Susi Pudjiastuti Pengusaha dan Menteri Nyentrik

Susi Pudjiastuti Pengusaha dan Menteri Nyentrik - Siapa bilang menjadi pengusaha harus berbekal pendidikan formal yang tinggi. Ini dibuktikan oleh Susi Pudjiastuti pemilik maskapai penerbangan Susi Air.

Susi Pudjiastuti yang lahir di Pangandaran, Jawa barat 49 tahun lalu tepatnya tanggal 15 Januari 1965 adalah pengusaha yang hanya memiliki ijazah SMP. Ia pernah mengenyam bangku SMA tapi tidak sampai tamat. Susi Pudjiastuti hanya sampai di kelas 2 di SMAN Yogyakarta.

Susi lahir ditengah keluarga saudagar sapi dan kerbau yang biasanya berdagang di wilayah Jawa Timur sampai Jawa Barat. Ayahnya adalah Haji Ahmad Karlan dan ibunya bernama Hajjah Suwuh Lasminah.

Ketertarikan Susi Pudjiastuti pada bisnis berawal pada saat ia tidak lagi bersekolah, dengan menjual perhiasan Ia bisa mendapatkan modal usaha sebesar 750 ribu rupiah. Modal usaha itupun ia gunakan untuk mengawali bisnis menjadi pengepul ikan di daerah Pangandaran.

Ketekunan dan kegigihan seorang Susi, mampu membuat usahanya mulai berkembang sampai akhirnya di tahun 1996 Susi Pudjiastuti mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Produk Andalan Bermerk SUSI BRAND

Bermerk "Susi Brand", Perusahaan yang didirikan Susi mengandalkan produk berupa lobster.
Produk ini dipasarkan meluas dari benua Asia sampai ke benua Amerika. Meningkatnya permintaan dan meluasnya jangkauan pemasaran mengharuskan Susi untuk mengandalkan alat transportasi udara untuk mendistribusikan lobster-lobsternya. Biar pembeli menerima lobster dalam keadaan masih segar.

Pada tahun 2004 bermodalkan pinjaman bank sebesar Rp 20 Miliar, Susi Pudjiastuti membeli sebuah pesawat berjenis Cessna Caravan. Pesawat ini pun menjadi satu satunya pesawat yang dimiliki untuk mendistribusikan produk lobsternya ke berbagai pelosok negeri. Pengiriman dan pengangkutan lobster "Susi Brand" ditangani oleh perusahaan PT ASI Pudjiastuti Aviation dengan pesawat yang memiliki Call End "SUSI AIR".

Pesawat Susi Air kemudian menjadi terkenal tatkala pesawat ini menjadi yang pertama berhasil mendistribusikan bantuan sosial di daerah yang terisolasi, lokasi bencana gempa tektonik dan Tsunami Aceh pada di tanggal 26 Desember 2004. Peristiwa besar ini menjadi awal perubahan arah bisnis Susi.

Awal Berkembangnya Susi Air

Pesawat Susi Air yang tadinya hanya menjadi pesawat pengangkut hasil laut, kini menjadi pesawat pengirm bantuan kemanusiaan. Di tengah bisnis hasil laut yang mulai surut. Bisnis penerbangan Susi Air mulai menanjak. Tiga tahun berselang Susi Air mampu menambah armada pesawatnya sebanyak 14 pesawat yang tersebar di Papua, Jawa, Sumatra dan Balipapan. Sekarang ini Susi Air telah memiliki 50 pesawat beragam jenis yang masih beroperasi.

Berkembang pesatnya bisnis penerbangan perintis ini, menimbulkan niat Susi Pudjiastuti untuk membuka sekolah penerbangan. Akhirnya melalui  PT ASI Pudjiastuti Flying School,  Ia membuka sekolah pilot   Susi Flying School pada tanggal 26 Oktober 2014 kemarin.

Susi Pudjiastuti Mulai Ramai di Bicarakan

Nama Susi Pudjiastuti menjadi ramai dibicarakan di mesia tatkala dirinya diangkat menjadi menteri kelautan dan perikanan pada kabinet Kerja Jokowi-JK masa jabatan 2014 – 2019. Susi Pudjiastuti menjadi sorotan karena penampilannya yang nyentrik dan kebiasaannya merokok. Tidak hanya itu, pembicaraan pun semakin hangat tatkala publik mengetahui Menteri yang satu ini hanya mengantongi ijazah SMP.

Keraguan masyarakat mulai sedikit pudar dengan track record Susi Pudjiastuti. Wanita yang gemar mengisap cerutu kuba dan memiliki tato di kakinya  ini telah menerima berbagai penghargaan bergengsi atas kontribusinya di berbagai bidang.

Penghargaan yang pernah diterimanya antara lain : Metro TV Award for Economics, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia, , Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo dan Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Inspiring Woman 2005 dan  Eagle Award 2006 dari Metro TV dan masih banyak lagi.

Berbekal ketekunan dan keinginan keras Susi Pudjiastuti mampu mengembangkan beragam jenis usaha. Dengan semangat dan kerja keras Anda juga tentu mampu mengikuti jejak sukses Susi Pudjiastuti.



Semoga kisah sukses Susi Pudjiastuti ini dapat memberikan inspirasi buat Anda untuk terus tekun dan giat berusaha.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information