Rambut Putih Di Usia Muda? Kenapa bisa begitu? Apa Penyebabnya?

Kiat Jitu - Rambut memutih (uban) termasuk salah satu tanda-tanda penuaan,  meskipun ada aja yang mengatakan bahwa dengan memiliki rambut putih maka akan terlihat semakin bijaksana dan dewasa.

Namanya juga pendapat, sah-sah saja.

Akan tetapi rambut memutih (uban) akan menjadi sesuatu yang kurang Elok dipandang, bahkan dapat menghebohkan orang yang selevel, apabila rambut putih (uban) tersebut terdapat pada seseorang yang masih beranjak dewasa.

So, Apakah ketika rambut memutih yang terjadi pada seseorang yang masih muda juga dikatakan tanda penuaan?

Lalu, apakah hal ini bisa diatasi, Agar rambut kembali lagi menjadi hitam seperti sedia kala?

Rambut memutih Di usia dini, bisa menimpa siapa saja, baik pria maupun wanita, tanpa terkecuali. Akan tetapi lebih banyak pria yang mengalami rambut memutih di usia dini. Walaupun yang menimpa wanita tidak sedikit juga sih. hehehe

Ketika Anda membiarkan rambut yang sudah mulai memutih tersebut dan tidak segera melakukan tindakan preventif, maka rambut memutih tersebut makin hari makin bertambah banyak.

Perlu dicatat bahwa hal-hal yang menyebabkan terjadinya rambut memutih (uban) pada seseorang bukan bukan hanya karena masalah penuaan, atau tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, rambut memutih bisa juga terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang cukup pada tubuh, atau sedang mengalami penyakit kronis tertentu, atau tubuh sering mengalami tekanan yang besar dan bisa juga karena faktor genetik.


Berikut ini merupakan Penyebab Uban Muncul Terlalu Cepat (Rambut Putih Di Usia Muda), diantaranya :


1. Penyebab Rambut Putih Di Usia Muda Adalah Gizi Buruk


Bisa jadi, penyebab rambut putih di usia muda adalah gizi yang buruk. Karena asupan gizi yang kurang memadai, maka uban lebih cepat muncul dari waktu yang bukan seharusnya. Asupan makanan yang dikonsumsi apabila tidak memenuhi atau kurang memenuhi asupan gizi yang diperlukan tubuh, maka hal ini akan menyebabkan tumbuhnya uban meski usianya masih muda.

Terpenuhinya kebutuhan gizi pada tubuh memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas fisik. Ketika asupan gizi tidak bisa memenuhi kuota yang dibutuhkan oleh tubuh hal yang pertama akan muncul di permukaan adalah perubahan warna rambut yang awalnya hitam menjadi kemerahan, rambut terlihat kusut dan terlihat tidak sehat.

Rambut terlihat kusut  dan berwarna kemerahan, Ini sudah merupakan gejala awal sebelum timbulnya uban. Ketika kondisi rambut yang sudah agak memerah dan terlihat kusut tidak segera ditangani dengan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka makin lama kondisi ini akan membawa pada timbulnya uban walaupun usianya masih muda.

Di sisi lain, ada  faktor lain yang dapat membuat  rambut memutih  di usia yang muda walaupun setiap harinya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, faktor tersebut adalah terganggunya saluran pencernaan. misalnya seperti lambung yang mengalami luka, maag dan lain sebagainya, sehingga asupan gizi yang terdapat pada makanan kitab dicerna secara sempurna, sehingga gizi yang masuk akan terbuang sia-sia dan tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.


2. Stres

Waspadalah pada kondisi ini, karena meskipun asupan makanan yang anda konsumsi penuh dengan gizi yang memadai, akan tetapi kondisi jiwa Anda mengalami stres, maka asupan gizi yang anda konsumsi akan terbuang sia-sia dan tidak memberikan Efek apapun terhadap tubuh anda.

Stres Bisa saja terjadi kapan saja Dan di mana saja. Oleh sebab itu kondisikan dan kendalikan pikiran dan jiwa anda, jangan sampai mengalami hal ini. Jika anda sedang stres, maka tanpa Anda sadari stres yang anda alami akan memberikan tekanan yang hebat pada tubuh dan pikiran Anda.

Dr. Wirda, Seorang spesialis kulit dan kelamin di RS Mitra Keluarga Jakarta, mengatakan bahwa stres bisa membuat produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut menjadi tidak lancar.

Melanin berasal dari Sel melanosit. Apabila terjadi perubahan pada warna rambut, yang asalnya hitam menjadi putih, maka hal ini biasanya dikarenakan melanosit dalam tubuh tidak produktif, sehingga ia tidak menghasilkan melanin dalam jumlah yang cukup.

Melanin yang tidak lancar akibat Adanya stress memang tidak berlangsung lama, artinya begitu hati dan fikiran sudah tenang dan reda, produksi melanin kembali normal. Tapi apapun itu, hal itu tetap memberikan pengaruh (walaupun kecil) pada rambut.

Ada tips dari Dr. Wirda untuk mengatasi tumbuhnya rambut uban yang belum waktunya, yaitu dengan mengatur keseimbangan kerja dan istirahat, dengan demikian stres bisa diatasi dengan baik.

Adapun untuk menghambat laju pertumbuhan uban di kepala, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12.

Bahkan Diana Bihova, seorang Pakar kesehatan dari Medical Centre Universitas New York, mengatakan bahwa stres yang berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12.

Kondisi tumbuhnya uban yang terjadi secara cepat dan tidak terkontrol bisa disebabkan oleh terkurasnya vitamin B12 dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk menanggulangi hal tersebut tidak terjadi, maka biasakan diri anda selalu berpikir positif, sering tertawa (tapi jangan sendirian ya, minimal ada 1 teman di sampingmu) serta memanajemen stres.

3. Faktor Keturunan

Faktor penyebab lain dari munculnya Rambut Putih (uban) Di Usia Muda bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan yang berasal dari orang tua (genetik).

Faktor genetik adalah simpanan data tubuh mengenai rambut putih dalam kromosom yang diwariskan dari orang tua ke anak.

Artinya seseorang yang pada masa mudanya pernah mengalami masalah rambut putih (uban), maka ketika dirinya memiliki anak, masalah tersebut diwariskan kepada anaknya.

4. Faktor Lainnya

Faktor lain yang bisa menyebabkan rambut putih di usia muda  adalah faktor kelainan hormon, efek sinar X, mengalami gangguan fungsi ginjal ataupun memiliki masalah pada imunitas tubuh.

Masalah Rambut putih (uban) pada saat ini bukan hanya menjadi topik bagi orang-orang tua saja, tetapi juga pada anak muda atau pun remaja yang memiliki gaya hidup tertentu, yang pada akhirnya bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan rambut di kepalanya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk senantiasa menjaga kesehatan, termasuk juga menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan tumbuhnya
Rambut Putih (uban) di kepala.

Oke Sob mungkin Cukup Sekian dulu ulasan dari Kiat Jitu mengenai rambut putih di usia muda, semoga bermanfaat
Berobat adalah sebuah bentuk ikhtiar dari seorang hamba untuk sembuh yang pada hakekatnya yang menyembuhkan adalah Allah, bukan obat itu sendiri. Akan tetapi berobat adalah perintah dari Allah, dan menjalankan perintah termasuk bentuk ketaatan yang dikategorikan ibadah.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments