Manfaat dan Khasiat Buah Kelengkeng/Lengkeng

KiatJitu.com - Kelengkeng atau Lengkeng (Nephelium longanum) termasuk familia sapindaceae. Berasal dari Cina kerabat dekat rambutan (Nephelium lappaceum), kapulasan (Nephelium mutabile) dan leci (Nephelium litchi).


Pohonnya dapat menjadi besar dan bercabang banyak, daunnya rimbun dan dapat berproduksi hingga umur 100 tahun. Buahnya kecil sebesar kelereng, kulitnya berwarna cokelat tanpa bulu, dagingnya bening serta berbiji hitam, dan rasanya manis menyegarkan.


Kelengkeng atau lengkeng termasuk buah yang disukai di Indonesia. Kelengkeng dalam bahasa Cina berarti mata naga. Rasanya manis dan menyegarkan.


Buah ini banyak mengandung sukrosa dan glukosa, protein lemak, asam yang berguna untuk memulihkan dan meningkatkan stamina yang sembuh dari sakit, dan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi.


Kandungan vitamin C, mineral serta kalori membuat lengkeng semakin diminati. Berikut kandungan gizi dari buah 100 gram buah lengkeng.

Khasiat dan Manfaat Buah Bit Beetroot untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Kelengkeng/Lengkeng


Menghilangkan Racun

Benih mengandung saponin yang dapat menetralkan racun serta menghilangkanya. Seperti digigit serangga ataupun ular. Saponin dal;am lengkeng juga dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut.

Merawat Kulit

Kandungan vitamin C dalam lengkeng berfungsi sebagai antioksidan dan dapat merawat kulit. dalam lengkeng juga terkandung sifat anti penuaan yang mana dapat merwat serta menghaluskan kulit.

Baik untuk Jantung

limpa dan hati anda akan dijaga dan dirawat oleh kandungan yang terdapat dalam lengkeng, karena Lengkeng dapat memberikan efek rileksasi terhadap jantung dan juga memperlancar sirkulasi darah. Dengan demikian lengkeng dapat mencegah terkena serangan jantung.
Asam Jawa Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Kaya Vitamin C

Vitamin C yang berlimpah dalam buah lengkeng sangat bermanfaat untuk menjag kondisi tubuh dari serangan berbagai macam virus, seperti influenza, dan juga vitamin C dalam lengkeng mampu memperbaiki daya serap zat besi sehingga meningkatkan mekanisme produksi darah.

Rendah Lemak

Timbunan lemak ditubuh yang selalu anda khawatirkan, sekarang tak usah takut dan khawatir lagi jika sering mengonsumsi lengkeng. Lengkeng memiliki rendah lemak tetapi kaya energi, sehingga anda dapat mengambil energi secara maksimal tetapi aman terhadap efek samping bagi tubuh.

Menghindari Anemia

Lengkeng dapat mencegah anemia, karena lengkeng mampu meningkatkanasimilasi zat besi dalam tubuh.

Mempercepat penyembuhan

Kandungan polifenol dalam buah lengkeng dapat menghambat radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit kanker yang merusak sel. Selain itu kandungan gula dapat memberikan energi sehingga lengkeng membantu mempercepat penyembuhan.
Khasiat Daun Sirih Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Baik Bagi Saraf

Buah lengkeng memberikan efek rileksasi terhadap fungsi saraf, sehingga menekan berbagai macam pemacu emosi berlebihan dan mengobati gangguan neurasthenik dan juga insomnia.


Sekian dulu pemaparan tentang Manfaat dan Khasiat buah kelengkeng/lengkeng dari KiatJitu.com, Semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments