Cara Mencegah Penyakit Turunan Dari Orang Tua

Salah satu faktor resiko penyakit diabetes darah tinggi dan juga kanker adalah faktor genetik (keturunan). Secara sederhana, yang disebut dengan faktor resiko adalah suatu faktor yang meningkatkan resiko seseorang mengidap penyakit tertentu. Perlu diperhatikan bahwa faktor risiko BUKANLAH Penyebab langsung timbulnya penyakit.

Dengan demikian, yang diturunkan adalah faktor risiko genetiknya, bukan penyakitnya secara langsung. Faktor risiko genetik biasanya merupakan suatu variasi atau mutasi urutan DNA yang berbeda-beda antara etnisitas satu dan yang lainnya dan antara penyakit satu dan yang lainnya.
Jika seseorang memiliki faktor risiko genetik untuk penyakit tertentu, maka ia memiliki kerentanan lebih tinggi dibanding orang lain untuk menderita penyakit tersebut.

Faktor risiko genetik tidak dapat diubah (setidaknya untuk saat ini). Namun, faktor risiko genetik hanya satu dari berbagai faktor resiko lain, seperti lingkungan dan pola hidup. Secara umum, penting untuk dipahami bahwa penyakit-penyakit tersebut dapat dikendalikan dan dicegah. Kunci untuk melakukan keduanya adalah mengelola dan mengendalikan faktor risiko lain yang dapat memicu berbagai masalah tersebut.

Olahraga secara rutin telah terbukti mampu mengurangi resiko penyakit penyakit tersebut. Oleh karena itu, melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit atau lebih Setiap hari, benar-benar dapat membantu menjaga kesehatan anda, bahkan jika anda rentan terhadap kondisi tersebut, cara yang paling sederhana untuk memulai bergerak lebih aktif adalah dengan membiasakan berjalan kaki.  mudah, murah dan tidak membebani.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan, bahwa diet tinggi serat, rendah garam, gula, lemak, dapat mempengaruhi kesehatan anda. Mulai sekarang berbanggalah mengkonsumsi makanan segar, bukan makanan dalam bentuk kemasan. Makanan kemasan sangat tinggi garam dan gula. Akan tetapi, label makanan yang diklaim sehat belum tentu benar benar sehat.

Jika stress dibiarkan terus menumpuk dan tidak diatasi, kadar hormon stres berlebih dalam tubuh, lama-kelamaan bisa memicu penyakit penyakit terkait dengan faktor resiko genetik.

Ada banyak cara murah, meriah untuk menghilangkan stress. Mulai dari olahraga, mendengarkan musik, nonton film, meditasi atau tidur siang. Pilihlah yang anda sukai dan bisa nikmati dengan santai.

Berbagai cara yang sudah disebutkan di atas memang dapat membantu mengurangi resiko anda mewarisi penyakit penyakit tersebut. Namun hal-hal tersebut bukanlah jaminan anda terbebas dari penyakit ini. Oleh karena itu, anda tetap perlu melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) setara rutin.

Selain itu, ingatlah bahwa untuk menjauhkan diri dari resiko penyakit, anda juga butuh bantuan dari ahlinya. Jangan ragu apalagi sungkan untuk cek ke dokter ketika anda mencurigai ada sesuatu yang salah dengan kesehatan anda. Anggap saja dokter anda sebagai mitra atau sahabat yang selalu siap sedia membantu hidup anda lebih sehat.

Dr. Hj. R. Ayu Nurmaladewi
Berobat adalah sebuah bentuk ikhtiar dari seorang hamba untuk sembuh yang pada hakekatnya yang menyembuhkan adalah Allah, bukan obat itu sendiri. Akan tetapi berobat adalah perintah dari Allah, dan menjalankan perintah termasuk bentuk ketaatan yang dikategorikan ibadah.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments