Khasiat Daun Jambu Biji, Remeh Tapi Luar Biasa Khasiatnya

Kiatjitu.com - Jambu biji merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki rasa yang manis dengan harga jual yang cukup murah sehingga banyak digemari oleh banyak kalangan. 

Sebagai obat, buah jambu biji memiliki reputasi sebagai obat demam berdarah yang dipercaya bisa meningkatkan jumlah trombosit sehingga demam berdarah bisa sembuh. Tidak hanya buahnya, daun jambu biji juga kerap digunakan sebagai tanaman obat. 

Untuk masakan biasanya daun jambu biji digunakan untuk memasak pindang telur dan memberikan warna coklat alami. Daun jambu biji banyak digunakan untuk obat diare, apa lagi manfaat daun jambu biji untuk obat?



Khasiat dan Manfaat daun Seledri
Khasiat daun jambu biji untuk kesehatan disponsori oleh kandungannya yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Kaya akan vitamin C juga, kandungan yang terdapat pada daun biji antara lain adalah serat pangan, komponen karotenoid, polifenol, dan kandungan bermanfaat lainnya. 

Pemanfaatan daun jambu biji sebagai obat dilakukan untuk mengatasi penyakit seperti diare, maag, sariawan, masuk angin, demam berdarah, kolesterol tinggi, perut kembung, dan luka berdarah. Bagaimana memanfaatkan daun jambu biji? Berikut ulasannya.


5 Manfaat Daun Pandan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Kita

Daun Jambu Biji untuk Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol tinggi disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti daging merah, seafood, olahan susu, makanan berminyak dan lain sebagainya. Penelitian menunjukkan bahwa penderita kolesterol tinggi yang mengkonsumsi ramuan daun jambu biji secara teratur kolesterolnya bisa turun ke level normal, caranya adalah:

Siapkan 7 lembar daun biji jambu yang masih segar, cuci bersih
Tambahkan 2 lembar daun ceremai dan 10 lembar daun sirih
Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya
Bagi air rebusan menjadi 2 bagian dan masing-masing diminum pada pagi dan malam hari.


Daun Jambu Biji ampuh Mengatasi diare

Ramuan daun jambu biji bisa membunuh bakteri penyebab diare dan mengurangi mencret-mencret, mengurangi nyeri di perut, dan memadatkan tinja sehingga tidak encer. Cara memanfaatkan khasiat daun jambu biji untuk kesehatan adalah sebagai berikut:


  1. Siapkan 3 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih, ambil pucuknya
  2. Makan langsung pucuk daun jambu biji. Untuk menyamarkan rasanya yang pahit, bisa ditambahkan garam sedikit.
  3. Jika makan daun mentah dirasa terlalu sulit, daun bisa direbus terlebih dahulu
  4. Atau daun jambu biji dikeringkan lalu diseduh dengan air panas seperti menyeduh teh

Manfaat Daun Sirih Untuk Menyembuhkan Penyakit

Obat demam berdarah

Mengatasi penyakit demam berdarah harus dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan intensif agar bisa sembuh. Selama masa perawatan, penderita demam berdarah boleh mengkonsumsi ramuan daun jambu biji untuk menambah darah dan agar virus DB bisa segera mati. Caranya adalah:


  1. Siapkan 5 lembar daun biji yang sudah dicuci bersih
  2. Rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih
  3. Minum ramuan daun jambu biji setiap 4 jam sekali sampai sembuh

Mengatasi masuk angin

Masuk angin menyebabkan rasa perih di perut yang kadang tidak tertahankan. Masuk angin disebabkan karena banyak udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan dibandingkan dengan makanan sehingga lambung penuh dengan gas. Agar angina tau gas di dalam perut bisa dikeluarkan dengan cepat, caranya adalah membuat ramuan daun jambu biji seperti berikut ini:


  1. Siapkan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda
  2. Tambahkan dengan 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah dan garam secukupnya
  3. Cuci daun jamu biji dan cabai sampai bersih lalu rebus semua bahan dengan air 1 liter hingga mendidih
  4. Setelah air rebusan mendidih, matikan api dan tunggu hingga dingin
  5. Saring air rebusan lalu minum sebanyak 2 kali sehari.

Khasiat Daun Salam Untuk Penyakit Berbahaya
Demikian pemaparan beberapa khasiat daun jambu biji untuk kesehatan yang Kiatjitu.com bisa uraikan, semoga pemaparan di atas dapat bermanfaat untuk pembaca. 

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments