Daun Sendok Bermanfaat untuk Kesehatan

Daun Sendok bernama latin Plantago mayor sinonim plantago asiatica dan plantago depressa wild dari famili Plantaginaceae. Sedangkan nama daerah di Indonesia bermacam-macam, ada yang menyebutnya daun sendok, disebut juga di daerah yang lain sebagai ki ceuli urat, daun urat, kuping menjangan, sangkabuah, torongoat dan suri pandak.


kandungan kimia biji daun sendok adalah succinic acid, protein, plantasanplaterolic acid


Kandungan Daun Sendok


Tanaman Daun Sendok secara umum mengandung ursolic acid, aucubin, plantagin, n-hentriacontane, bethasitosterol dan plantaglucide yang terdiri dari L-arabinose, D3 galactose, methyl d-galacturonate dan L-rhammose. 

Manfaat Buah Duku
Pada daun sendok mengandung juga rhinantin, kalium sejumlah vitamin A, B1, dan C, juga turunan dari naphazolin yang berfungsi sebagai andrenenergic agent dan menghilangkan nyeri urat.

Adapun secara khusus kandungan kimia biji daun sendok adalah succinic acid, protein, plantasanplaterolic acid, asam lemak palmitic acid, catalpol, choline, adenine, stearic acid, linolenic acid, arachidic, dan lenoleic acid.

Tanaman daun sendok mempunyai rasa dingin dan sedikit manis berefek farmakologis bagi kesehatan diantaranya menghentikan batuk, meluruhkan dahak, peluruh air seni, memperbaiki penglihatan, antiseptik,  dan menormalkan aktivitas hati.



Khasiat Daun Sendok


Dengan kandungan yang sangat besar dan komplit, hampir semua bagian tanaman dapat dijadikan terapi bagi kesehatan

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah
Biji daun sendok untuk mengobati asam urat (gout) dengan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Rebusan bijinya dapat meningkatkan pengeluaran area asam urat, dan sodium klorida melalui urine.

Kalium dalam daun sendok berkhasiat diuretik (peluruh kencing yang mampu membuang asam urat dan melarutkan endapan garam kalsium yang terdapat dalam ginjal dan kandung kemih.

Aucubin yang terkandung dalam daun sendok dapat memlindungi dari zat beracun perusak sel hati (hepatoproktektor), meningkatkan sekresi asam urat melalui ginjal.

Apigenin dalam daun sendok berkhasiat sebagai antiradang mampu mengurangi pembengkakan.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Ekstrak rebusan daun sendok mempunyai antibakteri pembasmi bakteri Staphylococus aureus (penyebab bisul, jerawat, impetigo, dan infeksi pada luka) dan Shigella sonnei (bakteri penyebabinfeksi usus besar).

Demikian pemaparan tentang Manfaat Daun Sendok, semoga bisa memberikan manfaat pada anda semua...
Salam...

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments