Langsung ke konten utama

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Kiat Jitu - Makan malam atau yang terkenal dengan sebutan dinner memang menyenangkan apabila aktivitasnya dilakukan ketika berkumpul bersama keluarga, karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama setelah seharian beraktivitas di tempat kerja.

Seharian beraktivitas di tempat kerja yang memforsir tenaga demi dan untuk menafkahi kebutuhan keluarga sehari-hari memang melelahkan. Untuk mengobati kelelahan tersebut maka makan bersama keluarga di malam hari bisa menjadi ajang rekreasi bersama. 

Tapi sayangnya, ketika anda melakukan makan malam bersama keluarga, ternyata waktunya hanya beda tipis dengan waktu tidur di rumah, karena seharian anda sudah lelah di tempat kerja. Sehinga setelah anda makan, tak selang berapa lama Anda langsung tidur.

Jika hal ini sering anda lakukan dan menjadi rutinitas di kehidupan keluarga anda sehari-hari, maka ada baiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. 

Seorang ahli gizi sekaligus seorang penulis buku tentang gizi, August McLaughlin, memaparkan dampak negatif bagi kesehatan anda jika anda memiliki kebiasaan makan sebelum tidur memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan.

Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur
Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur Gambar : Health detik

Di antara beberapa Dampak Negatif Makan Malam Sebelum Tidur adalah :


  • Berat badan naik dan makan terlalu banyak


Ellie Krieger seorang Penulis buku "The Food You Crave" yang juga merupakan seorang ahli diet mengatakan bahwa mengkonsumsi kalori sebelum tidur dapat menyebabkan berat badan bertambah secara drastis, berbeda halnya ketika mengkonsumsi kalori di waktu lain. Bukan hanya itu saja, ia menuturkan bahwa mengkonsumsi camilan di malam hari pun dapat meningkatkan berat badan. Jadi, mengkonsumsi makanan atau camilan di malam hari dapat meningkatkan berat badan secara drastis.


  • Perut mulas


Makan di malam hari dapat meningkatkan asam di perut, terlebih lagi jika anda berbaring setelah makan.  Kondisi semacam ini dapat membuat rasa mulas pada perut menjadi lebih parah.

Dokter Spesialis Masalah Tidur, Dr. Timothy Morgenthaler memberikan saran kepada anda yang suka makan di waktu malam hari agar sebisa mungkin anda menghindari makanan yang terbuat dari bawang putih serta makanan yang bersifat pedas. Karena kedua makanan ini bisa meningkatkan resiko perut mulas. 
Begitu juga dengan makanan yang bersifat asam dan berlemak seperti saus tomat, jus jeruk dan makanan gorengan, juga bisa meningkatkan resiko perut mulas.


  • Meningkatkan Resiko diabetes 


Jika selama ini anda biasa mengonsumsi camilan atau bahkan makanan, maka anda memiliki resiko yang tinggi untuk terkena diabetes. Hal ini karena mengkonsumsi camilan atau makan malam dapat membuat tubuh menumpuk lemak. Dengan adanya lemak yang menumpuk inilah bisa meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes 


  • Meningkatkan resiko serangan jantung


Di samping meningkatkan terkena diabetes, anda juga berisiko terkena serangan jantung, hal ini karena lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyumbat bagian pembuluh darah ke jantung, sehingga bisa menjadi pemicu terjadinya serangan jantung.


  • Komplikasi asma


The American Journal of Gastroenterology, pada tahun 2004 merilis sebuah hasil penelitian, kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa makan sebelum tidur dapat menyebabkan komplikasi pada penderita asma.

Dalam penelitian tersebut pengikutnya kurang lebih 261 responden yang memiliki asma dan 218 responden yang tidak memiliki asma. Dari jumlah responden penelitian mengenai gejala bronkial dan kebiasaan makan malam tersebut, penelitian tersebut mengumumkan bahwa 261 responden yang memiliki asma di siang hari atau malam hari cenderung mengalami gejala gastroesophageal reflux seperti sulit untuk bernapas, bengek dan batuk setelah maka malam sebelum tidur jika perbandingannya dengan mereka yang tidak makan sebelum tidur.

Dari temuan penelitian ini, Para peneliti memberikan kesimpulan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan makan sebelum tidur dapat meningkatkan resiko kesehatan yang bisa mengancam jiwa penderita asma.


  • Mempengaruhi pola dan kualitas tidur


Kualitas dan pola tidur bagi anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi camilan atau makanan berat pada malam hari menjelang tidur akan terganggu, karena anda akan sulit untuk tidur dan terjaga lebih lama. Camilan atau makanan apapun yang anda konsumsi pada saat menjelang tidur, pastinya jenis makanan tersebut mengandung kalori.

Tubuh memang membutuhkan kalori sebagai bahan bakar tubuh, akan tetapi stimulus tersebut untuk melakukan aktivitas bukan untuk tidur. Hal inilah yang membuat anda terjaga lebih lama dan lebih sulit untuk tidur, akibatnya adalah anda akan lebih sulit untuk bangun pada pagi hari.


  • Insomnia


Insomnia atau susah tidur bisa jadi semakin parah bila anda mengkonsumsi makanan atau camilan, bahkan akan bertambah parah lagi jika anda minum kafein atau alkohol menjelang tidur. Mengkonsumsi camilan dan makanan sebelum tidur serta perut dalam keadaan kosong, dua-duanya dapat menyebabkan insomnia. Jadi solusi terbaiknya adalah mengonsumsi makanan cemilan yang mengandung protein dan karbohidrat seperti susu dan sereal yang bisa memberikan efek tenang di sore hari.


  • HeartBurn


HeartBurn memang jarang terjadi pada orang yang kondisi kesehatannya normal, namun kebiasaan makan pada saat menjelang tidur dapat menimbulkan kondisi heartburn. Heartburn adalah kondisi bagian dada terasa panas dan tidak nyaman. Bagi Anda yang memiliki gejala HeartBurn, mengonsumsi makanan pada saat menjelang tidur malam akan memperparah kondisi HeartBurn, karena mengkonsumsi makanan di malam hari akan menyebabkan naiknya asam lambung ke bagian rongga dada sehingga bagian rongga dada akan terasa panas dan tidak nyaman. 

Bila anda sering merasakan gejala HeartBurn seperti yang tersebut di atas, alangkah baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat karena ada kemungkinan anda menderita Gastropageal Reflux atau GERD yang merupakan gejala lanjutan dari kondisi heartburn.

Itulah Dampak Negatif yang akan dapatkan jika anda memilih kebiasaan Makan Malam Sebelum Tidur
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Cara Memutihkan Bola Mata Secara Alami

Bola Mata Putih Memiliki bola mata yang putih berpadu dengan hitam sangatlah elok, selain menambah pesona diri, juga sebagai indikasi kondisi tubuh seseorang. Ketika mata anda berwarna merah atau kuning, maka penampilan akan kurang menarik. Di samping itu, mata merah atau kekuningan menjadi menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang, seperti lelah, stres, sedih, alergi, kelainan mata glaukoma, kelainan hati, ciri ciri liver rusak dan ganguan kesehatan lainnya. Kontruksi mata terdiri dari bagian bola mata berwarna putih dan bola mata berwarna hitam. Di Indonesia, hampir seluruh penduduknya memiliki bola putih dan tengah berwarna mata hitam dan coklat, selain kuda warna itu, jarang sekali dijumpai. Akan terjadi penduduk negara lain, mereka memiliki bola mata berwarna biru, coklat, kuning, hitam atau warna campuran yang lain.  Idealnya mata sehat adalah mata berwarna putih dan terlihat bersih. Jika mata merah atau kuning, maka akan merusak penampilan. Kali ini Kiat Jitu akan memberikan

26 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Tanaman Asli Indonesia yang bernama  Sirih  ini meliki corak pertumbuhan dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Siapa sangka sirih yang biasanya oleh orang-orang tua kita dulu gunakan untuk  nginang  bisa mengobati dan mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.  Secara turun temurun, penggunaan sirih sebagai tanaman obat ( fitofarmaka ) bukan kabar baru, walaupun terkadang dalam tradisi Indonesia di sebagian daerah penggunaan sirih ada yang menggunakannya sebagai upacara adat rumpun Melayu. Di Indonesia, terutama Masyarakat Kepulauan  Riau , mereka sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih, khususnya  lagi ketika ada upacara penyambutan tamu, di samping itu mereka juga menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit.  Akan tetapi penggunaan sirih sebagai obat dari berbagai penyakit, sekarang sudah banyak yang mempraktekkan karena memang banyak manfaat dan banyak bukti yang tak terbantahkan dari penggunaan daun sirih. Walaupun