Qana'ah Kunci Hidup Sukses Meraih Kebahagiaan

Qana'ah (dalam literatur lain di tulis dengan kalimat Qona'ah) adalah salah satu kunci atau tangga yang dibuat sebagai perantara yang dapat menjembatani kita untuk selalu bersyukur atas segala anugerah dan nikmat yang telah diamanahkan kepada kita sehingga kita bisa merasakan ketenangan dan kebahagiaan hidup guna meningkatkan ketakwaan dan kedekatan serta kecintaan kita kepada Dzat yang Maha Mutlaq, yang maha Suci dan maha Azali.

Qana'ah adalah merasa cukup dengan pemberian Alla SWT (Nerimo ing Pandhum), tidak ada rasa ambisius, tamak, panjang angan-angan terhadap apa-apa yang ada di tangan manusia lain. Hal ini dapat mempermudah seseorang mendapatkan ketenangan ketentraman dan kesejahteraan di dalam segala aspek kehidupan.

Dengan adanya sifat Qana'ah dalam hati kita, maka tidak akan pernah terbesit dalam hati gejolak hawa nafsu, iri hati, hasut, dengki ketika melihat apa yang telah dan akan diperoleh orang lain, dan tidak rakus di dalam mencari harta benda, apalagi sampai dengan menghalalkan segala cara.
Semua pekerti di atas akan melahirkan rasa puas dan ridho atas apa yang Allah SWT berikan kepada kita.

Memiliki sifat Qana'an dengan hal-hal yang berbau duniawi adalah sangat terpuji sekali dan alangkah baiknya apabila sifat Qana'ah ini dimiliki oleh semua orang, baik orang kaya maupun miskin. Karena orang yang qana'ah itulah yang akan mengantarkan seseorang menuju puncak kebahagiaan.

Sebagaimana penjelasan hadits berikut :

عَنْ عَبْدِالله بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُولَ الله صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ، وَرُزِقَ كَفَافاً، وَقَنَّعَهُ اللهُ بِمَا آتَاهُ. مُسْلِمٌ

Dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash radhiallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam Bersabda : "Sungguh beruntung (bahagia) orang yang beragama islam, rezekinya cukup, dan Allah memberinya rasa cukup (qana’ah) dengan apa yang diberikan Allah padanya."
(Hadits riwayat Al - imam Muslim)
                             
Dengan memiliki sifat Qana'ah dalam hati, bukan hanya kebahagiaan yang akan kita dapat dalam kehidupan ini, tapi juga jiwa dan hati kita akan menjadi bersih.

Seperti apakah Jiwa dan hati yang bersih itu?
Jiwa dan hati bersih itu seperti Ketika dihati kita "tidak membenci" siapapun, tidak menyimpan rencana-rencana buruk pada orang lain walaupun hanya sekedar berprasangka buruk (su'ud dzon), berkata yang jelek, apalagi sampai berperilaku jelek.

Lalu, siapakah yang bisa mendapatkan hati yang bersih?

Siapa saja orangnya, ia berpotensi mendapatkan hati yang bersih, dengan catatan, dia yang setiap saatnya selalu mengawasi, mencurigai dan mencela hawa nafsunya sendiri, selalu memandang keutamaan orang lain dari pada dirinya sendiri, merasakan orang lain jauh lebih Baik dan lebih mulia dari pada Dirinya sendiri.

Semoga kita semua selalu mendapat Bimbingan dan petunjuk Dari DZAT SANG MAHA PENCIPTA dalam setiap saat, dimanapun kita berada dan dalam keadaan bagaimanapun kita semua.
                             
هداناالله وإياكم أمين
إياك نعبد وإياك نستعين اهدناالصراط المستقيم

https://www.kiatjitu.com/2019/06/qanaah.html

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar