Tips Menjual Mobil Bekas

Tips Menjual Mobil Bekas - Ada beragam alasan orang menjual mobil miliknya. Bisa saja karena sudah bosan memakainya, punya mobil lebih dari satu ataupun mau ganti dengan yang lebih baru. Bisa juga lagi butuh uang untuk keperluan lainnya.

Mobil seken atau mobil bekas banyak dimintai utamanya menjelang hari raya. Penjualan mobil bekas meningkat seiring kebutuhan untuk pulang kampung atau mudik.

Jika anda mempunyai mobil bekas yang ingin dijual beberapa hal penting ini wajib untuk anda ketahui. Supaya harga jual tidak merosot dan cepat laku tentunya.



Bagaimana Cara Menjual Mobil Bekas

Menjual mobil bekas kini jauh lebih mudah, Ada beberapa cara dan sarana yang bisa anda gunakan agar mobil anda cepat laku terjual. Anda bisa menjual mobil dengan cara konfensional dan bisa juga dengan cara praktis melalui media online.

Penjualan Konvensional

Penjualan langsung merupakan cara penjualan yang meskipun terbilang konvensional namun tetap efektif untuk digunakan. Anda bisa melakukan penjualan langsung dengan cara menempel label dijual beserta nomor kontak yang bisa dihubungi pada mobil anda.

Mobil bisa anda parkirkan di tempat tempat yang ramai dilalui agar mudah diketahui oleh orang lain. Bisa juga mobil tersebut anda gunakan, dan mengitari beberapa jalan seperti melakukan iklan berjalan. Selain itu anda juga bisa berpromosi di iklan jual kendaraan di koran-koran lokal.

Cara lain yang bisa anda gunakan adalah dengan titip jual di showroom. Cara ini tergolong lebih mudah karena anda tidak perlu repot mencari pembeli, dan melakukan perawatan kendaraan seperti cuci mobil dan lain sebagainya. Hal itu biar showroom yang kerjakan. Hanya saja harga jual mobil anda akan berkurang karena terpotong jasa penjualan di showroom.

Jual Online

Penjualan mobil secara online memang sedang ngetrend saat ini, mudah murah dan cepat menjadi alasan mengapa orang banyak yang menyenangi cara ini. Saat ini banyak media online yang bisa anda manfaatkan untuk penjualan mobil.

Misalnya situs-situs online penjualan mobil, toko online seperti tokopedia, olx, bukalapak dan lain sebagainya bisa anda manfaatkan. Penjualan juga bisa anda lakukan melalui media sosial seperti facebook dan lain sebagainya.

Hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum menjual yaitu detail dari mobil anda. Sertakan gambar dari beberapa sisi mobil seperti tampak depan, belakang samping dan foto juga bagian dalam mobil anda.

Lebih bagus lagi berikan pula foto bagian mesin mobil anda. Berikan keterangan lengkap misalnya mobil anda keluaran tahun berapa, aksesorisnya apa saja dan yang terpenting surat surat mobil anda lengkap.

Perhatikan Hal ini Sebelum Menjual Mobil

Perawatan Berkala

Hal terpenting sebelum menjual mobil adalah melakukan perawatan berkala. Periksa oli mesin, air radiator, minyak rem, air aki dan lain sebagainya agar kondisi mobil tetap prima saat digunakan. Lakukan pergantian oli mesin secara teratur agar mesin mobil terawat dan tidak menimbulkan  bunyi menggelitik.  Jangan lupa untuk melakukan tune up mesin secara berkala sebelum menjual mobil anda. Kondisi mesin yang prima menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli.

Pastikan Fitur Fitur Mobil Dalam Keadaan Normal

Terkadang orang mengabaikan fitur-fitur mobil yang rusak atau tidak berfungsi seperti power window, lampu mobil dan juga interior saat akan menjual mobil. Sebelum melepas kendaraan anda untuk dijual sebaiknya pastikan semua fitur mobil anda berfungsi normal supaya tidak menjadi alasan pembeli batal membeli mobil anda.

Pastikan Mobil Dalam Keaadaan Bersih Sebelum Dijual

Beberapa survey membuktikan bahwa mobil dengan kondisi bersih dan mengkilap lebih tinggi harga jualnya ketimbang mobil yang belum dicuci. Kebersihan mobil juga merupakan daya tarik besar bagi pembeli. Kebersihan merupakan penilaian pertama sebelum orang membeli mobil. Biasanya pembeli akan berasumsi jika mobil yang kotor tentunya perawatannya juga asal-asalan.

Survey Harga Sebelum Menjual

Menentukan harga jual mobil juga ada triknya. Sebaiknya anda melakukan survey harga terlebih dahulu sebelum menentukan harga jual mobil anda. Sebagai contoh anda bisa melihat iklan jual mobil di koran. Bisa sambil iseng-iseng menanyakan berapa harga jual mobil yang se-tipe dengan mobil anda. Kalau perlu anda berkunjung langsung ke tempat penjualnya untuk membandingkan kondisi mobil tersebut dengan kondisi mobil anda. Hal ini untuk menghindari anda menjual dengan harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dari harga pasaran.

Jujurlah kepada Pembeli

Jika ditanya tentang kondisi dan riwayat mobil anda, sebaiknya jawablah dengan jujur. Hal ini akan memberikan nilai tambah bagi anda sehingga pembeli lebih percaya dan juga nama baik anda terjaga.

Semoga tips jualan mobil bekas ini bermafaat untuk anda yang ingin menjual mobil dengan cepat.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information