahkan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam Peraturan Menteri Kesehatan Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia mengakui bahwa kencur menjadi sumber tanaman Indonesia yang digunakan untuk pegal linu dan terkilir.

  • Untuk mengatasi kaki terkirli atau pegal dengan kencur yaitu:
  • Haluskan terlebih dahulu kencur bersama dengan beras dan air secukupnya. 
  • Resep ramuan ini lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibiarkan hingga kering. 
  • Larutan air yang mengandung kencur ini sering sering juga disebut dengan param beras kencur.

Kaki terasa nyeri akibat terkilir  atau bahkan terasa pegal-pegal, menggunakan kencur juga ampuh untuk mengatasinya. Sebab, kencur memiliki sifat antiradang dan juga bersifat menghangatkan bagian yang sakit.

Selain itu, kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kencur memiliki daya analgesik, yakni berfungsi mengurangi rasa nyeri. Jadi, tidak heran jika kencur ternyata memang bisa meredam rasa nyeri saat sedang terkilir atau pegal-pegal.


5. Kolesterol, atasi dengan Kulit manggis 

Pada dasarnya, manggis mengandung xanthones. Xanthones merupakan zat polifenol yang memberikan efek antioksidan kuat. 

Zat Xanthones yang berada dalam tubuh dapat menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit lainnya. Cara kerjanya pun cukup kuat

Pada kulit manggis terdapat zat Xanthones ini. Sehingga dengan mengkonsumsi kulit manggis, maka Xanthones ini dapat menghambat proses pembentukan kolestrol atau yang disebut dengan kolesterogenesis sebelum berlanjut menjadi kolesterol.

Bagi Anda, penderita Kolestrol tinggi, bisa menjadikan kulit manggis sebagai solusi untuk mengatasinya. Silakan Anda olah menjadi air rebusan kulit manggis, dicampurkan dalam teh, diseduh jadi minuman, dibuat menjadi jus, maupun diekstrak, terserah, semuanya bisa dan khasiatnya sama dan cukup manjur.

Jurnal Ilmiah Kedokteran tahun 2015 menulis hasil penelitian yang menyatakan bahwa pemberian kulit manggis dalam bentuk ekstrak dapat menurunkan kadar kolesterol total serum dan kolesterol LDL.

Nah, itulah  Bahan Alami Warisan Nenek Moyang Untuk Kesehatan yang bisa kita gunakan takkala sedang menderita penyakit di atas, walaupun masih banyak bahan alami lainnya yang diwariskan oleh nenek moyang kita dahulu untuk menjaga dan mengobati penyakit kita, sehingga kesehatan kita selalu terjaga.
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola Mata Putih Memiliki bola mata yang putih berpadu dengan hitam sangatlah elok, selain menambah pesona diri, juga sebagai indikasi kondisi tubuh seseorang. Ketika mata anda berwarna merah atau kuning, maka penampilan akan kurang menarik. Di samping itu, mata merah atau kekuningan menjadi menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang, seperti lelah, stres, sedih, alergi, kelainan mata glaukoma, kelainan hati, ciri ciri liver rusak dan ganguan kesehatan lainnya. Kontruksi mata terdiri dari bagian bola mata berwarna putih dan bola mata berwarna hitam. Di Indonesia, hampir seluruh penduduknya memiliki bola putih dan tengah berwarna mata hitam dan coklat, selain kuda warna itu, jarang sekali dijumpai. Akan terjadi penduduk negara lain, mereka memiliki bola mata berwarna biru, coklat, kuning, hitam atau warna campuran yang lain.  Idealnya mata sehat adalah mata berwarna putih dan terlihat bersih. Jika mata merah atau kuning, maka akan merusak penampilan. Kali ini Kiat Jitu akan memberikan

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Kiat Jitu - Makan malam atau yang terkenal dengan sebutan dinner memang menyenangkan apabila aktivitasnya dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama setelah seharian beraktivitas di tempat kerja. Seharian beraktivitas di tempat kerja yang memforsir tenaga demi dan untuk menafkahi kebutuhan keluarga sehari-hari memang melelahkan. Untuk mengobati kelelahan tersebut maka makan bersama keluarga di malam hari bisa menjadi ajang rekreasi bersama.  Tapi sayangnya, ketika anda melakukan makan malam bersama keluarga, ternyata waktunya hanya beda tipis dengan waktu tidur di rumah, karena seharian anda sudah lelah di tempat kerja. Sehinga setelah anda makan, tak selang berapa lama Anda langsung tidur. Jika hal ini sering anda lakukan dan menjadi rutinitas di kehidupan keluarga anda sehari-hari, maka ada baiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.  Seorang ahli gi

26 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Tanaman Asli Indonesia yang bernama  Sirih  ini meliki corak pertumbuhan dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Siapa sangka sirih yang biasanya oleh orang-orang tua kita dulu gunakan untuk  nginang  bisa mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.  Secara turun temurun, penggunaan sirih sebagai tanaman obat ( fitofarmaka ) bukan kabar baru, walaupun terkadang dalam tradisi Indonesia di sebagian daerah penggunaan sirih ada yang menggunakannya sebagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, terutama Masyarakat Kepulauan  Riau , mereka sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih, khususnya  lagi ketika ada upacara penyambutan tamu, di samping itu mereka juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.  Akan tetapi penggunaan sirih sebagai obat dari berbagai penyakit, sekarang sudah banyak yang mempraktekkan karena memang banyak manfaat dan banyak bukti yang tak terbantahkan dari penggunaan daun sirih. Walaupun