Buah Pisang Mengandung Nutrisi Penting Yang Sangat Diperlukan Oleh Tubuh, Inilah Penjelasannya

Kiatjitu.com - Pisang adalah buah-buahan yang sangat banyak sekali jenisnya, dan pada umumnya buah dari family musaceae ini terbagi pada tiga golongan yaitu : 

Golongan yang enak dimakan  (Musa paradisiaca L). 
Golongan yang diambil seratnya saja (Musa textilis Noe). 
Golongan yang hanya dijadikan hiasan (Heliconia indica Lamk).

Pisang yang enak dimakan dan biasa dijadikan santapan setelah penutup makan dibagi dalam 2 kelompok yaitu

Buah Pisang Mengandung Nutrisi Yang Sangat Diperlukan Oleh Tubuh

Pisang Meja. Jenis pisang ini dapat disajikan dalam keadaan segar dan dimakan langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu, seperti pisang raja, pisang emas, pisang ambon dan lain lain.

Pisang Olah. Bisanya jenis pisang ini selalu disajikan dan dapat dimakan setelah diolah terkebih dahulu dengan dibakar, direbus, dikukus dan lain-lain, seperti pisang nangka, pisang klutuk, pisang raja uli pisang kapas dan lain-lain tergantung daerah yang sering menyajikannya.
7 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Mujarab


Kandungan Gizi Buah Pisang

Kandungan pada buah pisang sangatlah banyak dan sangat penting untuk tubuh manusia terdiri dari karbohidrat, vitamin dan mineral. 

Dan hal yang penting bagi energi tubuh adalah zat gula terdiri dari glukosa dan sukrosa, dextrosa, levulosa dan juga zat pati dan tepung. 

Pada daging pisang terdapat vitamin A, B1, C dan lain-lain. Pisang juga mengandung mineral penting, pada pisang sangat berguna bagi kebutuhan tubuh diantaranya fosfor dan besi.


Kandungan Buah Pisang

Vitamin B6 - .5 mg
Manganese - .3 mg
Vitamin C - 9 mg
Potassium - 450 mg
Dietary Fiber - 3g
Protein - 1 g
Magnesium - 34 mg
Folate - 25.0 mcg
Riboflavin - .1 mg
Niacin - .8 mg
Vitamin A - 81 IU
Iron - .3 mg


Menghilangkan Keriput kulit Wajah

Yang Terdapat Dalam Buah Pisang


Kalori
Mengonsumsi buah pisang yang rendah kalori yang hanya 110 kalori saja akan sangat membantu untuk mendapatkan diet yang sehat tanpa harus takut akan resiko terkena sakit gigi.

Lemak dan Kolesterol
Secara alami pisang ini terbebas dari lemak dan kolesterol sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kalium
Pisang dikenal mengandungan kalium tinggi,  400 mg kalium dalam buah pisang. 

Menurut Colorado State University Extension, kalium sangat diperlukan untuk menjaga saraf agar supaya selalu baik dan menjaga fungsi otot serta untuk menjaga keseimbangan yang sehat dari cairan dalam tubuh. 

Kalium dalam pisang dapat membantu mencegah kram otot setelah latihan.

Cantik Alami Hanya Dengan Buah Pisang
Vitamin C
Sama seperti buah-buahan yang lain, pisang mengandung vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari jumlah kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sel kesehatan dan meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti besi.

Vitamin B-6
Sejak vitamin B yang lebih umum ditemukan di produk hewani, mungkin datang sebagai kejutan bahwa pisang merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B-6, juga disebut piridoksin. 

Satu pisang memasok 35 persen dari harian B-6 kebutuhan tubuh. Yang mana tubuh itu membutuhkan vitamin B-6 untuk sel-sel baru.

Kunyit Memiliki Khasiat Yang Ajaib Untuk Kesehatan
Mangan
Pisang juga mengandung mangan yang dibutuhkan, satu buah pisang menyediakan sekitar 0,3 mg. 

Orang dewasa membutuhkan mangan antara 1,8 dan 2,3 mg setiap hari. Mangan diperlukan untuk kesehatan tulang dan metabolisme.
Serat

Menurut USDA, satu pisang memiliki sekitar 3 g serat. Serat makanan dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan juga menjaga proses pencernaan agar berjalan lancar.

Nutrisi lain
Pisang juga memberikan sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya. Sebuah pisang menyediakan besi, magnesium, kalsium dan fosfor, folat, karoten dan kolin  serta vitamin A dan E. Pisang juga mengandung sejumlah asam amino.

Karbohidrat
Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber utama energi. Makan sebuah pisang ketika sarapan akan memberikan energi untuk membuatnya melalui makan siang tanpa ngemil.

Anemia? Atasi Dengan 6 Ramuan Tradisional Berikut Ini
Mudah dicerna
Pisang mudah dicerna. Ketika kita menderita gangguan pencernaan, pisang dapat menjadi cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi penting ke dalam sistem tubuh tanpa khawatir efek samping. 

Pisang tumbuk juga sering digunakan sebagai pengantar makanan padat untuk bayi.

Sekian dulu ulasan tentang kandungan yang terdapat di dalam buah pisang, semoga bermanfaat. salam Kiatjitu.com



Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments