Apa Itu Cash On Delivery

Apa Itu Cash On Delivery - Pernah dengar istilah COD? Istilah COD atau Cash On Delivery sangat familiar digunakan di forum jual beli online. Mungkin bagi sebagian anda hanya pernah mendengar tapi tidak tahu apa itu cash on delivery. COD adalah kegiatan dimana pembeli dan penjual bertemu secara langsung dan melakukan transaksi jual beli secara tunai. Singkatnya barang yang anda jual nanti akan dibayar setelah barang tersebut sampai ke tangan pembeli. COD biasanya dilakukan apabila pembeli dan penjual berada dalam lokasi yang dekat misalnya berada dalam satu kota.

COD menjadi salah satu model transaksi jual beli yang dipilih untuk mengurangi tindak pidana penipuan lewat media online. Namun bukannya tanpa resiko, sistem ini juga bisa menimbulkan kerugian khususnya bagi penjual. Tidak sedikit penjual yang kena tipu pada saat akan mengantarkan barang. Misalnya diberi alamat palsu atau calon pembeli tidak jadi membeli tanpa ada konfirmasi sebelumnya.

Sisi baiknya COD melindungi calon pembeli dari tindak penipuan. Pembeli bisa melihat secara langsung kondisi barang yang akan dibeli dan tidak perlu khawatir uangnya hilang dibawa lari orang.

Sebelum bertransaksi COD pastikan bahwa yang ingin anda ajak untuk bertransaksi adalah orang yang paham dengan sistem ini. Jangan sampai terjadi kesalahan komunikasi yang mengakibatkan kesalahpahaman.



Mudah-mudahan penjelasan singkat mengenai istilah Cash On Delivery diatas dapat menambah wawasan anda di dunia bisnis.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information