Cara Menguras Tangki Bahan Bakar Motor

Tangki Motor


Cara Menguras Tangki Bahan Bakar Motor - Sudah menjadi risiko (kalau bahwa saya katakan begitu) ketika kita memiliki sebuah kendaraan bermotor sudah pasti kita harus selalu menjaga dan merawatnya secara rutin, agar performa motor selalu baik dan optimal, baik itu komponen yang penting maupun yang sepele.

Perawatan secara rutin ini penting sekali, karena performa kendaraan yang kita miliki bisa tatap terjaga atau tidak tergantung perawatan.

Salah satu contoh perawatan itu seperti merawat atau menguras tangki bahan bakar sepeda motor.

Tangki bahan bakar motor memegang peranan vital, artinya keberadaan tangki sangat penting bagi sebuah kendaraan, karena fungsinya sebagai penampung sumber tenaga dari kendaraan tersebut.

Apabila tangki bahan bakar bermasalah, maka performa motor pun  tidak akan stabil dan tidak akan berjalan dengan sempurna.

Keberadaan tangki, selain untuk menampung bahan bakar minyak (BBM), dalam tangki motor ini juga terdapat ruang udara, uap bensin atau bahkan ada juga benda-benda lain yang memang tidak sengaja masuk ke dalam tangki bahan bakar motor.

Semua yang ada dalam tangki motor yang meliputi bensin, udara dan uap bensin yang terdapat pada tangki akan menjadi embun yang lama-kelamaan embun ini lah yang nantinya akan menjadi kerak dan dapat mengakibatkan karat ataupun korosi pada tangki bahan bakar motor yang anda miliki.

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menguras tangki bahan bakar.

Btw, tahu kah anda bagaimana cara menguras tangki?

Oke, kalau anda masih ragu dan belum begitu mengetahui caranya, simak Kiat Jitu kali ini. Kait Jitu akan memberikan sebuah tutorial dan informasi penting untuk anda ketahui terkait Menguras Tangki Bahan Bakar Motor

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak kiat-kiat di bawah ini.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar Motor Dengan Baik dan Benar :


1.  Sebelum anda melakukan langkah-langkah menguras tangki, terlebih dulu alat-alat yang dibutuhkan, seperti, kunci nomor 10 dan 12, obeng min (-), tempat atau wadah untuk menampung bensin, bisa ember, drigen atau apapun yang bisa untuk menampung bensin

2. Jika sudah, sekarang, silahkan anda buka atau lepas semua cover body motor anda termasuk jok. lalu buka juga baut tangki. Lepaskan satu demi satu.

3. Setelah itu, lepaskan jarum pelampung menggunakan obeng min (-). Kemudian, arahkan obeng min tersebut ke bagian tangki yang menonjol sedikit, lalu ketok secara perlahan hingga bergesar.

4. Selanjutnya, silahkan anda lepaskan selang penghubungkan tangki motor dengan filter bahan bakar.

5. Next, angkat tangki motor tersebut, lalu tuangkan semua bensin yang ada di dalam tangki pada tempat atau wadah penampungan bensin, tuangkan hingga habis dan tak tersisia.

6. Selanjutnya, bersihkan dengan alat kompresor, jika diujungnya terjadi mampet silahkan tusuk dengan kabel tembaga.

7. Untuk membersihkan bagian dalam tangki, silahkan tuang sedikit bensin ke dalam tangki dan masukan juga kelereng ke dalamnya. Kemudian, silahkan kocok tangki bensin tersebut sampai air besin keruh. Lakukan secara berulang-ulang sampai air bensin jernih. Apabila sudah jernih, silahkan keluarkan semuanya. Jika memang terdapat karat, silahkan bersihkan memakai sikat gigi.

8. Jika semuanya sudah di bersihkan, silahkan anda jemur dan keringkan tangki bensin tersebut hingga benar-benar kering.

10. Bila tangki sudah kering, anda bisa memasang kembali tangki bensin tersebut ke motor anda, kemudian isi kembali dengan bensin yang tadi di tuang ke wadah ember.

Selesai

Nah, itulah tips mengenai Cara Menguras Tangki Bahan Bakar Motor Dengan Benar yang bisa kiat jitu uraikan. Semoga apa yang telah Kiat Jitu sampaikan ini bisa menambah pengetahuan dan informasi bagi serta bisa menginspirasi anda, sehingga ketika anda ingin memperbaiki atau menguras tangki bahan bakar pada motor kesayangan anda, anda tak perlu mencari informasi baru lagi.

Semoga bermanfaat. Terima kasih

Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments