Nama-Nama Surga Dan Tingkatan-tingkatannya

Surga yang kita tau dari informasi dari al-Qur'an ternyata banyak, bukan cuma satu, dan nama-namanya pun berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Inilah nama-nama surga dan tingkatannya
  1. SURGA FIRDAUS, 
  2. SURGA 'ADN, 
  3. SURGA NAIM, 
  4. SURGA MA'WA, 
  5. SURGA DARUSSALAM, 
  6. SURGA DARUL MUQAMAH, 
  7. SURGA AL _MAQAMUL AMIN, 
  8. SURGA KHULDI. 

Keterangan :

1). SURGA FIRDAUS :
Surga yang pertama dan berada di posisi paling atas bernama surga firdaus, surga ini diciptakan dari emas yang merah (bata emas merah) dan diperuntukkan bagi hamba-hamba Allah yang sholatnya selalu khusuk, menjauhkan diri dari perbuatan yang tak berfaedah dan tak berguna bagi agamanya, dan aktif dalam kegiatan sosial yang dalam al-Qur'an digambarkan dengan aktifitas menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, selalu menunaikan apa yang menjadi amanah bagi dirinya, selalu menepati janji dan menjaga sholatnya.


2). SURGA 'ADN :
Surga di tingkat kedua ada Surga 'adn yang bahan penciptaannya dari intan putih dan dikhususkan bagi hamba-hamba Allah yang bertakwa kepada Allah ( An-Nahl :30_31 ), benar dalam beriman dan beramal shaleh (Thaha : 75-76), memperbanyak amal dengan berbuat baik ( Fathir : 32 -33 ), sabar menghadapi ujian hidup, menginfaqkan hartanya dijalan yang diridloi Allah dan membalas kejahatan dengan kebaikan ( Ar -Ra'ad : 22 -23 ).


3 ) . SURGA NAIM :
Di urutan ketiga ada surga Naim, Surga yang penciptaannya dari bahan baku perak putih dan dikhususkan bagi hamba Allah yang bertakwa kepada ALLAH dengan takwa yang sebenarnya, tidak mencampur adukkan ketakwaannya dengan hal lain yang bersifat duniawi belaka dan istiqomah dalam beramal shaleh. Al-Qalam :34


4 ). SURGA MA'WA :
Di tingkat selanjutnya, yaitu di urutan ke empat ada Surga Ma'wa yang bahan dasar penciptaannya dari jamrud hijau dan dikhusukan bagi hamba-hamba Allah bertakwa (An Najm : 15 ), beramal shaleh (As-Sajadah : 19 ), serta takut kepada kebesaran ALLAH dan menahan hawa nafsu (An Naziat : 40 -41 )


5 ). SURGA DARUSSALAM :
Pada tingkat ke lima ada Surga yang bernama Surga Darus Salam, Surga yang bahan dasar penciptaannya terbuat dari yakut merah dan dikhususkan bagi hamba Allah yang mempertahankan iman dan keislamnya dengan selalu menjaga diri jangan sampai iman dan islamnya lepas dari hatinya, selalu muroqobah akan ayat-ayat (tanda-tanda kebesaran)  ALLAH serta beramal shaleh.


6 ). SURGA DARUL MUQAMAH :
Di urutan selanjutnya yaitu nomor Enam ada Surga yang bernama Darul Muqomah, Surga bahan dasar penciptaannya terbuat dari permata putih dan dikhususkan bagi hamba-hamba Allah yang senantiasa bersyukur kepada ALLAH. Kata Darul Muaqaamah berarti suatu tempat tinggal di mana di dalamnya orang-orang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu.

Tempat ini di peruntukkan hamba-hamba Allah yang senantiasa bersyukur sebagaimana disebutkan di dalam surat Fathir ayat 35.


7). SURGA AL-MAQAMUL AMIN :
Surga yang ketujuh yaitu surga Maqomul Amin, menurut Dr. M Taqiuddin dan Dr M Khan Kata Maqamul Amin berarti tempat yang orang yang berada di dalamnya merasa aman dan tidak ada ketakutan dan kehawatiran sama sekali di dalam hatinya. surga maqomul amin ini dikhususkan bagi hamba-hamba Allah yang bertakwa dan bahan dasar dari pada surga ini adalah permata putih.


8 ). SURGA KHULDI :

Surga yang terakhir adalah Surga Khuldi, Yaitu Surga yang diciptakan dari marjan merah dan kuning dikhususkan bagi hamba Allah yang taat menjalankan perintah-perintah ALLAH dan menjauhi larangannya (hamba Allah yang bertakwa ).


Semoga kita semua termasuk ke dalam salah satu dari 8 macam surga di atas.

Aamiin Allahumma Amiin....

Semoga keterangan tentang Nama-nama surga dan tingkatan-tingakatanya bisa bermanfaat..

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments