HIKMAH PUASA DILIHAT DARI SISI KESEHATAN

FASTING Sama Dengan PUASA?


Hikmah puasa dilihat dari Sisi Kesehatan - FASTING atau tidak makan yang dalam bahasa pengistilahan digunakan oleh orang islam dengan puasa ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

Ketika kita melakukan ritual ibadah puasa biasanya tubuh kita akan lemas, keadaan ini biasanya terjadi pada jam 12 s/d 18. pada jam tersebut kondisi tubuh kita akan terasa lemas.

kamu jangan panik, akan tetapi Bersyukurlah dengan kondisi tersebut, Karena pada saat itu tubuh kita sedang berproses yang mana proses tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Proses tersebut dinamakan AUTOLISIS.

Autolisis adalah proses alami yang dilakukan tubuh untuk membuangan sel-sel yang mati atau rusak.

Sekarang mari kita uji kebenarannya.
Ketika kita sedang tidak berpuasa, Organ pencernaan kita hampir tidak pernah berhenti bekerja memperoses makanan yang kita makan. Setiap kali kita makan, maka dibutuhkan +-8 jam organ pencernaan kita bekerja untuk memproses makanan tersebut untuk menjadi energi bagi tubuh dan menyalurkan zat-zat yang terkandung dalam makana keseluruh tubuh.

kebanyakan kita (biasanya) sarapan pagi pada Jam 7, itu berarti jam 15 organ baru kita baru selesai bekerja memproses makanan yang kita makan pada pagi hari itu. biasanya pada jam 12 siang, kita sudah makan lagi, padahal kinerja penggilingan di perut kita belum selesai, tapi sudah kita tambah lagi. jadi, makanan yang kita makan pada jam 12 siang ini, kalau kita hitung prosesnya, harusnya selesai jam 20. itu artinya kita tidak memberi waktu istirahat pada perut kita yang sedang memproses makanan yang telah kita konsumsi. itu pun, pada jam 19, kita makan lagi. Belum lagi kalo jam 23-nya ngemil/makan mie tektek/nasi goreng dan lain sebagainya.

Bukankah ngeri betul dan kerja ekstra keras perut kita dalam memproses yang kita makan?

Sekarang kita coba buat pengandaian, andai kata tubuh kita bisa ngomong, mungkin saja dia akan berkata, cukup Boss, jangan diteruskan, gak kuat saya. kalau begini terus caranya, lebih baik saya resign aja yaa. hehehehe...

Nah.. dengan adanya puasa ini, ketika kita sahur (sekitar jama 3-4) organ dalam kita akan bekerja sampai jam 12. dari Jam 12 s/d jam 18, organ kita nganggur memproses dan gak ada kerjaan. berarti organ kita istirahat selama 6 jam.

andai kata kita ibaratkan organ kita dengan ibu-ibu di rumah, kalau ibu-ibu lagi gak ada kerjaan, biasanya kan suka beres-beres rumah, rapi-rapi, bersih-bersih, buang barang-barang yang gak kepake de-el-el, begitu juga dengan organ tubuh kita kalau lagi gak ada kerjaan, ia akan melakukan bersih-bersih tubuh, inilah yang disebut dengan Autolisis.

*Keren kan*

itulah kenapa puasa itu menyehatkan, bahkan "insyaAllah" bisa ngobatin penyakit, seperti: Maag, diabet, ginjal, bahkan kanker.

so....
Makin banyak puasa.
Makin bersih tubuh kita..
Makin sehat kita.
Makin sayang Allah Ma kita
InsyaAllah

so... berbahagialah kita diperintahkan puasa

Selamat berpuasa, dan Semoga makin cinta berpuasa dan sehat selalu.
Kiat Jitu
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments