Manfaat Minyak Ikan untuk Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat Minyak Ikan untuk Mengatasi Gangguan Tidur - Minyak ikan telah lama diketahui sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit kardiovaskular, seperti menurunkan tekanan darah dan lemak darah.

Beberapa penelitian juga membuktikan minyak ikan mampu mengatasi gangguan suasana hati seperti depresi dan gangguan bipolar. Meskipun tidak terlalu sering disebut, minyak ikan dapat membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Alasan di balik klaim tersebut melibatkan hubungan asam lemak dengan produksi berbagai hormon dan neurotransmiter.



Konsekuensi sulit tidur

Penyebab gangguan sulit tidur sangat beragam mulai dari rasa sakit dan gangguan stress seperti insomnia, narkolepsi. Kurang tidur berdampak negatif bagi kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, depresi, dan obesitas

Kekurangan Asam Lemak dan Munculnya Gangguan Tidur

Sebuah penelitian di tahun 2008 dalam Journal of Nutrition dilakukan oleh M. Lavialle dan rekan menunjukkan bahwa kekurangan diet asam lemak Omega-3 Deep sea sun hope mengurangi ritme melatonin, melemahkan fungsi jam sirkadian, dan berperan dalam munculnya gangguan tidur dimalam hari.

Manfaat Minyak Ikan

Minyak ikan berperan dalam meningkatkan sekresi melatonin, menurut studi di American Journal of Clinical Nutrition.

Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun dan sering digunakan untuk mengobati insomnia dan jet lag.

Komponen minyak ikan EPA dan DHA juga telah terbukti menurunkan kadar norepinefrin.

Norepinefrin adalah hormon stres yang terkait dengan respon fight-or-flight dan bekerja untuk meningkatkan denyut jantung. Minyak ikan juga merupakan bahan salah satu neurotransmitter utama yang terkait dengan tidur yaitu serotonin.

Norepinefrin adalah komponen penting dari siklus tidur karena bertanggung jawab atas Rapid Eye Movement atau tahap REM. Ketidakseimbangan norepinefrin negatif dapat mempengaruhi pola tidur dan menyebabkan rasa kantuk di siang hari.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, orang harus mengkonsumsi 0,3-0,5 gram EPA dan DHA setiap hari. Ini setara dengan setidaknya dua porsi – 3,5 ons – per minggu dari lemak ikan seperti salmon, halibut, tuna kaleng, bluefish, herring.

Rata-rata 1.000 miligram kapsul minyak ikan mengandung rasio 180 miligram EPA dan 120 miligram DHA, karena itu 1-2 kapsul minyak ikan salmon Alaska Sun Hope Deep Sea per hari adalah jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information