Buah Pare Dengan Segudang Khasiat Yang Terdapat Di Dalamnya

Segudang Khasiat Pare untuk Kesehatan. Siapa yang tak kenal dengan buah pare, Buah pare yang mempunyai rasa yang pahit ini dalam istilah latin disebut dengan Momordica charantia L. 

Tidak semua orang menyukai akan Pare ini karena rasanya yang pahit, hanya sebagian orang saja yang suka mengonsumsi buah pare secara langsung, sebagian besar mengonsumsi pare dengan diolah terlebih dahulu agar kandungan rasa pahitnya tidak begitu kuat.

buah pare memiliki manfaat dapat mengobati penyakit

Buah pare yang pahit ini walaupun sebagian kecil yang menyukainya tetapi ternyata mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan yang sangat besar, berikut manfaat dan khasiat buah pare untuk kesehatan tubuh kita.



Pare Sumber Vitamin


Buah pare banyak mengandung vitamin C dan vitamin A. Buah yang masih muda lebih banyak kandungan vitamin C-nya dibanding dengan buah parte yang sudah tua, tetapi kadar vitamin A-nya lebih sedikit.



Pare Antidiabetes


Senyawa Charantin yang dimiliki oleh buah pare mampu menurunkan kadar gula darh dalam waktu yang cukup singkat. 

Dalam laporan disebuah Penelitian memberikan kabar bahwa pare juga mengandung senyawa yang mampu menurunkan gula dalam plasma, yakni polpeptida P dan visin.

Bagi penderita diabetes, Anda dapat mencoba tumis pare atau jus pare, tentu saja tanpa ditambah gula atau bahan lain yang menagndung gula. 

Fitokimia yang yang terdapat dalam buah pare berperan sebagai antidiabetes, tepatnya terdapat di daging buah pare yang pahit.

Oleh karena itu, dokter herbalis menyarankan jika akan mengolah pare, sebaiknya jangan diremas-remas terlalu lama dengan garam agar bahan aktifnya yang ada pada pare tidak larut. 

Jika memang tidak suka, Anda dapat menumis pare bersama dengan tempe yang terbukti dapat mengurangi rasa pahit yang berlebihan.


Pare Menghambat Virus HIV


Pare mampu menghambat perkembangan virus HIV. Dalam sebuah laporan Uji invitro menyimpulkan adanya pengaruh positif dari alfa marmoradin dan beta-marmoradin yang terdapat dalam biji pare untuk melumpuhkan virus HIV.

Walaupun terlalu banyak makan pare menyebabkan anemia, tetapi efek positif anti virus HIV jauh lebih penting dibandingkan dengan anemia yang mudah diatasi dengan asupan makanan atau suplemen kaya zat besi. Sebaliknya virus HIV lebih sulit di atasi.
Mengenal Infeksi HIV pada Anak

Pare Obat Disentri, Malaria, cacing gelang, asam urat

Ekstrak atau rebusan buah pare dapat digunakan untuk meredakan batuk dan mengatasi gangguan tenggorokan. Banyak herbalis yang menggunakannya sebagai obat disentri, malaria, peluruh cacing gelang, memacu ASI, dan untuk menurunkan kadar asam urat.

Penelitian ilmiah menunukan bahwa buah pare dapat digunakan sebagai obat KB alami. Buah pare mengandung sejumlah fotokimia yang mampu menurunkan kesuburan pada wanita.

Demikianlah pemaparan dari segudang khasiat buah Pare dari Kiatjitu.com, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information