Hidup Sehat Dengan Terapi Memaafkan

Sehat Dengan Terapi Memaafkan - Siapa sih diantara kita yang tidak ingin sehat..??? adakah diantara kita yang ingin sakit..??? tentu saja setiap orang pasti menginginkan hidup sehat.

Bahkan untuk menggapainya banyak orang yang menghabiskan waktu, tenaga dan uangnya untuk melakukan berbagai cara agar bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan sehat baik dengan mengikuti kegiatan berolahraga dan senam, mengikuti berbagai jenis terapi untuk menjaga kesehatan bahkan ada juga yang rela mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk membeli jenis suplemen (multivitamin) tertentu dan dikonsumsi rutin setiap hari untuk mencegah timbulnya penyakit..

Namun demikian pernahkah terlintas dibenak kita untuk juga mencoba dan menerapkan tips sehat yang satu ini..???

Yakni dengan terapi memaafkan.

Karena dengan memaafkan kesalahan orang lain itu tidak hanya akan membuat hubungan kita dengan orang lain lebih baik dan hati menjadi lebih tenang saja, namun ternyata dengan memaafkan orang lain juga akan membuat diri kita lebih sehat.

Loh.. kok bisa??? ya bisa dong, karena dengan memaafkan kesalahan orang yang telah melukai hati kita itu akan lebih mengontrol emosi sekaligus membuat kondisi mental dan fisik menjadi lebih baik.

Memaafkan kesalahan orang lain cenderung akan bisa mengurangi stress dan beban pikiran. Begitu juga sebaliknya, dendam dan amarah yang terus menerus disimpan justru akan membuat ketegangan (tekanan) yang bisa menyebabkan stress.

Ketika orang dalam kondisi stress maka tubuhpun akan ikut bereaksi dan otot-otot akan lebih tegang. Dan parahnya lagi hal itu bisa menyebabkan tekanan darah meningkat atau tidak stabil.

Oleh karena untuk apa kita menyimpan amarah dalam hati jika hanya akan membawa kerugian bagi diri.

Daripada kita menyimpannya dan menjadi sakit alangkah baiknya jika mulai sekarang kita latihan untuk saling memaafkan.

Ada sebuah studi khusus yang menguak hubungan antara memaafkan kesalahan orang lain yang telah berbuat buruk terhadap kita dengan perbaikan tekanan darah dan detak jantung.

Konon semakin rendah tingkat amarah yang kita pendam maka akan semakin bertambah baik kondisi kesehatan jantung kita.
Begitupula sebaliknya, semakin tinggi kita memendam amarah maka akan semakin keras pula kerja jantung yang lambat laun juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan.

Bukankah dengan memaafkan pula maka wanita terbukti bisa membuat hubungan dengan pasangannya bertahan lebih lama?

Ya..

Menurut survey yang terjadi di masyarakat, wanita yang selalu berusaha memaafkan dan bermurah hati terhadap pasangannya cenderung akan lebih mudah menyelesaikan konflik yang terjadi dalam rumah tangga.

Namun jika sifat keras kepala dan egois selalu ditunjukkan oleh kedua pasangan niscaya konflik akan semakin sulit diselesaikan bahkan tidak sedikit yg akhirnya berujung dengan perceraian.

Oleh karena itu baik pria maupun wanita terutama bagi yang sudah memiliki pasangan maka alangkah baiknya untuk senantiasa bersikap lebih sabar dan pemaaf agar hubungan keduanya bisa terjalin dengan baik.

Dengan terapi pengendalian amarah itu juga terbukti sangat efektif mengurangi rasa sakit dan rasa tegang dibandingkan terapi kesehatan biasa. hal ini telah diuji coba oleh beberapa pasien yang mengalami penyakit punggung kronis.

Itulah sebabnya mengapa di luar negeri banyak bermunculan biro latihan pengendalian amarah dikarenakan amarah adalah hal dasar yang bisa membuat orang berfikiran dan berbuat negatif jika tidak sanggup mengendalikannya.

Di indonesiapun kini juga sudah banyak dibuka berbagai seminar hypnotherapi atau layanan konseling yang salah satu tujuannya adalah melatih diri untuk bisa bersikap lebih tenang dan melepas beban apapun termasuk beban amarah dan dendam.

Pada dasarnya ketika seseorang mampu memaafkan kesalahan orang lain yang telah berbuat buruk terhadap dirinya maka sebenarnya dia akan membuat diri sendiri lebih bahagia dibandingkan orang yang dimaafkan.

Jika seseorang sudah bahagia dengan hidupnya, maka dia cenderung lebih rileks dalam menata hidup dan berpotensi lebih sehat dibanding orang lain yang masih kurang bahagia.

Oleh karena itu berbahagialah, jika anda termasuk kategori orang yang sudah bisa mudah memaafkan kesalahan orang lain. Karena dengan begitu anda berpeluang besar untuk bisa hidup lebih bahagia dan sehat.

Memang memaafkan orang lain bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah, namun apa salahnya jika ini kita latih dan terapkan di kehidupan kita jika kiat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan hidup kita.



Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information