Tips Sukses Berbisnis Pengusaha Tionghoa

Tips Sukses Berbisnis Pengusaha Tionghoa - Orang Tionghoa dimanapun mereka berada rata-rata adalah pengusaha atau pedagang. Dalam berdagang, orang Tionghoa dikenal bertangan dingin dan menerapkan disiplin dalam berbisnis. Salah satu ciri khas dari pengusaha tionghoa adalah adanya keterlibatan keluarga dalam bisnisnya. Jiwa pengusaha sudah ditanamkan sejak dini pada anak-anak mereka. Anak-anak terlibat langsung melayani pembeli sebelum nantinya usaha tersebuat diserahkan pada mereka. Itulah sebabnya banyak pengusaha Tionghoa yang sukses dalam berbisnis.

Lebih lanjut, bagaimana cara orang Tionghoa berbisnis itulah yang perlu kita ketahui bersama. Inilah cara mereka sukses mengelola usaha :



Tertib Administrasi

Semua pemasukan dan pengeluaran barang dicatat dengan baik sehingga stok barang selalu terjaga dan tidak tinggal di gudang. Perputaran barang diatur dengan baik supaya tidak terjadi penumpukan yang bisa membuat barang cepat rusak. Pembukuan yang baik menjamin arus kas berjalan dengan baik pula.

Siap Mengambil Resiko

Namanya berbisnis, resiko pasti ada. Kalau bukan untung ya rugi. Bagi orang Tionghoa, rintangan dalam berbisnis itu sudah pasti ada. Tapi keyakinan yang kuat untuk mencapai kesuksesan membuat mereka berani menghadapi resiko jatuh bangun berbisnis. Selama usaha berjalan pasti ada saja pelajaran yang bisa diambil. Disamping itu mereka pun mampu memperhitungkan resiko yang akan dihadapi.

Sederhana

Hidup biasa-biasa saja  tercermin dari pengusaha Tionghoa. Sebelum usaha belum sukses, mereka membiasakan diri untuk hidup sederhana dan berhemat. Penghasilan diatur sedemikian rupa agar tidak banyak dihabiskan untuk kebutuhan hidup berlebih. Biasanya 70-80 persen dari penghasilan mereka disimpan sebagai tabungan atau diinvestasikan. Barulah sisanya mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Tidak Berhenti Belajar

Menggali informasi tentang usaha yang mereka jalani adalah sebuah keharusan. Pengusaha Tionghoa tidak segan untuk bertanya dan belajar bagaimana memulai usaha kepada siapa saja. Kesungguhannya belajar membuat usaha mereka cepat berhasil.

Memberi Pelayanan Prima

Kalau tidak mau pembeli lari ke toko sebelah, ya harus pintar-pintar melayani pembeli. Inilah prinsip pengusaha Tionghoa. Ramah pada pembeli dengan memberikan senyuman dan sapaan. Selain itu pembeli tidak akan menunggu lama untuk terlayani kebutuhannya.

Pandai memelihara pelanggan dan relasi

Salah satu keunggulan dari pengusaha Tionghoa adalah kepandaian mereka menjaga dan memelihara pelanggan dan relasi. Tidak jarang mereka memberikan bonus atau hadiah kepada pelanggan mereka. Tidak harus yang berharga mahal, diberikan sesuatu dengan gratis tentunya bisa membuat anda senang dan memberi kesan yang baik pada mereka.

Anda pun bisa mencapai kesuksesan dalam berusaha dengan mengikuti cara pengusaha tionghoa mengelola usahanya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu anda mewujudkan usaha.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information