Khasiat dan Manfaat Gandarusa

Khasiat dan Manfaat Gandarusa - Gandarusa adalah tumbuhan liar yang biasanya ada di hutan, tanggul sungai atau ditanam sebagai tumbuhan obat atau tanaman segar. Gandarusa lebih populer yang berbatang coklat kehitaman, walaupun ada juga yang berwarna hijau. Daunnya dapat digunakan untuk membunuh serangga, Gandarusa diperbanyak dengan stek batang.

Baca Juga : Khasiat Dan Manfaat Buah Durian

Khasiat  dan Manfaat Gandarusa

Memiliki rasa yang pedas, sedikit asam dan sifatnya netral itulah rasa dari Daun gandarusa, sedangkan kulit gandarusa mempunyai khasiat sebagai perangsang muntah. 

Daunnya berkhasiat mengatasi bengkak akibat terpukul atau terbentur (memar) keseleo. tulang patah (fraktur), rematik sendi, h4id tidak teratur, tidak datang h4id (amenore) demam, nyeri pinggang, mual selagi batuk dan sesak. 

Akar berkhasiat untuk mengatasi rematik, demam, kencing terasa nyeri (disuria) keram otot, sakit kuning, (jaundice), diare dan anak kaceil yang kurus sekali (marasmus)

Baca juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah


Cara Pemakaian Gandarusa

Untuk obat yang diminum, rebus daun segar (30-60 g) atau tumbuk dan diperas, lalu gunakan air yang terkumpul. Jika memakai yang telah dikeringkan, rebus daun yang telah kering (15-30g) atau akar kering (3-10 g).

Untuk pemakaian luar. pipis herba segar, lalu tempelkan ditempat yang sakit, seperti tulang patah, pembengkakan kelenjar, bengkak terkilir, dan bisul, gunakan perasan air daun segar sebagai obat tetes telinga yang sakit. bisa juga air rebusan herba untuk mencuci koreng atau borok.


Contoh resep pemakaian Gandarusa

Memar, keseleo, rematik, tulang patah
Rebus daun gandarusa segar (30-60g) atau yang kering (15-30g) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, lalu minum pagi dan sore, setengah gelas.

Baca juga : Khasiat Daun Sirih Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sekian dulu pembahasan tentang Khasiat dan Manfaat Gandarusa Khasiat dan Manfaat Gandarusa dari KiatJitu.com, semoga bermanfaat
Berobat adalah sebuah bentuk ikhtiar dari seorang hamba untuk sembuh, pada hakekatnya yang menyembuhkan adalah Allah, bukan obat itu sendiri. Akan tetapi berobat adalah perintah dari Allah, dan menjalankan perintah termasuk bentuk ketaatan yang dikategorikan ibadah.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments