Tanaman Patah Tulang Memiliki Khasiat dan Manfaat Yang Banyak Sekali

 Kiatjitu.com - Patah Tulang atau istilah ilmiahnya dikenal dengan sebutan Euphorbia tirucalli L adalah tanaman herbal berasal dari suku Euphorbiaceae. 

Untuk nama Patah tulang di Indonesia, memiliki nama yang berbeda-beda,  antara lain adalah susuru (sunda), kayu urip, pacing tawa, tikel belung (jawa), kayu jaliso, kayu leso, kayu langtolang, kayu tabar (madura) kayu potong (tanean).


manfaat patah tulang mengobati penyakit

Masyarakat Indonesia kebanyakan menjadikan patah tulang sebagai tanaman pagar, tanaman hias dipot, tanaman obat, atau kadang tumbuh liar begitu saja. Tanaman ini menyukai tempat terbuka yang terkena cahaya matahari langsung. 
Buah Naga dan Khasiatnya yang Banyak Sekali Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Tanaman Patah Tulang

Khasiat dari Ranting patah tulang yang telah kering jika dibakar dapat mengusir nyamuk.

Untuk meracuni ikan, bisa juga menggunakan Getah patah tulang, sehingga ikan mudah ditangkap.

Akan tetapi, jika getah patah tulang mengenai mata, maka bisa menyebabkan kebutaan.

Di Jawa tanaman ini jarang berbunga, berbeda dengan di luar jawa. Tanaman ini oleh masyarakat diperbanyak dengan cara distek batang.

Khasiat dan Manfaat Daun Singkong Yang Perlu Anda Ketahui

Sifat dan Khasiat Tanaman Patah Tulang

Patah tulang memiliki bau lemah, apabila di rasa dengan lidah, rasa mula-mula tawar, akan tetapi lama-kelamaan akan timbul rasa tebal dilidah. 
Getahnya beracun (toksik) dan perangsang muntah.
 

Akar dan ranting berkhasiat untuk mengatasi nyeri lambung (gastritis), tukak rongga hidung, rematik, tulang terasa sakit, nyeri saraf, wasir, dan sifilis. 

Batang kayu patah tulang digunakan untuk sakit kulit, kusta (Morbus Hansen), serta baal (mati rasa) pada kaki dan tangan.
Buah Pisang Mengandung Nutrisi Penting Yang Sangat Diperlukan Oleh Tubuh, Inilah Penjelasannya

Cara pemakaian Tanaman Patah Tulang

Giling halus akar dan ranting patah tulang yang telah dikeringkan menjadi bubuk. Campur dengan lontong beras sampai merata, lalu bentuk menjadi pil kecil-kecil sebesar telur cecak. Jemur sampai kering supaya dapat disimpan. Makan jika perlu.

bagian tubuh luar juga bisa diobati dengan herba ini, caranya adalah tumbuk halus herba segar, lalu turapkan ketempat yang sakit, seperti bisul, kurap,terkilir, tulang patah, rematik, tahi lalat besar dan gatal, cacar ular (herpes zooter), borok atau ulkus karena frambusia, sakit gigi, radang telinga dan tertusuk duri atau tulang ikan.

Herba segar bisa digunakan dengan mencampur herba yang telah ditumbuk halus dengan susu untuk penyakit kulit, seperti gatal-gatal, kurap, tumor, kutil dan kapalan (clavus).

9 Khasiat Dan Manfaat Daun Kemangi yang Luar Biasa
Demikian Ulasan Tanaman Patah Tulang Memiliki Khasiat dan Manfaat  Yang Banyak Sekali, Semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments