Aurat Terlihat ketika Sujud, Batalkah Sholatnya?

Solat Terlihat Auratnya


Aurat Terlihat ketika Sujud, Batalkah Sholatnya - Kalau kita sedang melaksanakan sholat, salah satu syarat sahnya sholat adalah menutup aurat. Jika aurat terlihat dari bawah, maka hal itu tidak menjadi masalah. Namun jika dari arah samping maka batal sholat nya.

Pertanyaan:
Bagaimana hukum sholat orang (lelaki) yang pakai sarung namun tidak pakai rangkapan celana. Sehingga saat sujud. Paha terlihat dari arah belakang. Apa hal tersebut membuat sholatnya menjadi batal?

Jawaban:
Aurat yang terlihat dari belakang ketika sedang melaksanakan sujud tidaklah membatalkan sholat.[*] Sehingga apabila dalam keadaan sujud bagian paha atau lututnya terlihat oleh orang lain karena tidak menggunakan rangkapan celana maka sholatnya tetap sah.

Referensi

[*] I'anatut tholib 'ala hilli alfadzi fathil mu'in, juz 1, hal 113
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين - ج ١ / ص ١١٣

ويجب الستر من الأعلى والجوانب لا من الأسفل
قوله لا من الأسفل - أي فلو رؤيت من ذيله كأن كان بعلو والرائي بسفل لم يضر أو رؤيت حال سجوده فكذلك لا يضر كما في حجر

Lihat juga, Bughyatul Mustarsyidin, lis sayyif Ba'lawy al-hadromy, juz 1, hal 80
بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي - ج ١ / ص ٨٠

مسألة : ي : قولهم : يشترط الستر من أعلاه وجوانبه لا من أسفله الضمير فيها عائد إما على الساتر أو المصلي ، والمراد بأعلاه على كلا المعنيين في حق الرجل السرة ومحاذيها ، وبأسفله الركبتان ومحاذيهما ، وبجوانبه ما بين ذلك ، وفي حق المرأة بأعلاه ما فوق رأسها ومنكبيها وسائر جوانب وجهها ، وبأسفله ما تحت قدميها ، وبجوانبه ما بين ذلك

Lihat juga, Fatawa Ibni Hajar, Juz 2, hal 245
فتاوي إبن حجر - ج ٢ / ص ٢٤٥

وصرحوا أيضا بأن رؤية العورة من الأسفل لا تضر ؛ حتى قالوا : لو وقف على سطح ، والناس يمرون من تحته وينظرون إلى عورته صحت صلاته ، وخالفهم الإمام فاختار بطلانها
قال : لأنه منهتك لا مستتر ، إذا تقرر ذلك علم أنه لو فرض انكشاف شيء من عوراتهم في سجودهم - كان غير ضار ؛ إما لأنه انكشف وردوه فورا ؛ وإما لكونه انكشافا من الأسفل ، وهو لا يضر مطلقا

Lihat juga, Al-majmu syarah al-Muhaddzab, juz 3, hal 177
المجموع شرح المهذب - ج ٣ / ص ١٧٧

قَالَ أَصْحَابُنَا : وَيُشْتَرَطُ سَتْرُ الْعَوْرَةِ مِنْ أَعْلَى وَمِنْ الْجَوَانِبِ ، وَلَا يُشْتَرَطُ مِنْ أَسْفَلِ الذَّيْلِ وَالْإِزَارِ حَتَّى لَوْ كَانَ عَلَيْهِ ثَوْبٌ مُتَّسِعُ الذَّيْلِ فَصَلَّى عَلَى طَرَفِ سَطْحٍ وَرَأَى عَوْرَتَهُ مَنْ يَنْظُرُ إلَيْهِ مِنْ أَسْفَلَ صَحَّتْ صَلَاتُهُ ، كَذَا قَالَهُ الْأَصْحَابُ كُلُّهُمْ إلَّا إمَامَ الْحَرَمَيْنِ وَالشَّاشِيَّ.
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments