Daun Katuk Memiliki Khasiat dan Kegunaan Yang Luar Biasa

Kiatjitu.com - Daun katuk mempunyai nama ilmiah sauropus androgynus, tanaman ini di Indonesia serta wilayah Asia lainnya sejak lama sering dijadikan menu harian untuk santapan. 

Biasanya daun katuk dijadikan sayur karena rasanya enak serta  nilai nutrisinya yang lengkap. Bukan itu saja daun katuk juga mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk mencegah serta mengobati penyakit.

Sudah sejak jaman dahulu kandungan daun katuk dapat dijadikan obat untuk mencegah serta mengobati beberapa penyakit. Berikut aneka gizi daun katuk yang sangat bermanfaat.

daun katuk memiliki manfaat dan khasiat


Daun Katuk Sumber Vitamin Terbaik

Kandungan vitamin C yang terkandung dalam katuk cukup banyak sebesar 239 mg/100 g, hampir sama dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah-buahan bahkan lebih tinggi. 

Bila Anda menginginkan menambah porsi vitamin C untuk tubuh Anda, maka mengonsumsi daun katuk bisa dijadikan solusinya.

Daun katuk-pun bisa dijadikan alternatif untuk menghindari sakit flu, bila gejala flu datang Anda bisa mengonsumsi sayur katuk dalam menu harian Anda. 


Kandungan vitamin C dalam katuk cukup memadai sebagai daya tahan untuk tubuh serta mampu menahan dan menghindari penyakit flu yang Anda alami, lalu serta merta gejala  dan sakit flu-pun reda.
Khasiat Daun Binahong Yang Jarang Diketahui Orang

Daun Katuk Menjaga Kesehatan Mata

Daun katuk kaya vitamin A, didalam daun katuk terkandung vitamin A sebesar 10.370 mg/100 g. Daun katuk mengandung retinol dan betakaroten, senyawa tersebut menjadi sumber vitamin A yang cukup memadai dan diperlukan untuk kesehatan mata.

Vitamin A juga dapat berfungsi sebagai antioksidan penting untuk menjaga tubuh dari berbagai macam radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh, dengan mengonsumsi sayuran katuk maka penyebaran radikal bebas dalam tubuh dapat dibatasi.

7 Makanan Yang Harus Dihindari Bagi yang Sering Kencing

Daun Katuk Mengurangi Efek Nikotin

Dalam sebuah uji ilmiah yang dilakukan di California terungkap bahwa vitamin A dapat mengurangi efek buruk benzene yang terdapat pada nikotin (yang berasal dari tembakau yang di hisap perokok aktif maupun perokok fasif).

Daun Katuk Kaya Klorofil

Daun katuk merupakan jenis sayuran yang kaya klorofil. Klorofil adalh pigmen alami yang dimiliki tanaman. 

Walaupun bukan komponen gizi, peran klorofil cukup penting, terutama untuk proses fotosintetis-perubahan zat anorganik menjadi zat organik yang tertimbun menjadi pangan nabati.

Kadar klorofil pada daun katuk delapan kali lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran daun lainnya. Karena itu, kandungan nutrisi pada katuk juga tinggi.

Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Penyakit Yang Berat

Daun Katuk Katuk Meningkatkan Produksi ASI

Ibu yang sedang menyusui dinjurkan minum ekstrak daun katuk atau sayur bening katuk agar produksi ASI mereka meningkat.

Uji ilmiah membuktikan bahwa daun katuk memiliki senyawa yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Peningkatan produksi ASI dalam hal ini sangat besar dipengaruhi oleh adanya polifenol dan steroid yang memengaruhi refleksi prolaktin untuk merangsang arveoli yang bekerja aktif dalam pembentukan ASI.

Selain itu, peningkatan ASI juga dirangsang oleh hormon ositosin. Peningkatan hormon ositosin dipengaruhi oleh polifenol yang ada pada katuk. 


Peningkatan hormon ini akan membuat ASI mengalir lebih deras dibanding dengan biasanya. ASI yang diproduksi oleh ibu yang mengonsumsi daun katuk memiliki kualitas yang lebih baik daripada ASDI bu yang tidak mengonsumsi daun katuk. 

Peningkatan kualitas ASI tersebut antara lain karena peningkatan kadar laktoferin. Laktoferin adalah bioaktif yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.
Obati Sakit Gigi Dengan Cara Alami dan Murah Meriah 

Daun Katuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Tidak hanya bagi para wanita, bagi pria pun daun katuk sangat bermanfaat. Uji klinis membuktikan bahwa konsumsi daun katuk secara rutin akan meningkatkan gairah s3k-su@l serta meningkatkan kuantitas sperma.

Daun katuk mengandung tujuh macam senyawa katif yang merangsang aktifitas hormon steroid (progesteron, estradiol, testoteron), glukotikoid, prostalagnin, prostasiklin, tromboksan, lipoksin, dan leukotrin. 

Kiat Jitu Untuk Selalu Perkasa
Keberadaan hormon-hormon tersebut sangat penting untuk orang dewasa, khususnya yang  berkaitan dengan aktifitas s3k-su@l.
Tetap Sehat Dan Berstamina Di Usia Tua 

Itulah Pemaparan  Khasiat daun Katuk yang luar biasa Manfaat yang dikandungnya. semoga bermanfaat. Salam Kiatjitu.com

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments