Tips Sukses Berbisnis Komunitas Pengusaha Tionghoa

Tips Sukses Berbisnis Pengusaha Tionghoa - Dalam menempuh bisnisnya pengusaha Tionghoa memiliki prinsip yang mereka pegang teguh. Nilai tradisi yang dipegang mendukung bisnis yang mereka kelola sehingga lebih sukses. Hal ini diutarakan oleh Hermawan Kartajaya seorang pakar marketing dari Mark Plus Inc.



Berikut ini penjelasannya :

Wei-Chi

Secara harfiah Wei artinya bahaya dan Chi adalah Kesempatan. Weichi boleh dibilang adalah cara sikap dalam menghadapi sebuah permasalahan. Bagaimana caranya menghadapi bahaya dan pintar mengambil kesempatan. Pengusaha Tionghoa bersikap optimis dan berpikiran positif dalam menghadapi krisis. Lebih mengutamakan peluang daripada terkungkung dengan kendalanya.

Quang Shi

Gotong royong yang tercermin dari budaya kita, ada pula pada prinsip bisnis orang Tionghoa. Apabila satu dari mereka menghadapi masalah maka yang lain akan turut membantu. Yang jelas dalam berbisnis kejujuran yang lebih diutamakan. Orang Tionghoa sangat menjunjung tinggi kejujuran. Apabila ada yang curang maka jangan harap bantuan akan mereka berikan meskipun itu teman atau saudara. Sebaliknya jika orang tersebut jujur, bantuan akan mereka berikan meskipun usaha yang dijalankan tidak begitu menguntungkan bahkan berpotensi rugi. Saling bahu membahu membangun bisnis, itulah yang mereka lakukan.

Mian-Zi

Harga diri adalah sesuatu yang sangat mereka jaga dalam berbisnis. Mian-Zi yang dalam arti harfiahnya adalah muka merupakan pencerminan dari harga diri. Menjaga muka adalah menjaga malu. Seperti menjaga untuk selalu menepati janji. Tidak menepati janji juga berarti tidak menjaga muka atau menjatuhkan harga diri. Sama halnya dalam urusan hutang piutang. Kalau memang belum punya uang, mereka rela memberikan barang sebagai gantinya.

Dalam berbisnis memang harus menjaga nilai nilai keluhuran agar dalam setiap langkah mendapatkan keberkahan. Berbisnis dengan jujur dan tidak merugikan orang lain adalah hal yang patut selalu dijaga.

Jika bisa ditolong jangan ditodong, kalau bisa mudah jangan dipersulit.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information