Manfaat dan Cara Mengelola Persediaan Barang Dagangan

Manfaat dan Cara Mengelola Persediaan Barang Dagangan - Apapun usahanya, ketersediaan stok barang merupakan hal yang sangat vital bagi sebuah perusahaan dagang khususnya usaha dagang yang dikelola sendiri di rumah. Mengapa hal ini penting, karena tanpa jaminan tersedianya barang perusahaan tidak bisa melakukan transaksi jual beli. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah perusahaan akan kehilangan peluang mendapatkan keuntungan.

Oleh sebab itu, persediaan  barang perlu mendapatkan perhatian agar mempermudah jalannya operasional perusahaan. Beberapa manfaat pengelolaan persediaan barang adalah :

1. Perusahaan tidak kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan dengan terpenuhinya persediaan barang. Jika saja ada permintaan lebih dari konsumen, perusahaan tidak perlu khawatir karena persediaan yang ada, dapat menutupi permintaan konsumen tersebut. Hal ini sangat baik untuk menjaga agar konsumen loyal terhadapa perusahaan.

2. Pengelolaan persediaan barang disesuaikan dengan prediksi permintaan pasar. Hal ini memudahkan perputaran barang sehingga tidak terjadi penumpukan barang. Selain itu pengelolaan jumlah persediaan barang juga meminimalkan pengeluaran modal yang terlalu besar dan juga meminimalkan tingkat kerugiaan diakibatkan rusaknya barang karena lama penyimpanan.

3. Bermanfaat menjaga kestabilan operasional perusahaan. Kebutuhan konsumen terjamin dan turut menjaga fluktuatif harga pasar.

Cara menciptakan pengelolaan persediaan yang baik adalah dengan sistem pencatatan. Untuk usaha kecil / rumahan bisa menggunakan sistem pencatatan manual atau jika ingin lebih mudah, anda bisa mengunakan komputer.

Pencatatan akan membantu anda mendapatkan informasi akurat tentang nilai dan posisi persediaan. Hal ini berguna pada saat pengambilan keputusan tentang jumlah dan waktu persediaan untuk memenuhi kebutuhan operasional usaha anda.

Pencatatan juga berguna menjamin keamanan persediaan dari kemungkinan kesalahan stok, penyelewengan, kerusakan dan lain-lain.

Kebutuhan  pelanggan dapat dipenuhi  dengan baik dikarenakan sistem persediaan dikelola dengan sistem yang baik pula.



Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa Sistem pencatatan dan  pengendalian persediaan barang merupakan satu kesatuan  yang menunjang efektifitas transaksi jual beli usaha.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information