Manfaat Mengkonsumsi Ikan, Tubuh Sehat, Jantung Terjaga

Kiatjitu.com  Ikan adalah makanan kaya protein dan rendah lemak yang paling cepat dan mudah diolah. Bahan pangan ini merupakan bagian penting dari pola makan sehat dan mudah dikombinasikan dengan bahan pangan lain karena variasi ikan yang sangat beragam. 

Ikan putih memiliki lemak yang sangat rendah serta kaya mineral dan minyak ikan sehingga merupakan penghasil penting asam lemak omega-3.

Ikan putih memiliki lemak yang sangat rendah serta kaya mineral

Sama seperti makanan laut lainnya, jika ikan disajikan dengan makanan berlemak seperti saus krim, kandungan lemaknya pun bertambah. Masaklah ikan putih atau ikan berminyak dengan cara sesederhana mungkin, misalnya dengan menambahkan sedikit air perasan lemon dan lada hitam.

Tetap Sehat Dan Berstamina Di Usia Tua


Manfaat Mengkonsumsi Ikan 


Kandungan pada ikan

  1. Vitamin A
  2. Vitamin D
  3. Kalsium
  4. Fluoride (zat kapur)
  5. Fosfor 
  6. Protein
  7. Asam lemak Omega-3
  8. Yodium

Kelebihan ikan


  • Sumber protein yang sangat baik untuk pembentukan otot dan perbaikan jaringan tubuh.
  • Ikan yang mengandung minyak menyediakan kalori lebih banyak dibanding ikan putih dalam bentuk lemak tak jenuh.
  • Yodium dalam ikan penting untuk mengatur prooduksi hormon yang mengendalikan seluruh fungsu tubuh agar tetap fit. 
Kiat Jitu Untuk Selalu Perkasa

Manfaat ikan

Segala jenis ikan adalah makan berprotein dengan lemak yang rendah. Ikan putih (contoh : cod, gurame, dan kakap) merupakan jenis ikan rendah lemak tapi kaya mineral, salah satunya yodium. 

Yodium juga ditemukan dalam makanan laut dan jenis ikan yang mengandung minyak. Yodium berasal dari tumbuhan laut yang dimakan oleh ikan dan penting untuk mencegah gondok serta memproduksi hormon tiroid yang disebut tiroksin.


Jenis-jenis ikan yang mengandung minyak

Kebanyakan ikan salmon diternakan tetapi kini ukan salmon liar dan organik juga tersedia Salmon liar dan organik berwarna lebih pucat, lebih rendah lemak dan lebih padat, karena dagingnya tidak diberi pewarna yang ditambahkan dalam makanannya. Jenis ikan ini juga lebih banyak bergerak dibanding ikan ternak.

Salmon trout adalah nama yang digunakan untuk jenis ikan rainbow, trout besar dan rainbow trout merupakan jenis utama dari ikan trout yang dibudidayakan. 
Agar Kondisi Tubuh selalu Fit dan Prima

mengandung minyak kaya akan lemak tak jenuh ganda penting yang disebut asam lemak omega-3

Ikan ini berasal dari danau dan sungai di Amerika Utara dan dikenal dengan warna ungu atau lembayung yang lebar sepanjang sisinya dan titik hitam pada ekornya. 

Ikan trout coklat merupakan ikan trout air tawar Erofa warnanya bervareasi, tapi biasanya berwarna kecoklatan dengan titik hitam dan merah. Ikan jenis ini hidup dilaut dikenal sebagai sea trout (ikan trout laut) Haring, makarel dan sarden.


Omega-3 dalam ikan

Ikan yang mengandung minyak kaya akan lemak tak jenuh ganda penting yang disebut asam lemak omega-3, Lemak omega-3 berfungsi mengencerkan darah sehingga darah tidak menggumpal yang dapat menyebabkan serangan jantung. Zat gizi ini juga membantu menurunkan tekanan darah. 

Beberapa lemak omega-3 bertahan meskipun dikalengkan. Ikan kalengan (contohnya sarden) kaya akan kalium fosfor, dan fluoride karena tulangnya dapat dimakan. Sedangkan ikan kalengan tanpa tulang rendah kandungan nutrisinya. Ikan berminyak mengandung vitamin larut lemak, yaitu vitamin A dan D.

Kunyit Memiliki Khasiat Yang Ajaib Untuk Kesehatan

Berapa banyak ikan yang harus dimakan

Untuk memperoleh manfaatnya, ikan harus menjadi bagian rutin dalam pola makan. Menyantap 2 porsi ikan setiap minggunya dan membuat satu jenis makanan dari ikan berminyak, akan memberikan jumlah lemak omega-3 yang tepat untuk kesehatan. Ikan juga mengandung lemak tak jenuh dan memberikan asupan lemak yang lebih rendah.

Demikianlah sedikit gambaran tentang manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan semoga bermanfaat. Salam Kiatjitu.com

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments