Bayar sendiri, hitung sendiri, dan ambil sendiri

Bayar sendiri, hitung sendiri, dan ambil sendiri - Namanya cak Ri, Penjual bakso di pojokan bangunan himpunan mahasisa Fakultas Kelautan ITS...

Mempunyai 3 anak yang 1 kuliah di ITS, 1 di Politeknik Elektronika Surabaya dan 1 di UNAIR, mereka sekolah sampai jenjang kuliah tanpa beasiswa.

Siang itu Cak Ri duduk di depan para peserta Halal bi halal FTK ITS yang antusias ingin belajar bisnis di era disruptif..

Banyak pertanyaan dilemparkan, tapi tidak ada jawaban dari Cak Ri yang bisa memuaskan peserta. Misalkan, ketika ada pertanyaan, kiat jualan bakso tapi anaknya kuliah, jawabannya hanya, "biasa wae, gelem bakso, njupuk dewe, hitung dewe, dan bayar dewe."

Pertanyaan soal pembayaran bakso dijawab cak Ri... "Bayaren dewe, nduwe duit bayar, ora nduwe duit bayar mengko, hutang diiling2 dewe..”

Peserta halal bi halal sudah tidak tahu lagi harus bertanya apa, karena jawabanne selalu mengejutkan dari Cak Ri

Hingga seorang peserta bertanya, "Cak Ri, opo sampeyan nggak rugi dodolan koyok ngono carane ?"

Dengan wajah bingung Cak Ri balik bertanya, "Masalah niku napa to? Masalah niku sing kados pundi?"

Peserta itu mencontohkan "Niku lho Cak Ri, misalke pas arep bayar kuliah, tapi ora nduwe duit”

Dengan tersenyum cak Ri menjawab, "Oh... niku tho, nggih gampang wae, dereng wonten artho nggih kula nyuwun Gusti Allah, lha ndilalah mbenjang wonten ingkang mborong bakso”

Jawaban cak Ri menampar para peserta halal bi halal yang notabene adalah orang-orang pintar terpelajar. Orang-orang yang paham tentang ilmu energi dan bagaimana hukum energi bekerja. Energi selalu menarik energi yang bersifat sama.

Cak Ri tidak tahu apa itu masalah, sehingga tidak pernah menganggap hidupnya ada masalah.

Bagaimana mungkin masalah datang dalam kehidupannya...??

Misal hutang bakso, ora ditagih, mendadak ada alumni datang menyerahkan segepok uang, sambil menyampaikan “iki cak Ri, utang aku 10 tahun yg lalu mangan bakso, saiki wis aku nduwe duit, aku bayar lunas + bunga hutang..”

Misal lagi saat cak Ri, masuk Rumah Sakit, tiba2 kamar yg sebelumnya ekonomi, pindah ke kamar VIP, karena ada alumni yg menutup semua kebutuhan rawat inap, disebabkan alumni tersebut punya hutang bakso, dan dibayar lunas setelah 20 tahun lulus..

#KisahNyatatukangbakso

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information