Khasiat dan Manfaat Gandarusa

KiatJitu.com - Gandarusa adalah tumbuhan liar yang biasanya ada di hutan, tanggul sungai atau ditanam sebagai tumbuhan obat atau tanaman segar. Gandarusa lebih populer yang berbatang coklat kehitaman, walaupun ada juga yang berwarna hijau. Daunnya dapat digunakan untuk membunuh serangga, Gandarusa diperbanyak dengan stek batang.

Khasiat Dan Manfaat Buah Durian

Khasiat  dan Manfaat Gandarusa


Memiliki rasa yang pedas, sedikit asam dan sifatnya netral itulah rasa dari Daun gandarusa, sedangkan kulit gandarusa mempunyai khasiat sebagai perangsang muntah, Daunnya berkhasiat mengatasi bengkak akibat terpukul atau terbentur (memar) keseleo. tulang patah (fraktur), rematik sendi,  haid tidak teratur, tidak datang haid (amenore) demam, nyeri pinggang, mual selagi batuk dan sesak. 

Akar berkhasiat untuk mengatasi rematik, demam, kencing terasa nyeri (disuria) keram otot, sakit kuning, (jaundice), diare dan anak kaceil yang kurus sekali (marasmus)

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah
Cara Pemakaian Gandarusa
Untuk obat yang diminum, rebus daun segar (30-60 g) atau tumbuk dan diperas, lalu gunakan air yang terkumpul. Jika memakai yang telah dikeringkan, rebus daun yang telah kering (15-30g) atau akar kering (3-10 g).

Untuk pemakaian luar. pipis herba segar, lalu tempelkan ditempat yang sakit, seperti tulang patah, pembengkakan kelenjar, bengkak terkilir, dan bisul, gunakan perasan air daun segar sebagai obat tetes telinga yang sakit. bisa juga air rebusan herba untuk mencuci koreng atau borok.

Contoh resep pemakaian
Memar, keseleo, rematik, tulang patah
Rebus daun gandarusa segar (30-60g) atau yang kering (15-30g) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, lalu minum pagi dan sore, setengah gelas.
Khasiat Daun Sirih Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sekian dulu pembahasan tentang Khasiat dan Manfaat Gandarusa Khasiat dan Manfaat Gandarusa dari KiatJitu.com, semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments