Langsung ke konten utama

13 Obat Tradisional dari Bahan Alami, Efektif Bantu Jaga Kesehatan Keluarga

Menggunakan obat tradisional dari bahan Alami sangat efektif untuk menjaga kesehatan keluarga. Karena tanaman herbal dan rempah mudah kita temukan di sekitar. Dengannya kita bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita sendiri dan keluarga kita. Kabar baiknya adalah dengan menggunakan bahan Alami nan herbal, maka hasilnya adalah kesehatan prima dan jauh dari risiko efek samping.

Kita semua tahu bahwa bangsa Indonesia kaya akan tanaman herbal dan rempah yang bisa digunakan sebagai obat untuk kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan anugerah tuhan yang berlimpah ini maka  Anda dan keluarga bisa menjalani kehidupan ini dengan bahagia karena kesehnata yang mahal harganya dapat Anda atasi dengan memanfaatkan kekayaan Alam yang ada di sekitar kita

Tanaman herbal ini sudah terbukti dan sudah lama orang tua-tua kita dahulu menggunakannya sehingga praktek nenek moyang kita dahulu disebut sebagai obat tradisional. Selain mudah didapat, menggunakan cara ini jauh dari risiko efek samping.

Masalah khasiat obat tradisional, jangan khawatir. Obat-obatan tradisional ini aman dikonsumsi atau diaplikasikan di tubuh, obat tradisional ini juga sudah terbukti ampuh dan merupakan resep andalan sejak zaman nenek moyang.

Berikut ini Kiat Jitu paparkan 13 jenis obat tradisional untuk kesehatan yang alami dan ampuh membantu mengatasi masalah Anda.

13 Obat Tradisional dari Bahan Alami, Efektif Bantu Jaga Kesehatan Keluarga
Obat Tradisional dari Bahan Alami. Gambar


13 Obat Tradisional untuk Kesehatan yang Ampuh dan Alami


1. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat efektif untuk menyembuhkan luka bakar, baik level ringan maupun level berat sebagaimana bukti dari laporan Penelitian. Selain itu, lidah buaya juga bersifat anti-inflamasi, mampu meningkatkan sirkulasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Caranya:

  • Ambil satu batang lidah buaya yang besar dan kupas kulitnya.
  • Haluskan daging lidah buaya tersebut hingga menjadi pasta atau gel.
  • Lalu oleskan gel Lidah buaya pada bagian yang terkena luka bakar.

Untuk jaga-jaga atau tindakan preventif, Anda bisa membuat gel seperti cara di atas tanpa harus menunggu ada yang terluka. Gel tersebut taruh dalam wadah dan tutup rapat, lalu simpan di lemari pendingin. 

Jika memang anda kesulitan untuk mendapatkan tanaman lidah buaya, Anda bisa membeli produk gel lidah buaya. Sekarang sudah banyak gel lidah buaya yang dijual di pasaran atau toko online seperti shopee, tokopedia, lazada dan lain sebagainya. 

Pilihlah produk lidah buaya yang kandungannya murni, tidak mengandung tambahan pewarna, pewangi, juga alkohol. Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu pada penjualnya.


2. Mentimun

Mentimun atau yang biasa disebut timun mengandung antioksidan yang fungsinya dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Pernyataan bahwa mentimun dapat mengurangi pembengkakan, menenangkan kulit yang rusak, dan merangsang aktivitas antioksidan adalah kesimpulan yang diambil dari sebuah penelitian, .

Dalam Mentimun juga kaya akan vitamin C dan asam folat. Vitamin C Pada timun dapat "membangunkan kulit" dan merangsang pertumbuhan sel baru, sedangkan asam folat dalam timun berfungsi untuk "merangsang antioksidan" yang membantu kulit melawan racun yang membuat mata bengkak atau lelah.

Caranya:

  • Siapkan mentimun yang sebelumnya sudah Anda dinginkan di lemari es.
  • Sebelum menerapkan, bersihkan wajah dan keringkan terlebih dahulu.
  • Mentimun yang dingin tersebut dan iris tipis sekitar setengah inci.
  • Ambil posisi berberbaring dan tempelkan timun pada kedua mata Anda
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Dalam waktu selama 15 menit, Anda bisa membolak-balikkan mentimun atau menggantinya dengan yang baru jika mentimun sudah terasa hangat di kelopak mata Anda.


3. Tanaman Komprei

Obat Tradisional dari Bahan Alami tanaman komprei
Bunga Tanaman Komprei

Tanaman comfrey atau komprei ini dikenal sebagai bunga padang rumput di musim panas. Penggunaan tanaman ini sebagai obat tradisional sudah berlaku sejak dahulu bahkan berabad-abad lalu. 

Tanaman Komprei terkenal untuk mengobati nyeri sendi dan otot, rheumatoid arthritis, sakit punggung, encok, luka memar dan patah tulang. 

Tanaman ini sekarang mungkin sulit ditemukan. Namun obat yang sudah berbentuk salep, atau berbentuk suplemen sudah banyak dijual di pasaran. 

Jika Anda ingin berobat dengan obat produk pabrik yang mengandung tanaman bunga komprei, hendaknya cek terlebih dahulu apakah obat atau suplemen tersebut sudah terdaftar di BPOM.


4. Oatmeal

Oatmeal adalah obat tradisional
Oatmeal

Oatmela berguna untuk meredakan bengkak dan rasa gatal karena di dalamnya terdapat senyawa khusus yaitu anti-iritasi. Begitulah Laporan hasil penelitian dari Healthline.

Caranya:

Ambil 1 sendok makan oatmel, campur dengan air panas, aduk-aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta oatmeal pada bagian yang tergigit serangga.

Diamkan selama 10 menut, lalu bilas.

Jika Anda memiliki banyak gigitan, coba mandi oatmeal sebagai gantinya. Taburkan 1 cangkir oatmeal atau oat bubuk ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Rendam tubuh Anda di dalamnya selama 20 menit. Sesekali gosokkan sebagian oatmeal yang menggumpal ke area kulit yang teriritasi.


Atau, Bunda bisa menggunakan krim anti gatal yang mengandung oatmeal koloid juga banyak dijual di pasaran.


5. Biji Rami

Biji rami sebagai obat tradisional
Biji rami

Melansir dari MedicineNet, bahwa biji rami yang memiliki nama latin flaxseed (Linum Usitatissimum) merupakan sumber serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat membantu mengatasi sembelit dan melunakkan feses.

MedicineNet menyatakan bahwa:

  • Dalam 1 sendok makan biji rami mengandung 2,8 g serat. 
  • Dalam setiap 15 ml minyak biji rami mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 7 mg. 

Dengan adanya Kandungan baik yang luar biasa tersebut, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk apapun. Baik dalam bentuk smoothie, campuran salad atau oatmeal untuk sarapan.


6. Teh Hijau

Salah Satu Obat Tradisional untuk Kesehatan yang kaya akan polifenol adalah teh hijau, polifenol adalah senyawa alami yang memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker.

Ada keunggulan pada teh hijau jika dibanding dengan teh lainnya. Yaituteh hijau mengandung katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) Untuk lebih jelasnya mengenai epigallocatechin-3-gallate (EGCG) silakan baca di sini

Fungsi dari Katekin adalah membantu mencegah kerusakan sel dan mengurangi pembentukan radikal bebas di dalam tubuh yang berperan dalam penuaan dan berbagai jenis penyakit, karena ia merupakan antioksidan alami yang luar biasa.

Sedangkan EGCG yang terdapat dalam teh hijau berkhasiat untuk mengatasi nyeri sendi dan radang artritis reumatoid.

Jadi, Dengan kandungan yang luar biasa ini, maka sangat disarankan bagi Anda untuk rutin mengonsumsi teh hijau 2 hingga 3 cangkir setiap hari.


7. Teh Blackberry

Kekurangan serat dalam makanan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit kembung, sakit perut. Studi pada tahun 2013 yang dilansir oleh Healthline mencatat bahwa kekurangan serat dapat menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Kebutuhan serat ternyata dapat dipenuhi dengan blackberry. Karena dalam satu cangkir blackberry mentah mengandung hampir 8 gram serat. 

Pada blackberry juga terdapat kandungan tanin yang banyak sehingga ini dapat berperan untuk mengencangkan selaput lendir dalam saluran usus.

Jadi, Jika Anda sedang mengalami sembelit, rutinlah mengonsumsi teh blackberry.

Caranya:

  • Rebus 1 atau dua sendok makan blackberry 
  • And juga bisa menggunakan daunnya yang sudah kering dalam 1 ½ gelas air.
  • Rebus dengan menggunakan api kecil selama 10 menit
  • Saringlah dan pisahkan dari daun atau buahnya (ambil airnya saja)
  • Anda bisa mengonsumsinya beberapa gelas dalam sehari.
Jika anda tidak mau repot, Anda tinggal beli produk teh blackberry yang sudah banyak dijual.


8. Putih Telur

Untuk masalah kecantikan, Putih telur bisa diandalkan. Baik itu untuk memutihkan kulit, atau menghaluskan kulit. Apalagi hanya masalah mengencangkan dan menghilangkan beruntusan / bruntusan pada kulit wajah.

Caranya:

  • Siapkan putih telur dari 1 butir telur 
  • Kocok hingga berbuih.
  • Oleskan ke seluruh area wajah, 
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Lalu Bilas menggunakan air bersih.


9. Susu Magnesium

Susu magnesium merupakan obat pencahar garam (hiperosmotik) yang digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar (BAB). Selain itu, susu magnesium juga juga baik untuk mengatasi sariawan.

Caranya:

  • Berkumurlah dengan air yang dicampur susu magnesium.
  • Atau, oleskan susu magnesium ke area sariawan 3-4 kali sehari.


10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah tidak diragukan lagi, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantika. Pada minyak zaitun terdapat kandungan vitamin E dan K. Fungsi dari kedua vitamin ini dapat menutrisi bibir sehingga bibir lebih lembap, cerah, dan bebas dari pecah-pecah.

Caranya:

  • Oleskan minyak zaitun setiap hari pada bibir,
  • Lakukan pengolesan pada pagi dan malam hari.
  • Atau, Anda bisa campur minyak zaitun dan gula untuk dijadikan sebagai scrub.


11. Minyak Cengkeh

Kandungan eugenol yang terdapat pada minyak cengkeh berkhasiat mengatasi rasa gatal dan memberikan sensasi menenangkan pada kulit.

Caranya:

  • Tuangkan 1 sendok makan minyak cengkeh dan campur dengan 1 sdt air.
  • Lalu oleskan ke kulit yang gatal.


12. Minyak Esensial Peppermint

Minyak esensial peppermint sangat manjur untuk mengatasi keluhan kepala yang terasa sangat tegang.  Kandungan acetaminophen dalam minyak esensial peppermint ini dapat mengurangi rasa sakit pada kepala, juga mendinginkan kulit.

Tapi, perlu diingat bahwa pengaplikasian minyak ini secara langsung ke kulit kurang baik, karena bisa menyebabkan iritasi. Untuk itu maka perlu campuran dengan minyak lain. Minyak zaitun, misalnya.

Setelah itu oleskan ke dahi dan pelipis, lalu pijat-pijat dengan lembut.


13. Minyak Esensial Lavender

Bau kaki memang tidak menyenangkan dan si empunya bisa saja dibuat malu karenanya. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan minyak esensial lavender.

Selain aromanya yang harum, sifat antibakteri yang terdapat dalam minyak esensial lavender juga ampuh membunuh kuman.

Caranya:

  • Cukup Oleskan beberapa tetes minyak lavender ke kedua kaki sebelum tidur, 
  • Berikan pijatan ringan pada kaki. 
  • Agar minyak tidak mengenai atau menempel di sprei pada waktu tidur, kenakan kaos kaki.

Nah, Itulah paparan dari 13 Obat Tradisional yang terbuat dari Bahan Alami yang pastinya mudah kita temukan di sekitar kita, namun cukup Efektif dalam membantu menjaga Kesehatan Anda dan Keluarga. Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola Mata Putih Memiliki bola mata yang putih berpadu dengan hitam sangatlah elok, selain menambah pesona diri, juga sebagai indikasi kondisi tubuh seseorang. Ketika mata anda berwarna merah atau kuning, maka penampilan akan kurang menarik. Di samping itu, mata merah atau kekuningan menjadi menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang, seperti lelah, stres, sedih, alergi, kelainan mata glaukoma, kelainan hati, ciri ciri liver rusak dan ganguan kesehatan lainnya. Kontruksi mata terdiri dari bagian bola mata berwarna putih dan bola mata berwarna hitam. Di Indonesia, hampir seluruh penduduknya memiliki bola putih dan tengah berwarna mata hitam dan coklat, selain kuda warna itu, jarang sekali dijumpai. Akan terjadi penduduk negara lain, mereka memiliki bola mata berwarna biru, coklat, kuning, hitam atau warna campuran yang lain.  Idealnya mata sehat adalah mata berwarna putih dan terlihat bersih. Jika mata merah atau kuning, maka akan merusak penampilan. Kali ini Kiat Jitu akan memberikan

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Kiat Jitu - Makan malam atau yang terkenal dengan sebutan dinner memang menyenangkan apabila aktivitasnya dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama setelah seharian beraktivitas di tempat kerja. Seharian beraktivitas di tempat kerja yang memforsir tenaga demi dan untuk menafkahi kebutuhan keluarga sehari-hari memang melelahkan. Untuk mengobati kelelahan tersebut maka makan bersama keluarga di malam hari bisa menjadi ajang rekreasi bersama.  Tapi sayangnya, ketika anda melakukan makan malam bersama keluarga, ternyata waktunya hanya beda tipis dengan waktu tidur di rumah, karena seharian anda sudah lelah di tempat kerja. Sehinga setelah anda makan, tak selang berapa lama Anda langsung tidur. Jika hal ini sering anda lakukan dan menjadi rutinitas di kehidupan keluarga anda sehari-hari, maka ada baiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.  Seorang ahli gi

26 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Tanaman Asli Indonesia yang bernama  Sirih  ini meliki corak pertumbuhan dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Siapa sangka sirih yang biasanya oleh orang-orang tua kita dulu gunakan untuk  nginang  bisa mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.  Secara turun temurun, penggunaan sirih sebagai tanaman obat ( fitofarmaka ) bukan kabar baru, walaupun terkadang dalam tradisi Indonesia di sebagian daerah penggunaan sirih ada yang menggunakannya sebagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, terutama Masyarakat Kepulauan  Riau , mereka sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih, khususnya  lagi ketika ada upacara penyambutan tamu, di samping itu mereka juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.  Akan tetapi penggunaan sirih sebagai obat dari berbagai penyakit, sekarang sudah banyak yang mempraktekkan karena memang banyak manfaat dan banyak bukti yang tak terbantahkan dari penggunaan daun sirih. Walaupun