Manfaat Buah Duku, Bagi yang Suka Makan Duku Harus Tau Ini

Buah Duku hampir sama dan mirip dengan buah langsat, dan keduanya merupakan tanaman hutan yang pohonnya bisa mencapai tinggi hingga 30 m. Tanaman ini tidak terlalu besar dan berkayu keras. Perbedaan duku dan langsat terdapat pada getahnyal, yaitu Getah duku lebih sedikit daripada getah langsat. Sedangkan getah langsat lebih sedikit daripada pisitan.

Daun Sendok Bermanfaat untuk Kesehatan
Duku (lansium domesticum) yang paling terkenal adalah duku palembang, berkulit tipis halus kuning kecoklatan. Getahnya sedikit, daging buah berwarna bening, bebiji sangat sedikit kadang tak berbiji, rasanya manis sekali. 

Ada juga duku condet, ukurannya sedang, kulit agak tebak dan bergetah, warna kuning langsat, daging putih jernih, berbiji kecil, rasanya manis segar. Dan duku matesih beukuran agak besar, kulit tipis warna kuning langsat berbintik-bintik, daging putih pekat dan kenyal, rasanya manis dan segar.

Kandungan Buah Duku
Dalam buah duku mengandung nutrisi yang baik seperti zat besi 0,9 mg, fosfor 9 mg, kalsium 18 mg, mineral 0,7 g, karbohidrat 13 g, lemak 0,2 g, protein 1,0 g dan kalori 70 kal. Dengan kandungan yang baik seperti diatas maka duku dapat berkhasiat sebagai :


Khasiat Buah Duku


Menjaga Gusi Sehat
Buah duku mengandung banyak vitamin D yang sangat berguna, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan gusi, bagian dalam mulut memang rentan terhadap segala macam masalah seperti gusi berdarah, sariawan dan iritasi yang membuat Anda menjadi malas makan , pada akhir tubuh juga kekurangan nutrisi, untuk bisa mencegah dengan secara teratur makan buah duku.

Cara Alami Memerahkan Bibir
Melancarkan Pencernaan
Fiber atau serat dalam buah duku ini cukup efektif untuk sistem pencernaan tubuh, jika sistem pencernaan Anda lancar maka Anda dapat mencegah berbagai penyakit seperti sembelit, bahkan yang paling parah adalah kanker usus besar karena kotoran yang menumpuk dan tidak dapat terbuang.

Memperkuat Gigi
Kandungan fosfor dalam buah dapat menguatkan tulang dan gigi, membantu Anda menghindari osteoporosis pada saat memasuki usia senja.

Menjaga Kolesterol
Buah duku mengandung banyak vitamin C, vitamin berguna untuk tubuh salah satunya untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Bila kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh.

Mencegah Anemia
Di dalam buah duku terdapat zat besi yang dapat secara efektif meningkatkan tingkat sel darah merah dalam tubuh dan juga dapat mempercepat pasokan darah, tetapi juga dapat mengikat oksigen dengan mudah, Anda dapat tetap sehat dan menghindari berbagai gejala anemia seperti lelah,lemah, dan lesu.

Beberapa khasiat lain dari buah duku adalah, selain bibit duku nya juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah obat yang dipakai untuk mengobati malaria. 

Tak lupa juga kulit duku dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk yang cukup ampuh dengan cara mengeringkan dan membakar kulitnya, asap yang dihasilkan dapat membunuh nyamuk.

Di dalam Buah duku terdapat berbagai senyawa yang sangat berguna bagi tubuh, yaitu berbagai vitamin, protein, karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, mineral, kalium dan senyawa lainnya.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Duku juga bermanfaat untuk kecantikan, yaitu: Menurunkan berat badan, kandungan dalam duku dapat mengaktifkan senyawa karnitin yang berperan dalam pembakaran lemak tubuh, melancarkan metabolisme lemak dengan sangat efektif untuk menurunkan berat badan, diet menjadi lebih mudah. 

Mencegah penuaan dini 
Vitamin C yang terdapat dalam buah duku sebagai antioksidan yang sangat baik untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan juga sangat efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus pada wajah dan flek hitam.Menjaga kesehatan kulit, vitamin E dalam duku dapat mempertahankan elastisitas kulit Anda dan juga melindunginya dari efek buruk sinar matahari, menjaga kelembaban akan kulit sehingga kulit menjadi sehat dan cerah.


Di dalam Buah duku terdapat berbagai senyawa yang sangat berguna bagi tubuh

Semua manfaat dalam buah duku dapat Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan benar, untuk hasil yang maksimal maka harus diimbangi dengan olahraga teratur dan juga menjaga diet Anda, karena faktor-faktor eksternal juga membantu menentukan kesehatan Anda. Demikianlah Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan. Terima kasih.

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments