Cara Menurunkan Berat Badan Murah Meriah Dan Efektif Manjur

Cara Menurunkan Berat Badan - Bukan hal yang sulit untuk mendapatkan berat badan tubuh yang ideal jika kita tahu bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar dan tepat.
Kebanyakan orang khususnya wanita mungkin mengalami problem yang sama dalam mencoba menurunkan berat badannya mulai dari keinginan untuk mengemil yang tidak tertahankan, sampai dengan melakukan diet ketat yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan untuk 'makan sangat sedikit' setiap hari namun memiliki berat badan yang tetap saja diatas rata-rata.

Cara menurunkan berat badan dengan efektif

Kunci untuk mendapatkan berat badan ideal untuk tubuh kita adalah bagaimana kita mengubah kebiasaan kita.

Ya, apapun cara menurunkan berat badan yang anda lakukan hasilkan akan sia-sia jika anda memang pada dasarnya memiliki kebiasaan yang kurang baik dalam menopang dan mempertahankan berat badan itu sendiri.

Saya akan menekankan sekali lagi mengapa cara menurunkan berat badan apapun yang anda lakukan akan sia-sia jika kita tidak mengubah kebiasaan kita karena kebiasaan anda itu sendiri yang akan menjadikan anda dengan berat badan dan bentuk tubuh anda saat ini.

Cara menurunkan berat badan dengan diet

Ada beberapa hal yang harus anda ingat untuk mendapatkan berat badan ideal, anda tidak perlu memikirkan tentang bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar atau yang salah, yang perlu anda ingat dalam diri anda hanya ada dua hal,

Pertama adalah kebiasaan berasal dari perbuatan yang diulang-ulang dan perbuatan berasal dari pola pikir,
Kedua adalah metabolisme tubuh anda yang akan menentukan bentuk dan berat badan anda saat ini.

Untuk itu kita akan membahas kedua hal tersebut terlebih dahulu, ingat bahwa tidak ada cara menurunkan berat badan terbaik, yang ada adalah bagaimana mengubah kebiasaan dan memaksimalkan metabolisme tubuh anda.



Simak dan bacalah berulang kali kedua hal dibawah ini jika anda belum dapat memahaminya hanya dengan satu kali membaca.

1 . Kebiasaan Berasal Dari Perbuatan Yang Diulang – Ulang.
Saya akan memberikan sebuah ilustrasi tentang masalah mengapa kebiasaan itu penting dan bagaimana cara mengubah kebiasaan itu sendiri, ilustrasi ini sungguh terjadi ketika saya masih bekerja di kantor dimana saya menemukan dua orang yang memiliki dua kebiasaan yang bertolak belakang tetapi memiliki berat badan yang sama-sama tidak ideal.

Ilustrasi

Ada seorang karyawan kantor bernama Mira (nama samaran) yang memiliki berat badan sekitar 78kg, ia dikenal sebagai seorangyang memiliki sifat yang (maaf) rakus pada makanan, ia disebut bersifat rakus karena kebiasaanya untuk selalu makan seperti di pagi hari sebelum masuk kantor ia akan menyantap 1 piring bubur ayam di depan kantor dan beberapa potong gorengan dan es teh manis, pada pukul 10.00 pagi ia biasa mengeluarkan roti lapis coklat dan selai yang ia bawa dari rumah dan memakannya. Siang hari ketika jam istirahat di kantor ia akan segera pergi ke kantin untuk makan nasi padang kesukaannya atau terkadang soto dengan dua buah nasi. Sore hari Mira juga sering kali melihat – lihat meja rekan kantornya kalau – kalau ada sepiring donat atau kue disana dan tanpa malu mencomot kue tersebut sambil tertawa. Sepulang kantor Mira biasanya berkumpul sebentar bersama teman – teman di warteg bawah dekat kantor yang berjualan gorengan mendoan dan kue – kue, tentunya Mira tidak lupa untuk menyantap makanan tersebut sebelum pulang ke rumah. Suatu hari saya bertanya kepada Mira, “Mir, mengapa kamu suka sekali makan apakah kamu tidak takut kesehatan kamu akan terganggu?” Mira menjawab seperti bingung “Apa saya makan terlalu banyak ? Saya rasa saya tidak terlalu banyak makan”.

Ilustrasi diatas menunjukan bahwa sifat berasal dari kebiasaan dan kebiasaan berasal dari perbuatan yang diulang-ulang dan perbuatan itu sendiri berasal dari POLA PIKIR alam bawah sadar.

Ya, pola pikir bawah alam sadar anda akan mengingat dan memprogram apa yang anda lakukan sehari-hari dan tanpa anda sadari itu telah menjadi sifat yang terbentuk, mungkin anda pernah melihat orang seperti Mira tapi tahukah anda bahwa orang seperti Mira mungkin terjadi pada diri kita tanpa kita sadari.

Untuk itu jika kita ingin mengubah kebiasaan kita yang suka makan, mulailah dengan mengubah pola pikir alam bawah sadar kita, mengubah pola alam bawah sadar tidaklah sulit, anda hanya perlu memerintahkannya dengan pola pikir alam sadar kita.

Bagaimana cara mengubah kebiasaan dengan mengubah pola pikir alam bawah sadar kita ? Lihat cara menurunkan berat badan dengan memprogram ulang POLA PIKIR kita dibawah ini :

1 . Gunakan Kata Positif Ketika Godaan Itu Datang.

Cara menurunkan berat badan dengan pikiran. Ingatlah bahwa alam bawah sadar tidak mengenal kata negatif, sebagai contohnya saya akan meminta anda untuk menutup mata anda dan dengarkan berulang “JANGAN memikirkan gajah merah! JANGAN melihat gajah merah! JANGAN membayangkan gajah merah”. 

Apa yang anda bayangkan?
Anda tentu akan membayangkan Gajah merah.

Artinya adalah, Alam bawah sadar pola pikir anda juga seperti itu, ia tidak bisa mendengarkan kata negatif sehingga ketika melawan suatu godaan yang anda hadapi ketika melihat cemilan atau sedang mengindamkan makanan yang anda suka namun anda tahu itu akan membuat berat badan anda tidak akan turun.

Katakan dan perintahkan alam bawah sadar anda dengan pikiran dan perkataan alam sadar anda dengan kata atau kalimat positif seperti :

“Saya mau langsing!” , “Saya tambah cantik!”, “Saya suka buah apel! Saya suka buah jeruk!”, “Berat badan saya segera turun 100gram detik ini jika saya lewati cemilan kali ini!”.

Itulah beberapa contoh cara menurunkan berat badan dengan cara memprogram ulang Alam bawah sadar anda, lakukan berulang selama 1 minggu maka anda akan merasakan hasilnya!

2. Tidak Makan Hanya Akan Membuat Anda AKAN LEBIH BERAT LAGI DARI Sebelumnya.

Cara menurunkan berat badan Fase plateau. Fase plateau adalah tahap dimana tubuh mengalami kejenuhan dimana sekecil atau se-sedikit apapun anda makan, berat tubuh anda tidak akan pernah bergerak untuk turun bahkan 100 gram sekalipun.

Pernahkah anda melihat orang yang selalu menghindari makan nasi, makan daging ataupun bahkan hampir bisa dikatakan tidak makan sama sekali! Tetapi anehnya berat badan orang tersebut tidak pernah langsing.

Dan ketika suatu hari saja melakukan “cheat” yang artinya makan normal tanpa diet, berat badannya langsung naik 1 kilogram! Dan ia mulai berteriak “oh tidak! berat saya naik lagi” dan seterusnya melakukan diet aneh dan tidak pernah turun.

Itulah fase plateau, berhati-hatilah jika anda telah memasuki tahap fase ini dimana tubuh anda tidak turun ketika anda berhenti makan tetapi sekali makan “normal” berat tubuh anda mulai beranjak naik.

Biasanya hal ini terjadi karena tubuh anda telah “terbiasa” kalori sedikit misalnya anda terbiasa dengan mengkonsumsi produk pengganti sarapan, atau anda terbiasa stop mengkonsumsi nasi.

Pada mulanya mungkin dengan mengganti sarapan dengan produk susu pengganti sarapan membuat berat badan tubuh anda mulai turun, tetapi ada satu titik dimana makin lama tubuh terasa semakin sulit turun dan berhenti!

Mengapa hal ini terjadi ? Ternyata tubuh memiliki “otak” tersendiri yang dapat membaca “Berapakah saya harus membakar kalori setiap hari untuk orang ini (anda) ? “. Saya berikan contoh ilustrasinya dibawah ini :

Ilustarasi

Seorang ibu muda dengan berat badan 68 kilogram sedang ingin berdiet menggunakan cara menurunkan berat badan dengan menurunkan kalori yang dikonsumsi, jika ia biasanya mengkonsumsi nasi 3 hari sekali dengan total 3000 kalori, ia mulai menguranginya dengan mengkonsumsi produk pengganti sarapan pada pagi hari dan malam hari dengan total kalori yang dikonsumsinya menjadi hanya 1600 kalori.

Dalam 2 minggu pertama si ibu berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 5 kilogram tetapi di sepanjang minggu ketiga beratnya hanya turun 1 kilogram, dan akhirnya di minggu ke 5 berat badannya berhenti untuk turun lagi.

Si ibu mulai bingung dan bosan, segera ia kembali ke pola makan sebelumnya yaitu makan nasi 3 hari sekali dengan total 3000 kalori, alhasil dalam 2 minggu berat badannya naik sampai 7 kilogram! Lebih dari pada sebelum ia berdiet.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Perhatikan 3 tahap ini :

Si Ibu mengkonsumsi makan 3 hari sekali , pada saat ini tubuh sudah mengenali bahwa dalam sehari tubuh harus membakar 3000 kalori sehari sehingga berat badan tetap ada di 68 kilogram.

Di 14 hari pertama tubuh masih bekerja sesuai dengan “kebiasaan” lama nya yaitu berusaha membakar 3000 kalori sehari sehingga konsumsi si ibu yang telah berkurang menjadi 1600 kalori akan terbantu 1400 kalori terbakar dari lemak di tubuhnya.

Masalahnya mulai muncul ketika tubuh mulai mengenali bahwa “oh ternyata saya hanya cukup membakar 1600 kalori bukan 1400 kalori” hal ini terjadi karena tubuh turun mengambil dari lemak tanpa merubah metabolisme tubuh ( bukan dari olah raga atau produk pelangsing yang meningkatkan metabolisme tubuh).

Tahap yoyo naik kembali 7 kilogram terjadi Ketika tubuh sudah terbiasa dengan membakar 1600 kalori sehari justru mengalami kenaikan pola makan kembali seperti awal yaitu 3000 kalori sehingga yang biasanya 3000 kalori tadi terbakar habis (di awal sebelum diet), sekarang dengan mengkonsumsi 3000 kalori tubuh sudah terbiasa dengan 1600 kalori sehingga ada kelebihan 1400 kalori menjadi lemak kembali, dan masalahnya adalah terkadang kalori lebih yang masuk akan meningkat lebih banyak daripada penurunan. Itulah mengapa berat badan yoyo sering terjadi (berat badan naik lagi lebih berat dari sebelumnya).

Untuk itu hindarilah cara menurunkan berat badan dengan menghentikan makanan anda secara drastis, lakukan dengan cara “meningkatkan metabolisme tubuh” bukan dengan “mengurangi kalori secara drastis”.

2. Memaksimalkan Metabolisme Tubuh.

Pernah melihat orang yang makan dengan banyak, tidak pernah berhenti mengemil tetapi badannya tetap langsing dan tidak pernah bertambah gemuk ?

Oke, mungkin pikir anda ada beberapa wanita yang beruntung yang mengalami hal seperti ini. Bisa saja, tetapi anda mungkin tidak pernah tahu apa yang sebenarnya dilakukan oleh orang tersebut ketika berada di rumahnya, mungkin apa yang anda lihat hanya pada bagian ketika ia mengkonsumsi makanan dengan begitu banyak kalori tetapi ketika ia melakukan aktifitas meningkatkan metabolisme tubuhnya dengan membakar kalori, anda tidak pernah melihatnya dan tidak pernah diberitahukan olehnya.

Anda tidak perlu merasa iri, anda hanya perlu tahu sedikit rahasianya dibalik itu. Cara menurunkan berat badan dengan memaksimalkan metabolisme tubuh adalah cara yang paling baik dan bagus untuk anda yang ingin segera mendapatkan berat badan ideal.

Bagaimana caranya ? Oke saya akan memberikan tiga cara untuk memaksimalkan metabolisme tubuh dengan tiga cara menurunakan berat badan dengan cepat.

1. MEMBANGKITKAN HORMON PEMBAKAR LEMAK.

Saya akan memberikan menu selama 7 hari yang dapat anda coba untuk melakukan manipulasi pembakaran lemak, teorinya adalah bagaimana membuat tubuh akan tetap membakar kalori yang sama selama 7 hari walaupun anda menginput kalori yang lebih sedikit. Namun cara ini tidak disarankan bagi orang yang memiliki penyakit maag karena itulah kekurangan metode ini.

HARI KE 1

Pagi
1 cangkir kopi/teh dengan 1 sendok gula merek Equal/Tropicana slim
Siang
2 butir telur rebus matang + 1 ikat bayam direbus sebentar + 1 buah tomat segar

Malam
100 gr daging bistik sapi goreng + slada diberi jeruk citrun/jeruk nipis

HARI KE 2
Pagi
1 cangkir kopi/teh dengan 1 sendok gula merek Equal/Tropicana slim.


Siang
60 gr bistik sapi goreng + slada + 1 buah segar
(jeruk/ belimbing/ jambu air beberapa buah).

Malam
120 gr ayam kukus + 1 gelas susu nonfat atau low fat tanpa gula

Penjelasan singkat :
• 1 buah segar untuk semangka di kira kira saja 1-2 potong panjang.
• Ayam kukus boleh pakai bawang putih goreng kalau mau.
• Susu disarankan susu cair low fat atau non fat merek bisa apa saja misalnya indomilk cair.

HARI KE 3
Pagi
1 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula equal + 1 potong roti tawar bakar

Siang
2 butir telur rebus + 1 buah tomat + 1 buah segar + 1 ikat
bayam/kangkung

Malam
120 gr ayam kukus + slada yang ditaburi jeruk citrun/nipis

HARI KE 4
Pagi
1 cangkir kopi/teh + 1 sendok gula equal + 1 potong roti tawar bakar.

Siang
1 telur rebus + 1 wortel (rebus sebentar) + 1 potong keju non fat
.

Malam
1 mangkok penuh pepaya ditaburi jeruk citrun/nipis + 1 gelas susu non fat tanpa gula.

HARI KE 5
Pagi
1 wortel besar mentah diparut kasar ditaburi jeruk nipis.


Siang
120 gr ayam kukus dengan sedikit saus mentega yang tidak asin.

Malam
60 gr bistik sapi goreng + selada mentah + bayam direbus sebentar.

Penjelasan :
• Mentega merek orchid yang tawar lebih bagus, kalau tidak ada pakai blueband

HARI KE 6
Pagi
1 cangkir kopi/teh tanda gula + 1 potong roti tawar bakar (boleh juga tidak dibakar)
.

Siang
120 gr ayam kukus + selada yang ditaburi jeruk nipis

Malam
2 telur rebus + 1 wortel besar mentah parut ditaburi jeruk nipis

HARI KE 7
Pagi
1 cangkir kopi/teh tanpa gula

Siang
60 gr bistik goreng + 1 buah segar

Malam
Ayam Fillet Dada direbus.

Nah, itulah menu yang bisa anda coba selama 7 hari dan lihat perubahan yang bisa anda dapatkan, masalahnya muncul ketika kita mungkin tidak memiliki waktu lebih untuk melakukan hal diatas dan tentunya anda akan mengalami rasa diet yang dikhawatirkan jika tidak bisa mengendalikan Pola Pikir Alam Bawah Sadar maka selepas menjalankan cara menurunkan berat badan dengan memanipulasi kalori anda akan membalas dendam dan akhirnya berat badan anda akan menjadi yoyo.

Oke, jangan khawatir karena ada cara menurunkan berat badan yang kedua dibawah ini.

2. MEMBAKAR LEBIH BANYAK DENGAN BEROLAH RAGA.

Cara ini adalah cara menurunkan berat badan paling kuno yaitu berolahraga, saya tidak akan menjelaskan olahraga seperti apa ataupun jadwal olahraga yang harus anda lakukan. Sebaliknya saya akan memberikan saran olahraga apa saja yang tidak boleh anda lakukan,

1. Sit-up Membuang Waktu anda!
Otot perut, adalah seperti otot yang lainnya, ketika anda melatihnya, otot itu akan menjadi lebih kuat dan berotot.
Contohnya, jika anda melatih otot tangan anda, otot tangan anda akan lebih kuat dan berotot, begitu juga otot perut! Jika anda mulai sit-up ( dan tipe lain dari latihan ) maka, jadinya otot perut anda akan mulai kuat.
Bagaimanapun, otot perut anda yang semakin kuat dan berotot tetap saja membakar lemak dalam volume yang sama jadi anda tidak akan melihat penurunan berat badan, dan itulah alasannya kenapa sit-up itu percuma.

2. Jangan pernah melakukan latihan rutin
Anda tidak usah melakukan latihan rutin seperti jogging, treadmill dan lain- lain, karena hal seperti itu tidak akan membantu dalam melangsingkan badan.
Latihan rutin hanya membakar karbohidrat utama tetapi tidak membakar lemak!
Bagaimanapun, jika anda ingin menurunkan berat badan anda dengan membakar lemak cobalah untuk melakukan kedua hal ini setiap hari seperti dibawah ini,

Pertama adalah mengkontrol nafas anda dalam irama kecepatan jantung selama 10 menit dengan ritme menarik nafas perlahan selama 10 detik 1 kali lalu membuang nafas anda perlahan dalam hitungan 10 detik 1 kali membuang nafas dan menjaga tetap seperti itu selama 10 menit, hal ini akan memicu kecepatan metabolisme tubuh anda untuk melakukan pekerjaan membakar lemak menjadi energi, anda coba lakukan mungkin awalnya sangat sulit. Tetapi tidak membuang waktu anda yang sibuk, lakukan selagi istirahat atau ketika duduk di kantor.

Oke, jadi sekarang jangan sia- siakan waktu anda dengan latihan rutin, karena latihan rutin yang memacu gerakan hanya akan membakar karbohidrat utama, tidak membakar lemak!

Perlu catatan juga, jika anda berjalan kaki dan anda merasa nafas anda tersengal- sengal karena terlalu cepat berjalan, maka artinya anda hanya membakar karbohidrat, perlambat jalan anda.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information