Kunyit Memiliki Khasiat Yang Ajaib Untuk Kesehatan

Kiatjitu.com - Kunyit adalah rempah-rempah yang selalu ada disetiap rumah karena selalu dimanfaatkan sebagai bumbu masakan oleh ibu-ibu rumah tangga, kunyit atau kunir (jawa) koneng (sunda) setiap daerah berbeda namanya, sedangkan nama botaninya adalah Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. Tergolong suku jahe-jahean.


Kunyit ini selain dijadikan bumbu penyedap sering juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional dan modern. Tercatat beberapa produk farmasi yang menggunakan bahan kunyit untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti arthritis-rheumatoid, osteo-arthritis yang biasanya berbentuk kapsul. Selain itu, kunyit juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit lain diantaranya :
Wajah Putih Dengan 3 Cara Ampuh

Khasiat Ajaib yang dimiliki Kunyit

Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu pembunuh terbesar sedangkan kunyit adalah bahan yang paling kuat dalam memerangi kanker. Bahkan mengalahkan vitamin D.

Studi telah membuktikan bahwa rempah menghambat pertumbuhan kanker dan mempromosikan anti-angiogesis (proses menghalangi pertumbuhan pembuluh darah kanker) yang membantu mencegah perkembangan pertumbuhan sel.

Menyehatkan Jantung

Kunyit dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena menjadi sumber yang kaya kurkumin, yang dikenal dapat membantu fungsi kerja jantung sekaligus memperkuat lapisan pembuluh darah, kurkumin dalam kunyit dapat mengurangi kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan, dengan kunyit hal itu dapat dicegah.
Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Baik untuk Otak

Studi menunjukan bahwa kunyit dapat membantu memperlambat proses penuaan pada otak, dengan begitu dapat membantu penderita penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer atau demensia. kandungan Kurkumin, adalah pewarna alami terbukti memperbaiki sel-sel otak pada penderita penyakit neurodegeneratif.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan dalam kunyit mungkin bisa memecah plak amiloid di otak yang berkontribusi terhadap demensia dan meningkatkan aliran oksigen ke otak.

Menurunkan Berat Badan

Anti-angiogesis sifat dari kunyit juga dapat membantu dalam penurunan berat badan dengan menghambat sel-sel lemak untuk makan dari nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh.
Khasiat Daun Sirih Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Kunyit juga merangsang kandung empedu untuk menghasilkan asam empedu. Asam empedu membantu memecah makanan dan mencerna lemak, kunyit juga dapat meningkatkan sistem pencernaan dan membantu Anda mengendalikan berat badan.

Melawan Diabetes

Kunyit telah terbukti membantu kadar insulin dalam tubuh dan meningkatkan kontrol glukosa. Ini juga telah dikenal untuk membantu mengurangi resistensi insulin, yang dapat mencegah timbulnya diabetes tipe-2."

Melawan Influenza

Sifat antibakteri dan antivirus pada kunyit akan membantu sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih siap untuk melawan dingin dan flu.

Studi menunjukan, kurkumin pada kunyit membantu merangsang sistem kekebalan tubuh bahkan ketika cuaca dingin membuat kunyit ini menjadi obat alami yang baik. Ketika flu melanda seduhlah air lemon dicampur kayu manis, jahe dan tentu saja tambah kunyit sebagai dasar rasa yang alami, didihkan selama 10 menit. Lalu nikmatilah khasiatnya Anda akan merasa lebih baik.

Mengobati Luka

Sifat anti-inflamasi dan anti-septik membuat disinfektan alami yang sangat baik dalam penyembuhan luka, Kunyit juga dapat membantu sel-sel kulit yang rusak dan memperbaiki kondisi kulit lainnya seperti psoriasis atau luka bakar.
Khasiat Daun Jambu Biji

Mencerahkan Kulit

Antioksidan pada kunyit dapat dijadikan bahan untuk perawatan wajah agar tampak bersinar karena antioksidan pada kunyit mampu bekerja untuk memperlambat kerusakan sel, juga membantu untuk mengelupaskan dan meredakan kondisi kulit seperti kulit kering dan jerawat.

Sekian dulu Ulasan tentang Kunyit Memiliki Khasiat Yang Ajaib Untuk Kesehatan dari Kiatjitu.com, Semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments