Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Ginjal

Khasiat Bayam Bagi Ginjal

Kiatjitu.com - Bayam atau yang bernama botani Amaranthus tricolor L adalah suku amaranthaceae, yang dikenal didaerah dengan nama bayam glatik, bayam putih, bayam merah (jakarta), bayam abrit, bayam sekul, bayam siti (jawa), dan jawa lufife, tonama gaahu, baya roriha, loda kohori (maluku).





Terdapat tiga jenis varietas bayam yang termasuk kedalam Amaranthus tricolor L, yaitu bayam hijau biasa, bayam merah (blitum rubrum), batang dan juga daunnya berwarna merah, dan bayam putih terlihat berwarna hijau keputihan. 

Bayam yang dijual di pasaran dan biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan atau bayam sekul. 

Selain itu, dikenal juga bayam, kakap (A. hybridus), bayam duri (A. spinosus), dan bayam kotok/tanah (A. blitum). 

Jenis bayam yang dibudidayakan adalah A. tricolor dan A, hibridus, sedangkan bayan lainnya tumbuh liar.


Bayam dapat disayur bening, dibuat gado-gado, pecel atau direbus, dijadikan lalap kadang kadang daun bayam yang muda dam lebar digunakan pula sebagai rempeyek. 

Tanaman bayam dapat diperbanyak dengan biji.

Secara umum tanaman bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pada pencernaan. 

Bayam termasuk sayuran yang berserat dapat digunakan untuk memperlancar buang air besar.

Daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, juga daun bayam dapat memperkuat akar rambut dan mengobati tekanan darah rendah, kurang darah (anemia) dan gagal ginjal. 

Selain itu pada akar bayam merah dapat digunakan untuk pengobatan disentri.


Cara pemakaian bayam sebagai obat

Sediakan daun segar (25-30 g) lalu rebus dan makan, sebagai lalap-lalapan. Selain direbus, bayam  bisa juga dijus untuk diminum. 

Sedangkan untuk pemakaian luar, Giling daun bayam segar sampai halus, kemudian tempelkan pada luka  gigitan binatang berbisa.

Sekian dulu pemaparan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Ginjal dari Kiatjitu.com, Semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information