Buah Mengkudu Mengandung Sejuta Manfaat bagi Kesehatan Anda

Kiatjitu.com - Buah mengkudu memang identik dengan rasanya yang pahit dan kesat, jarang sekali orang suka memanfaatkan buah mengkudu dengan memakan langsung karena rasanya yang tidak begitu  menyenangkan. 

Namun dibalik rasa dan aroma yang tak begitu bersahabat, ada sejumlah manfaat dari kandungan buah mengkudu yang sangat ampuh dan sangat mencengangkan bagi kesehatan.

Mengkudu yang beristilah botaninya adalah Morinda citrifolia L termasuk buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Sebagian daerah di wilayah Indonesia menamakan mengkudu dengan cengkudu, kudu, kemudu (jawa), lengkudu, bangkudu (Sumatera),  ai kombo, manakudu, bakulu, (Nusa Tenggara), Langkudu, labanau (Kalimantan). Sedangkan nama Mengkudu bersinonim Morinda speciosa Wall, dan Bancudus Latifolia Rumph dari suku Rubiaceae.

buah mengkudu berkhasiat mengobati sakit

Sejak jaman dahulu sebagian warga Indonesia memanfaatkan daun muda serta buah mengkudu muda untuk dijadikan lalap dengan dikukus atau direbus. 

Adapaun buah mengkudu yang sudah masak dapat dimanfaatkan untuk membersihkan rambut kotor, bahkan buah mengkudu masak dapat membersihkan karat pada logam. 

Adapun manfaat lain buah mengkudu pada akarnya dapat dijadikan pewarna untuk kain batik yang menghasilkan kilauan warna yang baik.


Kandungan Buah Mengkudu

Mengkudu adalah tanaman yang sangat bermanfaat serta berkhasiat yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Walaupun rasanya yang tak begitu menyenangkan tetapi didalam buah mengkudu terdapat vitamin A, dan C yang besar. 

Sejumlah senyawa antikanker terbaik seperti alkaloid, polysaccharide, sterol dapat dimanfaatkan untuk ksehatan manuasia, juga mengkudu mengandung linoleic acid, caproic, ursolic acid, alizarin, iridoid glycoside, karoten dll.

Pada daun mengkudu mengandung sejumlah protein serta zat kapur, zat besi, polysaccharide, triterpenoid, karoten, askorbin, dan b-sitosterol. Pada bunga, akar, serta kulit kayu ditemukan kandungan glykoside anthraquinones.


Khasiat Buah Mengkudu


Pada buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai peningkat kekuatan tulang, penghilang lembab serta berkhasiat astringent. Mengkuydu juga berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), Meningkatkan daya tahan tubuh (immunostilator), pembersih darah, peluruh haid (emenagog), pembasmi cacing, pereda demam, pereda batuk, pencahar, antibakteri, antiseptik, baik untuk kulit serta anti kanker.


Adapun beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan memanfaatkan buah mengkudu diantaranya :

  1. Tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), beri-beri
  2. Batuk, amandel, sariawan, demam, serta asma.
  3. Radang (ginjal, usus hati, empedu)
  4. Sembelit, nyeri limpa, cacingan, terlambat haid, rematik, sakit pinggang dan nyeri otot.
  5. Kegemukan, tulang patah, cacar air serta kanker.

Adapun daun mengkudu dapat dimanfaatkan untuk mengobati Kolesterol, Kencing manis, batuk, sakit perut, dan borok lambung (ulkus).

Akar pada tanaman mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati tekanan darah tinggi serta sulit BAB.

Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu untuk mengatasi keluhan penyakit Anda, tetapi sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau terapis herbal terpercaya.

Itulah ulasan dari pada  Buah mengkudu yang mengandung sejuta manfaat bagi kesehatan dari Kiatjitu.com, semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments