Khasiat Dan Manfaat Buah Durian

KiatJitu.com - Dalam refrensi Istilah barat Durian diistilahkan sebagai "smells like hell, but tastes like heaven" hal tersebut dikarenakan aromanya yang cukup menyengat, namun cita rasanya sangat lezat. 

Buah Durian asli Asia Tenggara tumbuh di Indonesia, Malyasia, thailand, dan Filipina serta negara Asia lainnya. Buah berbentuk bulat, bujur telur, bulat memanjang bujur pir, berduri tumpil tetapi sangat tajam, ada yang kecil dan besar, warna kulitnya hijau muda, hijau tua, kekuning-kuningan.

Durian lembut dan mudah dicerna, Gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa, lemak sederhana pada durian dapat mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan cepat. Durian sangat baik diberikan bagi anak-anak sebagai makanan suplemen untuk menambah berat badan. Berlawanan dengan pemahaman umum, lemak pada durian tidak mengandung kolesterol.
Manfaat Buah Duku


Manfaat dan Khasiat Buah Durian



Kandungan Buah Durian
Setiap 100 g durian terdiri atas 67 g air, 28.3 g karbohidrat, 2.5 g protein, 2.5 g lemak. 1.4 g serat, 63 mg fosfor, 601 mg kalium, 20 mg kalsium. 1.27 mg tiamin, 0.29 mg riboflavin, dan 57 mg vitamin C.

Durian kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan dan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus.

Kandungan vitamin C yang tinggi bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan vitamin B komplek seperti niasin, riboflavin, asam pantotenat, piridoksin, dan tiamin. Vitamin tersebut merupakan vitamin essensialyang tidak diproduksi oleh tubuh.
Manfaat dan Khasiat Buah Kelengkeng/Lengkeng
Durian mengandung mineral mangan, besi, tembaga, dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai koktor untuk enzim antioksidan dismutase superoksida. 

Tembaga dan besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Kalium bermanfaat untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Penelitian dari Ohio State University menyatakan bahwa fitonutrien dalam durian mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah katarak, serta menurunkan risiko terhadap penyakit kronis seperti kanker, DM, jantung dan hipertensi.

Departemen of Pharmacology & Toxycology School of medicine, State University off New York memberikan catatan tentang manfaat zat fitosterol, yakni memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki ketahanan terhadap kanker, dan secara langsung menghambat pertumbuhan tumor.

Profesor.Dr.Aminuddun AHK dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Kebangsaan Malaysia menyatakan bahwa durian mengandung 3 jenis gula alami, yakni sukros, fruktosa dan glukosa. Berkombinasi dengan serat durian memberikan tambahan energi bagi yang mengonsumsinya.
Khasiat dan Manfaat Buah Bit Beetroot untuk Kesehatan
Survei terbaru yang telah dilakukan oleh MIND menunjukan, diantara masyarakat yang mengalami depresi memperoleh kondisi yang lebih baik setelah makan durian. Hal ini tidak lain disebabkan di dalam durian terdapat triptofan, asam amino yang dapat diubah dalam tubuh menjadi serotonin sehingga tubuh menjadi rileks. Mood meningkat dan secara umum membuat perasaan lebih bahagia.
Khasiat Dan Manfaat Buah Durian

Sekian Dulu penjelasan tentang Khasiat dan Manfaat Buah Durian Khasiat dan Manfaat Buah Durian dari KiatJitu.com, Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information