Sandal Berbekas Injakan Sandal Lain

Berbekas Terinjak Sandal Lain

Sandal Berbekas Injakan Sandal Lain - Aktivitas seorang santri sudah seperti hari-hari biasanya, yaitu Mengaji, sekolah, Berjamaah di masjid dan lain-lainnya.  Kebanyakan atau seringkali ketika turun dari mengaji atau sholat berjamaah sering kali mendapatkan atau menemukan sandal yang dipakainya bertumpang tindih dengan sandal lain, atau kadangkala sering menemukan sandalnya seperti ada bekas bercak injakan sandal lain yang kadang kala basah, kadang pula kering.

Biasanya para santri tidak begitu menghiraukan akan hal tersebut, mereka langsung saja memakai sandalnya tersebut dan langsung menuju ke kamar tanpa membasuk kakinya terlebih dahulu.

a. Apakah sandal tersebut bisa dihukumi suci?
b. Jika dihukumi tidak suci, lalu apa solusinya?

Jawab

a. Sandal tersebut dihukumi suci. Selama tidak diyakini basahnya sebab sesuatu yang najis.[*]

b. Jawaban Gugur


Referensi

[*] Fathul Muin. juz 1, hal 104

قاعدة مهمة وهي ان ما اصله الطهارة وغلب علي الظن تنجسه لغلبة النجاسة في مثله فيه قولان معروفان بقولي الاصل والظاهر او الغالب ارجحها أنه طاهر عملا بالاصل المتيقن لانه أضبط من الغالب المختلف بالأحوال والأزمان


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments