Jangan Berikan Pahala Amal Kita Kepada Orang Lain Karena Ghibah

Di dalam melaksanakan aktivitas ibadah, kita seringkali merasakan capek, lebih, lesu, bahkan hilangnya semangat. Akan tetapi, ibadah tersebut selalu kita lakukan karena mengingat hal tersebut adalah perintah dari Allah subhanahu wa ta'ala. Baik itu ibadah mahdloh atau ibadah ghoiru Mahdloh, baik itu ibadah secara personal atau ibadah sosial.

Kalau kita melihat janji akan pahala yang dijanjikan oleh Allah ketika kita menunaikan ibadah yang diperintahkan oleh-Nya, kita yakin bahwa pada ibadah tersebut pahalanya sangat besar. Tapi terkadang kita lupa bahwasanya ada amalan atau perbuatan yang dapat membuat pahala amal ibadah yang pernah kita kerjakan pindah kepada orang lain, bahkan dosa-dosa orang lain pindah kepada kita.

Perbuatan apa itu?

Tidak lain adalah ghibah.

Ada sebuah cerita, terdapat Seorang wanita di sebuah desa, ia selalu dituduh dan diperbincangkan orang-orang di kampungnya.

Ketika wanita itu wafat, sebagian orang shaleh memimpikannya dengan memakai pakaian indah surga, orang itu heran dan bertanya mengenai pakaian itu.

Wanita itu menjawab "Aku tidak memiliki amal yang menyampaikanku pada kedudukan ini terkecuali Allah memudahkan penduduk desa bagiku, *mereka membicarakan keburukan tentangku siang dan malam, sehingga seluruh kebaikan mereka datang kepadaku,* maka kedudukanku di surga naik dengan omongan buruk mereka terhadapku."

*Al-Allamah Habib Umar Bin Muhammad Bin Salim Bin Hafidz حفظه الله تعالى*

Semoga kita dijauhkan dari ghibah, apapun bentuknya. Amiin

https://www.kiatjitu.com/2019/06/ghibah.html

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar