Kalau ada Tulisan yang salah, tolong beritahu Kami

Diet Secara Alami dan Sehat Dengan Jahe

Jahe adalah Teman Diet Sejati

Diet Secara Alami dan Sehat Dengan Jahe - memiliki tubuh yang ramping dan mempesona serta menarik adalah idaman para kaum hawa. Karena hal tersebut, banyak kaum wanita memaksa dirinya untuk berdiet dengan cara super ketat sehingga terasa menyiksa dirinya.

Jahe adalah jawabannya bagi kaum hawa yang mengidam-idamkan tubuh langsing alias diet. Oleh sebab itu tak salah kiranya Ketika anda memasukkan jahe ke dalam menu diet Anda

Bagi anda yang sedang diet, Musuh terbesar anda adalah makanan yang manis (mungkin juga janji-janji manis). Ketika anda menginginkan makanan yang manis, anda akan bingung dan selalu bertanya-tanya bagaimama caranya. Tapi sekarang, anda tak perlu khawatir, Anda bisa mengganti gula dalam makanan dengan jahe.

Cara menggunakan jahe sebagai ganti gula, sebelum anda mencampurkannya ke dalam masakan, bisa anda lakukan dengan ditumbuk, diparut atau dibakar terlebih dahulu. Hidangan yang anda campuri dengan jahe akan memiliki aroma yang kuat, sedikit agak pedas dan ada sedikit rasa manisnya.

Kalau anda tertarik untuk menambahkan jahe ke dalam menu hidangan masakan anda, yang sudah pasti bermanfaat untuk kesehatan dan diet anda, Berikut ini kami paparkan cara dan manfaat yang akan anda peroleh. Silahkan Anda praktekkan.


  1. Minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari akan membantu memperlancar sistem pencernaan Anda.
  2. Mengunyah irisan jahe beberapa menit sebelum makan, (Jika Anda tidak suka mengunyah mentah-mentah jahe, sebagai alternatif Anda bisa mencampurkan sedikit madu atau garam). Kemudian, makanlah irisan jahe tersebut sebelum makan. Hal ini akan membuat sistem pencernaan anda menjadi lancar.
  3. Memakan sejumput kecil jahe sebelum makan, bisa menurunkan nafsu makan Anda sehingga tidak membuat Anda makan terlalu banyak.
  4. Minum dua sampai tiga kali sehari perasan jahe yang sudah dicampur madu secukupnya, hal ini akan meningkatkan metabolisme  dan akan membantu menurunkan berat badan anda, termasuk lemak di tubuh Anda.


Perlu diingat, bahwa olahraga yang teratur dan rutin serta memberi asupan makanan yang sehat pada tubuh adalah cara terbaik untuk membakar lemak guna menurunkan berat badan.

Lalu minuman kesehatan dari jahe, bagaimana untuk membuatnya?

Untuk memperoleh manfaat jahe secara optimal, ada baiknya anda memilih jahe yang segar.


Cara yang bisa anda lakukan untuk membuat air jahe adalah sebagai berikut:

  1. Rebus 4 gelas air
  2. Parut 1,5 sendok teh jahe segar
  3. Masukkan parutan jahe ke dalam air yang direbus
  4. Kemudian biarkan jahe mengendap selama sekitar 5-10 menit supaya jahenya meresap
  5. Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe

Ramuan jahe di atas bisa diminum dalam keadaan panas maupun dingin.

Bila rasa pedasnya jahe terlalu kuat, Anda bisa tambahkan perasan air lemon.

Mengapa harus air lemon?

Karena lemon dipercaya dapat membantu meningkatkan kinerja metabolisme tubuh, jadi sangat cocok sekali digunakan sebagai paduan campuran dengan jahe untuk menurunkan berat badan.

Jadi, Semakin cepat kinerja metabolisme tubuh Anda, semakin cepat pula anda langsing, karena kecepatan kinerja metabolisme tubuh, akan mempercepat pembakaran simpanan lemak dalam tubuh.

Disamping itu, sifat diuretik alami yang terdapat pada lemon bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan yang menjadi pemicu sembelit.

Logikanya begini, semakin banyak sisa makanan yang mengeras yang menumpuk dalam usus anda, maka potensinya akan lebih besar membuat bobot tubuh anda bertambah.

Pendapat lain mengatakan bahwa lemon merupakan makanan rendah kalori, sehingga mengkonsumsi lemon tidak akan memicu kenaikan berat badan, bahkan dengan adanya sifat asam, justru membantu meredam rasa lapar. Sama halnya dengan jahe.

The Journal of Nutrition di British memberikan laporan bahwa jahe mampu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, jahe juga dapat membakar lemak tubuh, sehingga hal ini dapat mengurangi nafsu makan.

Dr. Len Kravitz dalam Jurnalnya, the Biological and Pharmaceutical menyatakan bahwa jahe dapat menekan produksi hormon kortisol.

Efek samping minum air jahe

Dalam jahe terdapat manfaat yang banyak bagi tubuh anda. Akan tetapi apabila anda  mengkonsumsi jahe dalam jumlah yang tak terkontrol (berlebihan), maka jahe akan memberikan efek negatif pada anda.

Pada dasarnya mengkonsumsi jahe aman-aman saja. Namun jika anda berlebihan di dalam mengkonsumsi jahe, bisa jadi perut anak kembung, sakit perut, perut terasa panas, bahkan bisa menyebabkan Anda mules dan diare.

Anjuran terbaik adalah "anda tidak diperkenankan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari".

Hindari mengkonsumsi jahe dalam bentuk apapun jika Anda sedang minum obat pengencer darah. Karena dikhawatirkan menimbulkan interaksi berbahaya pada diri anda. Maka solusi terbaik bagi Anda adalah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum air jahe.

Begitu juga halnya bagi ibu hamil. Mengkonsumsi jahe memang tidak membahayakan, apalagi meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, tidak. Tapi alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi  terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi jahe saat hamil.

Mungkin cukup sekian dulu pemaparan Diet Secara Alami dan Sehat Dengan Jahe. Semoga diet anda sukses. Salam Kiat Jitu

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP