Asam Jawa Sebagai Obat Berbagai Penyakit

KiatJitu.com - Asam Jawa dalam bahasa latin disebu Tamarindus indica Linn, adalah termasuk dalam tumbuhan yang berbuah polong kultivar daerah trofis. Dengan karakter batang pohon yang cukup keras dan dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Tanaman asam jawa ini memiliki bunga berwarna kuning kemerah-merahan, dengan buah yang berwarna coklat dengan rasa yang sangat khas yakni asam, dan buahnya dibungkus oleh kulit yang cukup kuat. Biji berwarna coklat kehitaman dapat berjumlah 2-5 yang berbentuk pipih.

Asam jawa mengandung asam suksinat, asam tartat, asam anggur, asam sitrat, asam apel, pektin dan gula invert. Khasiat dari asam jawa yang memang sejak zaman dahulu sudah dijadikan obat tradisional untuk menangani penyakit ringan dan berat seperti asma, batuk kering, Demam, sakit panas, rematik, sakit perut alergi, sariawan dan lain sebagainya. Berikut conton cara membuat ramuan dari asam jawa untuk menangani penyakit.



Asam Jawa Dapat Mengobati:


Asma

Cari asam jawa 2 potong beserta adas pulawaras secukupnya.  Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Saring lalu minum 2 kali sehari.


Batuk

Siapkan asam jawa 3 polong dan daun saga 1/2 genggam. Rebus dengan 4 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari masing-asing 1 gelas.


Demam

Siapkan segenggam daun asam jawa ditambah adas pulawaras secukupnya. Rebus dengan 1/2 liter air hingga mendidih lalu saring. Minum 2 kali sehari pagii sore.


Sakit Panas

Asam jawa yang telah masak 2 potong seduh dengan secangkir air panas, tambahkan garam seperlunya lalu saring. Minum seperti biasa.


Rematik

Satu genggam daun asam jawa bersama 3 biji asam jawa ditumbuk halus menjadi satu. Kompres pada bagian yang terkena sakit rematik.


Sakit Perut

Asam jawa yang telah masak 3 polong ditambah kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya, Aduk rata semua bahan lalu oleskan atau jadikan obat gosok pada perut.


Alergi

3 polong asam jawa yang telah masak  bersama 1/4 kapur sirih direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Tambahkan garam seperlunya lalu saring. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.


Sariawan

2 polong asam jawa, 2 rimpang temulawak dangula kelapa seperlunya direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas kemudian saring. Minum seperti biasa.


Digigit Ular 

Ambil beberapa polong asam jawa dan belahlah menjadi dua, Belahan tersebut ditempelkan pada kulit yang terkena gigitan ular, untuk jumlah biji yang diperlukan, tinggasesuaikan dengan kebutuhan.


Asam Jawa Dapat Mengobati

Itulah beberapa khasiat dan manfaat dari Asam jawa yang dapat KiatJitu.com paparkan, semoga Bermanfaat

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information