Kiat Sukses Menjalankan Usaha Katering

Kiat Sukses Menjalankan Usaha Katering Diantara jenis usaha kuliner yang terbukti memiliki pelanggan setia adalah dengan menggeluti  bisnis usaha katering. Bisnis kuliner juga menjadi salah satu usaha yang tidak mungkin ada matinya, sebab manusia akan selalu membutuhkan makanan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Membuka bisnis kuliner memang dapat di lakukan dimana saja, akan tetapi ada baiknya apabila anda memilih tempat strategis untuk dapat menjual dagangan masakan anda, hal tersebut tidak lain adalah untuk lebih memudahkan masyarakat menjangkau lokasi kuliner yang anda miliki.

Namun, apa yang harus dilakukan apabila anda tidak memiliki cukup banyak modal untuk menyewa tempat usaha kuliner ? Solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuka bisnis usaha katering. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak sekali terdapat masyarakat yang memiliki berbagai macam kesibukan.

Dengan situasi tersebut menyebabkan mereka tidak dapat membagi dan meluangkan waktunya untuk memasak di dapur bagi keluarga dan dirinya sendiri. Peluang bisnis yang sangat baik harusnya tidak boleh anda sia – siakan.

Nah dalam tulisan  kami kali ini akan memberikan ulasan tips dan informasi bagi anda yang ingin merintis usaha catering, berikut informasinya mengenai Kiat Sukses Menjalankan Usaha Katering.


1. Menyiapkan Modal

Modal merupakan hal pertama yang harus anda siapkan untuk membuka usaha katering ini. Apabila anda hanya memiliki sedikit modal untuk dapat membuka usaha katering anda, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan alat – alat dapur yang sudah anda miliki di rumah.
Untuk modal awal bisnis katering, umumnya dengan modal sebesar Rp. 2.000.000 sudah bisa membantu anda untuk membuka usaha katering. Sedangkan untuk mengmebangkan usaha yang anda miliki, anda dapat memanfaatkan modal dari keuntungan yang anda dapatkan selama bisnis katering anda berlangsung.

2. Meningkatkan Pengetahuan

Anda harus mengetahui betul mengenai berbagai macam informasi mengenai jenis – jenis masakan yang saat ini banyak di minati dan di gemari oleh masyarakat. Anda bisa menambah informasi tersebut dari internet, pengalam seseorang ataupun buku – buku panduan kuliner.

3. Menyiapkan Mental Yang Kuat

Untuk dapat memulai sebuah usaha atau bisnis, anda harus berani menanggung apapun resiko di depan nanti. Buanglah jauh – jauh perasaan khawatir dan takut, sebab hal tersebut justru akan membuat anda tidak yakin untuk berhasil.
Selalu fikirkan hal – hal yang positif dan yakinkan diri anda bahwa anda dapat membangun dan menjalankan usaha katering anda ini hingga sukses.

4. Kualitas Masakan

Agar setiap pelanggan ataupun konsumen yang memesan katering di tempat anda puas, hal utama yang harus anda perhatikan adalah kualitas masakan yang anda olah.
Usahakan untuk selalu menjaga kualitas makanan anda dengan selalu memilih bahan makanan yang segar, menjaga kebersihan dan menghindari berbagai macam bahan – bahan pengawet makanan yang dapat membahayakan kesehatan.

5. Pemasaran Dan Promosi

Untuk dapat memasarkan dan mempromosikan makanan anda, anda bisa memulainya dengan memberikan label kemasan di setiap makanan yang anda jual kepada konsumen, mempromosikan melalui jejaring sosial, melalui koran, leaflet, menyediakan kartu nama, ataupun melalui mulut ke mulut dari saudara , tetangga hingga kerabat yang anda miliki.

Di dalam melakukan pemasaran bisnis anda, usahakan bahwa anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga para pelanggan tidak akan sungkan untuk membeli dan memesan makanan katering di tempat anda.

6. Harga

Sebagai pemula yang terjun ke dunia katering, sebaiknya anda jangan mematok harga yang terlalu tinggi dalam setiap makanan anda.

Anda bisa memberikan promo di awal bagi setiap konsumen yang mmebeli di tempat anda, sehingga apabila makanan yang anda olah terbukti lezat, maka secara otomatis mereka akan kembali untuk membeli di tempat anda meskipun anda sudah menaikkan harga katering anda.

Upayakan untuk memasang harga makanan anda seimbang dan mampu bersaing dengan harga katering di pasaran yang lainnya.

Dilansir dari kiat bisnis Bob Sadino

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information