--> Skip to main content

Ini Dia, 5 Herbal Alami Ampuh Menghilangkan Masuk Angin

Masuk angin adalah penyakit yang sering kita dengar dan temui karena memang sering menyerang siapa saja yang anti body-nya lemah. Bukankah kita sering melihat orang di samping kita mengalami hal itu? 


Menggunakan cara-cara tradisional untuk mengatasi masuk angin biasanya lebih efektif daripada pergi ke dokter. Bukannya menyepelekan Dokter, tapi penyakit ini penyakit musiman yang kalau disejajarkan dengan penyakit musiman lainnya tak jauh beda dengan pilek atau flu. 


Musim di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Walaupun begitu, masyarakat Indonesia tetap saja mudah terserang masuk angin, terlebih lagi ketika puncak musim kemarau yang terjadi pada bulan Juli-Agustus hingga menjelang bulan September, bulan tersebut akan banyak sekali yang terserang masuk angin.


Selain itu, ada pula orang yang kekebalan tubuhnya memang rentan sekali, sehingga sangat mudah terserang masuk angin, Kena hujan sedikit saja sudah sakit, berada di ruangan ber-AC langsung masuk angin, lelah sedikit langsung keok, begadang sedikit langsung K.O.


Ketika tubuh terserang masuk angin, biasanya reaksi tubuh langsung merasakan pegal, kepala pusing, tubuh jadi tidak nyaman, pengecap rasa berubah dan lain sebagainya. Kalau sudah begini, biasanya kerokan jadi solusinya.


Kerokan memang dapat meredakan bahkan menghilangkan masuk angin. Namun, mengambil solusi kerokan tidak semua orang menyukainya, karena rasanya sangat sakit dan pada akhirnya akan meninggalkan bekas pada tubuh.


Nah buat anda yang sedang masuk angin dan memang tidak suka kerokan, tahan diri dulu, jangan langsung membeli obat masuk angin, karena masih banyak bahan-bahan herbal (alami) yang bisa digunakan  untuk menyembuhkan masuk angin secara ampuh. 


Ini Dia, 5 Herbal Alami Ampuh Menghilangkan Masuk Angin
Kerokan biasanya digunakan untuk mengobati masuk angin. Sumber Gambar


Berikut beberapa Herbal Alami yang Ampuh Menghilangkan Masuk Angin


1. Bawang merah dan Bawang putih

Dalam pengobatan tradisional, kedua item ini termasuk kampiumnya obat masuk angin. Namun, ada tatacara tersendiri dalam penggunaan kedua bahan ini, karena kandungan komposisinya beda. Ada yang khusus anak-anak, ada yang khusus orang dewasa. 


Untuk anak-anak

Untuk anak-anak yang digunakan adalah bawang merah. Bawang merah dipercaya mampu mengeluarkan angin berlebihan dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan menghangatkan badan.

Caranya: 

  • lembutkan bawang merah, lalu diberi sedikit minyak wijen.
  • Kemudian ramuan ini dioleskan pada perut anak
  • Lalu tutupi dengan kain sehingga terasa hangat.


Untuk orang dewasa 

Untuk orang dewasa, menggunakan bawang putih khasiatnya lebih ampuh,  karena bawang putih mengandung senyawa alicin lebih tinggi dari pada bawang merah yang fungsinya layaknya antibiotik dan antioksidan alami. 

Caranya:

  • lembutkan bawang putih, lalu diberi minyak wijen secukupnya.
  • Lalu, langsung dikonsumsi.


2. Jahe

Khasiat Jahe bagi tubuh dapat memberikan rasa hangat dan membuat tubuh lebih rileks. Untuk mengobati masuk angin dengan bahan, anda bisa langsung membuat  wedang jahe. Tapi ada cara yang manjur dalam membuat wedang jahe. Bagaimana caranya?

Caranya:

  • Parut jahe secukupnya. 
  • Lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih.
  • Anda bisa menambahkan gula batu atau madu biar rasanya legit.
  • Untuk selera, Anda bisa pisahkan ampas jahe atau dibiarkan saja. Maka, masuk angin bisa hilang dengan cara yang lezat. 


3. Ubi Merah

Mengkonsumsi Ubi merah dapat membuang angin dalam tubuh Bahan dengan cara buang-buang gas. Sehingga bahan ini cukup ampuh dalam mengobati masuk angin. Adapun ramuan menggunakan ubi merah, Pengolahannya cukup mudah.

Caranya:

  • Siapkan ubi merah secukupnya, jahe merah secukupnya, 8 butir kapulaga, 8 butir merica, gula merah, 4 butir cengkeh, dan bubuk kayu manis seperlunya.
  • Rebus semuanya secara bersamaan 
  • Saring, dan minum airnya. 


4. Daun Pepaya

Pahit rasa yang dikandungnya, namun, Walaupun rasanya pahit, daun pepaya sangat manjur dan ampuh dalam mengatasi masuk angin.

Kandungan yang terdapat dalam daun pepaya sama seperti yang terdapat pada bawang, yaitu adanya kandungan antibiotik alami yang cukup tinggi sehingga ampuh mengatasi masuk angin. 

Caranya: 

  • Rebus 4-5 lembar daun pepaya dalam 1 liter air.
  • Cukup minum air rebusannya, beres. 

Atau 

  • Buat tumisan dari daun pepaya dan langsung konsumsi
  • Anda bisa menjadikannya sayur atau lalapan yang dimakan bersamaan dengan sambal.

Untuk rasa pahit yang dikandungnya, tahan saja, karena tidak berselang beberapa lama, masuk angin akan hilang seketika.


5. Jeruk

Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang cukup lezat, walaupun begitu, buah ini cukup manjur mengatasi masuk angin.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk dapat meningkatkan imun serta stamina tubuh.

Caranya:

  • Anda cukup makan jeruk, itu yang pertama
  • Atau anda buat perasan air jeruk dan dicampurkan dengan air hangat, lalu minum.

Jeruk yang anda konsumsi, di samping bisa meredakan serta mengobati masuk angin, jeruk juga meredakan rasa mual yang kadang datang bersamaan datangnya masuk angin. 


Itulah kelima bahan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengusir masuk angin yang datang melanda kesehatan anda. Semoga bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar