Buah Naga dan Khasiatnya yang Banyak Sekali Untuk Kesehatan Tubuh

KiatJitu.com - Buah naga sangat populer dalam masarakat Cina atau Tionghoa, Buah naga telah lama dikenal oleh masyarakat Tionghoa sebagai buah yang membawa berkah. Biasanya buah naga diletakan diantara patung naga dialtar sebagai persembahan kepada dewa. 

Pemberian nama buah ini dengan sebutan buah naga atau Dragon fruit mungkin karena memiliki warna kulit merah menyala dan sirip hijau yang mirip dengan sosok "naga" dalam legenda Cina. 


Tanaman yang termasuk tanaman kaktus ini berasal dari Meksiko. Amerika Tengah, dan Amerika Selatan bagaian utara (Colombia). 

Didaerah asalnya sana, buah naga terkenal dengan nama atau sebutan pitahaya atau pitaya roja. Buah naga pada awalnya hanya dijadikan tanaman hias. 

Tetapi sejak penduduk asli mengetahui bahwa buah naga bisa dimakan dan rasanya enak, dan terbukti mengandung senyawa yang berkhasiat, merekapun megonsumsi buah naga.

Sejak saat itulah buah naga milai populer sebagai buah segar yang bermanfaat serta berkhasiat seperti vitamin, mineral, dan kandungan serta yang cukup. Berikut Kandungan gizi dari buah naga.


Kandungan Gizi Buah Naga

Gizi                             Jumlah
Air                             82.5-83.0 g
Protein                     0.12-1.23 g
Lemak                     0.21-0.61 g
Serat                     0.7-0.9 g
Betakaroten           0.oo5-0.012mg
Kalsium                     6.3-8.8 mg
Fosfor                     30.2-36.1 mg
Besi                             0.55-0.65 mg
Vitamin B1             0.28-0.30 mg
Vitamin B2             0.043-0.045mg
Vitamin C            8-9 mg
Niacin                    1.297-1.300mg
Tetap Sehat Dan Berstamina Di Usia Tua
manfaat buah naga



Khasiat Buah Naga 


Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga. Teksturnya lembut manis, dan menyegarkan. Buah naga mengandung air yang sangat tinggi sekitar 90% dari berat buahnya, rasanya manis karena mengandung kadar gula 13-18 briks.


Kandungan Vitamin C nya sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa membantu menyembuhkan luka, memar. 

Kandungan vitamin B1 dan B2 yang terdapat pada buah naga sangat baik sekali untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan. 

Buah naga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dan vitamin C menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat.

8 Rahasia Kecantikan Alami Luar Dalam Wanita Muslimah
Manfaat buah naga lainnya yaitu ampuh mengatasi tekanan darah tinggi, menyembuhkan batuk dan asam, sebagai penyeimbang kadar gula darah, pencegah kanker usus, pencegah pendarahan, mengatasi keputihan, memperbaiki sistem peredaran darah, memberikan efek mengurang tekanan emosi, menetralkan toksik dalam darah, menguatkan tulang, serta membentuk jaringan dan gigi yang lebih kuat. Buah ini juga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Buah naga kaya kalium zat besi, protein, serat, natrium, dan kalsium. Setiap buah naga merah mengandung protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung. 

Serta untuk mencegah kanker usus, Diabetes Melitus, dan untuk program diet. Sementara itu kandungan karoten penting untuk kesehatan mata, menguatkan otak, dan mencegah masuknya penyakit. Kalsium untuk menguatkan tulang, sedangkan zat besi untuk menambah darah.

Khasiat dan Manfaat Gandarusa
Sekian dulu artikel tentang Buah Naga dan Khasiatnya dari KiatJitu.com, Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information