Manfaat Minum Air Rebusan Daun Mangga

Manfaat Daun Mangga

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Mangga - Buah mangga biasanya hadir pada bulan juni-februari, sudah pasti banyak orang menunggunya setelah beberapa bulan menahan rindu. Tapi, untuk daun mangga, selalu ada setiap saat tanpa harus ada buah. Betul apa benar?

Daun mangga selama ini banyak yang mengabaikan, karena dianggap tak ada manfaatnya. Padahal daun mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Hanya saja kita harus merebusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaatnya. Rebusan daun mangga  dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Orang-orang dahulu menggunakan daun mangga sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuhnya. Mereka menyajikan daun mangga dengan cara dijemur terlebih dahulu kemudian disedu seperti daun teh.

K. A. Shah, M. B. Patel, R. J. Patel, dan P. K. Parmar Memberikan laporan hasil penelitian bahwa "daun mangga bisa menjadi antioksidan, anti-virus, anti diabetes  dan anti bengkak" seperti dikutip dalam Southern Living tahun 2010.

Pada kesempatan yang lain juga disebutkan bahwa daun mangga juga dapat membantu memperkecil resiko diabetes dan menurunkan tekanan darah.


Mungkin Anda bertanya, daun mangga apa saja karena macam-macam mangga di Indonesia sangat banyak sekali?

Daun mangga apa saja boleh. Asal jangan salah baca M jadi T. :D

So, Apa saja manfaat dari Air rebusan daun mangga?


Berikut ini Kiat Jitu paparkan beberapa manfaat air rebusan daun mangga.

5 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Mangga


1. Mengontrol diabetes

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun mangga seperti pektin, serat, dan vitamin C dan lain sebagainya, Nutrisi inilah yang akan mengontrol dan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, dengan rutin mengkonsumi rebusan daun mangga, insulin dalam tubuh akan meningkat, distribusi glukosa jadi lancar dan hal ini akan mengakibatkan gula darah dalam tubuh stabil.

Caranya adalah rebus 15 lembar daun mangga segar dengan 100-150 ml air. Setelah itu diamkan air rebusan  semalaman (jangan di taruh dalam kulkas) dan minum sebelum sarapan.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Sesak nafas, asma, bronkitis adalah penyakit pernafasan yang disebabkan karena udara yang kita hirup kualitasnya tidak memadai bagi kebutuhan tubuh kita, hal ini bisa disebabkan karena debu, kotoran, asap kendaraan dan rokok.

Untuk mengatasi masalah pernafasan seperti di atas, solusi terbaik bagi Anda adalah rutin mengonsumsi air rebusan daun mangga.

3. Mengatasi batuk dan demam

Ketika musim hujan dan pancaroba datang, Batuk, flu dan demam menjadi penyakit langganan yang kerapkali menyerang. Penyakit musiman ini kerap kali menyerang Kebanyakan orang, bahkan penyakit ini kerapkali bersatu padu.

Akhirnya banyak orang pergi ke dokter untuk memeriksakan penyakit ini, dan sudah pasti banyak obat berbahan kimia yang diberikan. Tumpukan zat kimia dalam tubuh akan memberikan dampak negatif pada tubuh. Untuk mengurangi zat-zat kimia ini, anda perlu cara alami, yaitu dengan menggunakan daun mangga. Caranya cukup minum air rebusan daun mangga.

Di samping itu, meminum rebusan daun mangga ini bisa menyembuhkan penyakit di atas yang sudah menjadi langganan musiman.

4. Obat kumur

Bau mulut tidak sedap, sudah pasti dapat nengurangi rasa percaya diri dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Oleh karena itu, penting bagi anda menjaga kesehatan terkait bau mulut yang tidak sedap.

Tapi sekarang anda Tak perlu khawatir lagi, karena anda bisa menghilangkan bau mulut hanya dengan daun mangga. Karena daun mangga bisa dijadikan pencuci mulut alias mouthwash.

Daun mangga mirip dengan daun sirih, keduanya mengandung tannin. Kandungan inilah yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut tidak sedap. Anda cukup rebus daun mangga yang sudah tua hingga air rebusan berwarna kekuningan. Air rebusan ini anda gunakan untuk berkumur, karena manfaatnya dapat menjaga kesehatan mulut anda.

5. Mengobati disentri

Disentri memang mirip dengan diare. Keduanya membuat orang BAB dalam tekstur cair. Tapi bedanya, biasanya disentri disertai dengan darah.

Untuk mengobati disentri, Anda ambil dan keringkan daun mangga di bawah sinar matahari, kemudian rebus (buat semacam teh, tapi kalau yang ini menggunakan media daun mangga). Lalu, Anda tinggal meminum air rebusan daun mangga. Minum secara teratur hingga penyakitnya sembuh.

Mungkin Cukup Sekian dulu dari Kiat Jitu mengenai "Manfaat Minum Air Rebusan Daun Mangga", Semoga bermanfaat

Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments