TIPS MENULIS CERITA FIKSI UNTUK PEMULA

Fiksi : Berikut Tipsnya untuk Pemula


Hai sobat kiat Jitu, kali ini kiat jitu akan  mengulas Tips Menulis Fiksi untuk Pemula. Yang namanya menulis, hampir 98% penduduk dunia bisa menulis, tapi untuk menulis alur cerita fiksi, tidak semua orang bisa. Tapi bukan Mustahil, karena bisa dipelajari.

Siapapun yang berkata bahwa menulis fiksi tidak bisa dipelajari, jangan dipercaya, ucapannya tersebut nonsens.

Inspirasi memang berasal dari intuisi, dan ini memang tidak bisa dipelajari, tetapi teknik menulis, tentu bisa dipelajari. Teknik menulis tak ubahnya sebuah keterampilan. Sudah pasti dibutuhkan keahlian, tak ubahnya keterampilan "katakanlah menjahit menggambar, memasak dan lain sebagainya"

Dalam teknik menjahit, ada berapa orang yang keahliannya melebihi yang lain, sudah menjadi sifat bawaan yang alami dalam mendesain style yang pas dan sepadan dengan tipikal orang yang memakainya.

Namun, di dunia ini bukan dia satu-satunya orang yang punya kelebihan itu, bukan satu-satunya yang bisa membuat style fashion yang menarik, banyak yang lainnya yang bahkan mode fashionnya lebih indah dan menarik.

Sama halnya dengan menulis. Semua orang bisa semua orang bisa menulis, merangkai kata, bahkan membuat kata-kata indah nan terstruktur. Bahkan, ada pula yang bisa membuat cerita dengan tulisan.

Bagaimana pendapat anda kalau memasak, menjahit bisa di pelajari? Bukankah menulis juga bisa?


Ok. Fix...
Bagian kalian memang ingin bisa menulis, baik itu menulis cerita, atau menulis fiksi atau menulis apapun dengan hasil lebih baik, simak tips berikut ini:


Menulis Bebas


Teknik menulis semacam ini adalah cara termudah, Anda tinggal Menulis saja apa yang ada dipikiran anda. Teknik ini cara termudah untuk tenggelam dalam kata-kata. Teknik ini disebut freewriting.

Biasanya penulis berpengalaman sering menulis freewriting, mereka lakukan itu ketika mereka sedang mengalami writer’s block.

Bahkan ada beberapa orang yang merasa lebih nyaman apabila dirinya menulis tanpa terstruktur. Akan tetapi saran dari kiat jitu adalah jangan tiru mereka Kalau anda bukan bagian dari orang yang seperti itu. Oleh karena itu langkah yang sebaiknya Anda ambil adalah mulailah dengan menyusun outline untuk cerita Anda.


Mulai dari Cerpen


Banyak penulis fiksi memulai dan mengasah keahliannya dari menulis cerita pendek. Pada awalnya mereka menulis lembaran-lembaran prosa pendek, lalu mereka kembangkan hingga menjadi prosa yang lebih panjang. Awalnya serial cerita pendek, lalu kemudian meningkat ke cerita bersambung, novella, dan bahkan novel.

Penting untuk diperhatikan, sebelum anda memulai, pahami dulu aturan dasarnya. Walau menulis bisa dibuat sederhana, tetapi ada aturan main yang harus dipenuhi dalam menulis fiksi. Aturan mainnya seperti tokoh, alur, latar, sudut pandang, sisi moralitas dan aturan main lainnya.


Karakter


Dalam menulis fiksi, yang perlu anda pahami betul adalah karakter Anda sendiri. Deskripsikan postur bodynya, tabiatnya, sikapnya, sifatnya, apa yang disuka dan apa yang dibenci, pendidikannya, keluarganya, pekerjaannya, kelebihan dan kekurangannya dan lain sebagainya.


Setting atau Latar


Latar cerita adalah salah satu elemen terpenting dalam alur cerita. Karena semua situasi gambaran cerita anda ditentukan oleh latar Latar. Bagi anda yang masih pemula, mungkin untuk item ini akan sedikit abstrak. Namanya juga pemula, tapi seiring berjalannya waktu, anda akan bisa dan menguasai "jika anda rajin berlatih"


Sudut Pandang dan Dialog


Untuk yang satu ini posisikan diri anda menjadi dua sisi. Kadang satu sisi saling bersinggungan, kadang beriringan.
Dalam menulis cerita fiksi, Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan bercerita? Lewat sudut pandang (POV) orang pertama, orang ketiga? Ini penting sekali, karena Hal ini akan memberikan dampak pada alur cerita, dan sebagai pembeda dari keseluruhan cerita.

Mungkin, cukup sekian dulu ulasan Kiat Jitu mengenai Tips Menulis Fiksi Untuk Pemula, semoga Bermanfaat.

Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments